Peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab melalui gambar berseri di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Irwan

Main Author: Irwan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/11554/
Daftar Isi:
  • SalahsatudariempatkemahiranberbahasaArabadalahkemahiranberbicaramenggunakanbahasaArab.PembelajaranberbicarabahasaArabseringkalikurangmenarikkurangmerangsangpartisipasisiswadanbersuasanakakusehinggakegiatanberbicarakadang-kadangmenjadimacet.Untukitugurudituntutlebihkreatifdalampenyampaianmateribaikdarimetodepembelajaranmodel-modelpembelajaranmaupunmediapembelajaran.Salahsatumediayangfungsionaluntukmeningkatkankemahiranberbicarasiswaadalahgambarberseri.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)perencanaanpembelajaranbahasaArabsiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanadenganmenggunakangambarberseri(2)prosespeningkatankemahiranberbicaradenganmenggunakangambarberseripadasiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanaserta(3)hasilbelajarsiswakelasVIII-AMTsSuryaBuanasetelahdilaksanakanpembelajaranbahasaArabdenganmenggunakangambarberseri.PenelitianinidilakukandiMTsSuryaBuanapadabulanMaretsampaiApriltahunpelajaran2008/2009padasaatpembelajaranbahasaArabdilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVIII-AMTsSuryaBuana.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas.Tahaptahappenelitianmeliputiperencanaan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reflection).Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniyaitu(1)tes(2)wawancaradan(3)observasi.Dalampenelitianinipenelitibertindaksebagaiinstrumentutama.Penelitisecaralangsungterlibatdalamkegiatanpengumpulanpenyelesaiansertapenganalisisandatapenelitian.Datadalampenelitianinidianalisissecaradeskriptifdandimulaisejakpengumpulandatasampaipenyusunanlaporan.Keabsahandatadalampenelitianinidiperiksamelaluitrianggulasiyaitumembandingkanantarahasilteswawancaradanobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)perencanaanpembelajaranberbicarabahasaArabberdasarkanKTSP.(2)prosespeningkatanpadasiklus1ditemukanbeberapamasalahyaituBilanganyangadapadagambarberserikurangbesarsehinggasiswayangberadapadaderetanbangkubelakangtidakbisamelihatdenganjelassebagiansiswamasihmaludantakutuntukberceritadidepankelasdanSebagiansiswatidakmemperhatikanketikakelompoklainberceritadidepankelas.Namunsebagianbesarmerekasudahmampuberbicaradenganlancardanbenar.Padasiklus2siswasudahdapatmengembangkanceritayangterdapatdalamgambarberseridanlebihsantaidalammenerimapelajaranbahasaArabselainituperhatiansiswasudahterpusatpadamateriyangdisampaikansudahjarangditemukansiswayangmelakukanhallaindiluarpelajaran.(3)kemampuanberbicarabahasaArabsebelummenggunakangambarberseriawalnyasiswamasihkakuuntukberbicaramenggunakanbahasaArab.KemampuanberbicarabahasaArabsetelahmenggunakangambarberserisiswasudahbisaberbicaradenganlancardanbenarsertalebihantusiasbelajarbahasaArab.Halituterlihatdarinilairata-ratasiswasebelumdansesudahtindakannilairata-ratapratindakan62siklusI80siklusII88.InimembuktikanbahwapenggunaangambarberseridalampengajaranbahasaArabdapatmeningkatkankemahiranberbicarasiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankankepadakepalasekolahagarlebihmeningkatkankualitaspembelajarandenganmenambahfasilitaspembelajaranberupamedia-mediapembelajaranyangdapatdimanfaatkandalamKBMsepertikartukatadangambarberseri.KepadagurubahasaArabMTshendaknyameningkatkanprofesionalismedankualitasPBAdenganmenciptakaninovasimetodemaupunmediaPBAyangvariatif.Sementarapenelitiyangmengadakanpenelitiansejenisdiharapkanagarlebihmemperluascakupannyadenganmengembangkangambarberseridandenganwaktuyanglebihlamasehinggahasilpenelitianjauhlebihsempurnayangnantinyabisadijadikanmasukanbagiguru-gurubahasaArabuntukmeningkatkankualitaspembelajarandikelas.