Model pembelajaran qira'ah I (Membaca I) dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Zaeny Rohmawati

Main Author: Rohmawati, Zaeny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/11548/
Daftar Isi:
  • Selamainidosentidakbanyakmenggunakanstrategipembelajaranyangberagamdanmenarikdalammengajaruntukmenambahpemahamanmahasiswaterhadapsuatumateri.Halinimengakibatkanmahasiswakurangmemilikimotivasiuntukbelajar.Merekamenginginkanvariasistrategipembelajaranagarsuasanapembelajaranmenjadilebihhidupdanmenyenangkan.Selainitudosenseringmemberikantugasindividuyangdirasamemberatkanmahasiswakarenamerekamenemukanbanyakkesulitandalammengerjakannya.Merekamerasajenuhdengantugas-tugasyangdiberikansecaraindividual.Menurutmerekadiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmemudahkanmerekadalammemahamimateriperkuliahandanmenjawabsoal-soalyangdiberikan.Pekerjaanakanterasalebihmudahdanringanketikadilakukansecaraberkelompok.Merekadapatsalingbertukarpikirandengantemandanberperanaktifdalammemahamimateri.Permasalahaninidapatdiatasidengancaradosenmemberikanvariasistrategipembelajaranagaratmosferpembelajaranmenjadilebihmenyenangkandanmeningkatkanmotivasiintrinsikmahasiswadalambelajar.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatdiberikanadalahstrategipembelajarandenganpendekatankooperatifJigsaw.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.TujuanpengembangansecaraumumadalahmenghasilkanmodelpembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsaw.Tujuankhususpengembanganadalah(1)menghasilkanmodelrencanapelaksanaanpembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsaw(2)mendeskripsikanmodelprosespembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsaw.Modelpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembangan(researchanddevelopment)BorgdanGallyangterdiridari10langkahdantelahdimodifikasipenelitimenjadi7langkah.Langkah-langkahtersebutadalah(1)melakukanpengumpulandataatauinformasi(2)mengembangkandrafatauprodukawal(3)ujiahlikepada2ahlipembelajaranbahasaArab(4)revisiprodukawal(5)ujilapangan(6)penyempurnaanprodukakhirdan(7)hasilakhirprodukpengembangan.LokasipenelitianadalahdiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang(JSAFSUM).Ujicobadilakukandalam2tahapyaituujiahlidanujilapangan.Ujiahlidilakukankepada2ahlipembelajaranbahasaArabyaitu(1)Prof.Dr.Moh.AininM.Pddan(2)Dr.NurulMurtadhoM.Pd.SedangkanujilapangandilakukankepadamahasiswaJSAFSUMangkatan2007offeringAyangmenempuhmatakuliahQiraahIpadasemestergasaltahun2008/2009sebanyak22mahasiswa.Instrumendalampenelitianiniiiadalahformatpenilaian.Teknikanalisisdatamenggunakanperhitunganpersentase.HasilpengembanganberupamodelpembelajarankooperatifJigsawyangmeliputi(1)modelRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)QiraahIdenganpendekatankooperatifJigsawdan(2)modelprosespembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsaw.Komponen-komponenyangterdapatdalamRPPQiraahIhasilpengembanganmeliputiidentitasstandarkompetensi(SK)kompetensidasar(KD)indikatortujuanpembelajaranmetodepembelajaransumberdanmedia/alatpembelajaranskenarioperkuliahandanpenilaian/evaluasi.RPPinimempunyaispesifikasiyangberbedadenganRPPlainnya.Perbedaanmendasarterdapatdalamsalahsatukomponennyayaituskenarioperkuliahan.Dalamkomponeninilangkah-langkahpembelajaranQiraahIdirancangsecarakhususdenganpendekatankooperatifJigsaw.RPPyangdikembangkaninidiujiolehahlipembelajaranbahasaArab.DarikeseluruhanaspekdankriteriapenilaianmenurutahlipembelajaranbahasaArabdidapathasilpersentasesebesar90%.Haliniberartiprodukpengembangandinyatakanvalidkarenaberadapadaskala76%-100%.Namunmasihterdapatbeberapakesalahansehinggadilakukanrevisiberdasarkansaranataumasukandariahlipembelajarandengantujuanagardiperolehprodukpengembanganyanglebihbaikdarisebelumnya.RPPiniselanjutnyadiaplikasikandalampembelajaranQiraahI(ujilapangan)untukmemperolehpenilaiandantanggapantentangefektivitasdanefisiensiprodukpengembangan.Darihasilujilapangandiperolehpersentasesebesar89%sehinggaprodukpengembanganinidapatdipergunakanuntukkegiatanpembelajarandanberfungsisebagaisalahsatualternatifuntukvariasistrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasibelajarmahasiswa.UraiantentangprosespembelajaranyangmenggunakanmodelpembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsawdipaparkansebagaihasildaripenelitianpengembanganini.PaparaninimerupakanpendeskripsianprosespembelajaranQiraahIsecarajelasdandetail.Adatigakegiatanutamayangdipaparkanantaralain(a)kegiatanpendahuluan(b)kegiatanintidan(c)kegiatanpenutup.Kegiatanpendahuluanberisikegiatandosenuntukmenciptakansuasanasiapmentaldanmenimbulkanperhatianmahasiswaagarterpusatkepadaapayangakandipelajari.Kegiatanintiberisitahap-tahappembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsaw.Kegiatanpenutupmemuatkegiatandosenuntukmengakhirikegiatanintipelajaran.Masing-masingkegiatanterdiridaribeberapatahappembelajaran.Setiaptahappembelajaranyangterjadidikelasdiuraikandandibahassecararinci.PenerapanmodelpembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsawdiJSAFSUMdidokumentasikandalamsebuahCDInteraktif.PendokumentasiandalambentukCDInteraktifinidimaksudkanagarmodelpembelajaranQiraahIdenganpendekatankooperatifJigsawdiJSAFSUMtersebutdapatdigunakandandimanfaatkansecaraluasuntukkeperluanpembelajarandalamrangkapeningkatankualitaspembelajaran.Bertolakdarihasilpengembangandalampenelitianinipenelitimemberikansarankepadaparapenelitiselanjutnyaagarmemperluassubjekujicobauntukmemperolehefektivitasdanefisiensiprodukhasilpengembanganyanglebihoptimal.