Hubungan kepribadian big five, kecerdasan emosional, usia, jenis kelamin, persepsi keadilan organisasi, komitmen organisasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru SMA di Kabupaten Pasuruan / Muhammad Alwi

Main Author: Alwi, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/115309/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAlwiMuhammad2019.HubunganKepribadianBigFiveKecerdasanEmosionalUsiaJenisKelaminPersepsiKeadilanOrganisasiKomitmenOrganisasiDanOCB(OrganizationalCitizenshipBehavior)GuruSMAdiKabupatenPasuruan.DisertasiProgramStudiDoktorManajemenPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.BambangBudiWiyono.M.Pd.(II)Prof.Dr.IbrahimBafadhalM.Pddan(III)Prof.Dr.AliImron.M.PdM.SiKatakuncibigfivekecerdasanemosionalpersepsikeadilanorganisasikomitmenorganisasiorganizationalcitizenshipbehaviour.Dalamsatudekadeterakhirrisetterkaitorganizationcitizenshipbehavior(OCB)cukupbanyakdenganberbagaihalyangdikajibaikaspekteoritismaupunpadaaplikasipraktis.FaktoryangmempengaruhiOCBcukupbanyakmulaidarikepribadianmasakerjausiagenderkeadilanorganisasikomitmenorganisasibigfivekecerdasanemosionalatauemotionalintelligencedanbanyakyanglainnya.Walaupunpenelitianitucukupbanyaktetapikhususterkaitgurudanlembagapendidikanmasihsedikitditemukan.BeberapayangadaantaralainpenelitianolehDiPaoladanNeves(2009)menunjukkanbahwaperilakuOCBgurupadasekolahnegeridiAmerikaSerikatdanPortugisberpengaruhterhadapefektivitasorganisasi.SonerPolatmenelitiOCBgurudiTurkey(2009)Bogler(2015)diIsraelRahmi(2013)menelitiOCBguruSMAdiLombokKaihatudiSurabayaMakvandi(2017)menelitigurudiIranjugaRiffat-un-NisaAwanetal2018inPakistanWSChandrasekara2019diSriLanka.TerkaitbidangpendidikanrisetOCBmenjadihalyangsangatpentingdikembangakankarenapendikanmerupakanhalyangunikdanberbedajikadibandingkandenganbidanglaindangurumemilikiperanyangsangatvitaldalammenetukanmajuatautidaknyasuatupendidikandalamsemuajenjangdanbentuk.(Hendri2009LuhWidiAstriani2017).Karenanyalembagapendidikanmemerlukanguruyangberkomitmentinggisiapmembantusiswajugarekankerja.Sayangnyapenelitian-penelitiantersebutbelummengkajisecaralebihlengkapdanberurutanbagaimanakaitanfaktordiriyangcukupmenetapvariabelkepribadian(sepertigenderusiaemotionalintelligencedanbigfivedll)terhadapsikap(disiniadalahPersepsiKeadilanOrganisasidanKomitmenOrganisasi)danperilaku(OCB).Azwar(2007)mengatakansecarapsikologisadatahapanantarakepribadianyangakanmenentukansikapdansikapyangdimilikiolehseseorangakanmenentukanperilakunyadalamhaliniOCB.PenelitianiniberupayamelihathubunganantaraVariabelKepribadian[yangterdiridaribigfive(BV)kecerdasanemosional(KE)usia(U)danjeniskelamin(JK)]dansikap[disiniadalahpersepsikeadilanorganisasi(PKO)dankomitmenorganisasi(KO)]terhadapPerilaku(OCB).Penelitianiniadalahpenelitankuantitatifdeskriptifkorelasionaldenganpengambilansampelclusterstratifiedproporsionalsimplerandomsampling.Dari1162totalpopulasidengan43sekolahseKabupatenPasuruansetelahdicluster(daerah-daerahyangmajudantidaksecaraekonomidanpendidikandankategorilaki-lakidanperempuan)ada5kecamatanyangmewakilidengan677totalguru.DenganpendekatanpengambilansampeldariGaydanFerdinandsampeldiambilsejumlah175orang(dari22sekolah)denganproporsional.Intrumentdalampenelitianinimengambildarikuesionerparapakarsebelumnyadenganmodifikasipengujiansampel30orangdilakukandenganteknikKorelasiPearson(ProductMoment)hasilnyavalid(rdari0.3yaitu0.36ataukoefisienrhitungrtabel).DemikianjugareliabilitasnyadihitungdenganteknikCronbachsAlphadanmenghasilkan0.6.SetelahdataterkumpuldilakukananalisisbaikanalisisdeskriptifjugainferensialdenganbantuanSPSSdanSEM(PLS).HasilpenelitianmenunjukkanyangberhubungansecarasignifikanantarvariabeladalahBV-OCB(0.223)PKO-OCB(0.258)KO-OCB(0.280)BV-KO(0.310)EI-KO(0166)U-KO(0.152)J-KO(0.109)PKO-KO(0.214)BV-PKO(0.461)EI-PKO(0.160)U-PKO(0.156)BV-PKO-OCB(0.119)BV-PKO-KO-OCB(0.028)EI-PKO-OCB(0.041)PKO-KO-OCB(0.060)sementarayangtidaksignifikanadalahEI-OCBU-OCBJK-OCBJK-PKOEI-PKO-KO-OCBU-BV-PKO-KO-OCBJK-BV-PKO-KO-OCBJK-EI-PKO-KO-OCB.SecaraumumKepribadian(BVdanEI)berhubunganpositifdengansikapsementaraterhadapOCBhanyaBVyangkonsistensedangEIakanberhubunganpositifterhadapOCBhanyabilamelewatiPKOsementarasecaralangsungmemilikihubunganyangtidaksignifikan.SemenataraJKdanUtidaksignifikanterhadapOCBdantidakkonsisitenhubungannyaterhadapSikap.Demikianjugasikapmemilikihubunganpositifterhadapperilaku(OCB).Terlihatdarifaktorkepribadianyangpalingkonsistenberhubungnsecarapositifterhadapsikapdanperilaku(OCB)adalahBVbaikdirectmaupunindirect.BV-OCB(0.223)BV-PKO(0.461)BV-KO(0.310)BV-PKO-KO(0.099)BV-PKO-KO-OCB(0.028).DenganhasilinimakadapatdikatakanbetapapentingnyaOCBdanfaktor-faktoryangmempengaruhinyajugadapatdijadikanacuandalampengembanganSDMguruselanjutnyabaikolehgurusendirimaupunKepalaDinassetempat.KepalaSekolahjugaKepalaDinasPendidikanhendaknyamemperhatikanguru-guruyangsecarakomitmenkeguruannyajelas(bigfivetinggi)dimanainimemberikangambaransertamenunjukkanadakesesuaianmerekadalammemilihpekerjaansebagaiguru(panggilanmengajardanmendidik)sertaberminatpadabidangpendidikandanpengajaranjugakeinginanmengembangkandanmengamalkanilmupengetahuansertainginikutmencerdaskanbangsaIndonesiameskipungajiyangdiperolehsebagaigurudirasakankecil.Bigfivedapatmenjadiacuandalamhalrecruitmenpembinaansertamempertahankankinerjaguru.DisampingitusekolahperlumemperhatikanlingkungansekolahagarmemberikanPKOyangbaikdemimeningkatkanperilakupositifguru-gurudisekolahdisampingitujugadiperlukanuntukmelakukanmotivasiguru(karenaloadingfactordalamindikataorEIpalingrendah0.635dibandingkanyanglainnya).