Pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa SD / Titin Risanti

Main Author: Risanti, Titin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/114799/
Daftar Isi:
  • RingkasanRisantiTitin.2019.PengaruhStrategiPembelajaranRelatingEksperiencingApplyingCooperatingandTransferring(React)TerhadapKemampuanBerpikirKritisdanSelfEsteemSiswaSD.TesisProgramStudiPendidikanDasar.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(2)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.M.SiKataKuncistrategiREACTberpikirkritisselfesteemKemampuanberpikirkritisdanselfesteemadalahduahalyangsangatpentinguntukdikembangkanpadaanakusiasekolahdasar.Kemampuanberpikirkritisakanmembantusiswacermatdantanggapdalammengambilkeputusandapatberpikirsecaramendalamtentangsuatupermasalahandanmenjadikananaklebihkreatifsedangkanselfesteemmerupakanpenilaianpositifdannegatifseorangsiswapadadirinyasendiriyangberkaitandengantingkatkepercayaandiri.UsahayangdapatdilakukanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanselfesteemsiswaadalahdenganmenerapkanStrategiREACTdisekolah.PenelitianinibertujuanuntukmelihatpengaruhstrategiREACTterhadapkemampuanberpikirkritisdanselfesteemsiswasekolahdasar.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianquasieksperimentdengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.PelaksanaanpenelitianinimelibatkanduakelompokkelasIVAsebagaikelompokeksperimendankelasIVBsebagaikelompokkontrol.PembelajaranmenggunakanStrategiREACTdilakukanpadakelaseksperimensedangkankelompokkontrolmenggunakanmetodepembelajarankonvensional.Sebelumdiberikanperlakuankeduakelasdiberikanpretestdansetelahperlakuankeduakelasdiberikansoalposttest.SeluruhsiswakelasIVdiSDNSrengat03berjumlah40anaksebagaisubjekpenelitian.Instrumentyangdigunakanyaitusoaluraianuntukmengukurkemampuanberpikirkritisdanangkettertutupuntukselfesteem.Analisisdatamenggunakanujianacova.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategiREACTmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadapkemampuanberpikirkritisdanselfesteemsiswaSD.PengaruhstrategiREACTdapatdilihatdarihasilujihipotesismenggunakanujianacova.Hasilpengujiankemampuanberpikirkritisdiperolehhasilnilaisig.0000