Pengaruh gaya belajar dan locus of control terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTsN 5 Malang / Savina Nurma Fardiani

Main Author: Fardiani, Savina Nurma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/114788/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFardianiSavinaNurma.2019.PengaruhGayaBelajardanLocusOfControlterhadapHasilBelajarSiswaKelasVIIMTsN5Malang.TesisProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Prof.Dr.F.DanardanaMurwaniM.M.KataKunciGayaBelajarLocusOfControlHasilBelajarPenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengujiadanyapengaruhvariabelgayabelajar(X1)danlocusofcontrol(X2)sebagaivariabelindependendanhasilbelajar(Y)sebagaivariabeldependen.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniyaitukuantitatifdenganjenispenelitianexpostfacto.PopulasidalampenelitianiniyaitusiswakelasVIIMTsN5Malang.Sampelpenelitianmenggunakantekniksimplerandomsamplinguntukmenentukanbesarsampelyangditelitisehinggadiperolehsampelsejumlah120responden.PenelitiandilakukandiMTsN5Malang.instrumendanteknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniberupaangketdantes.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituujiasumsiklasikterdiridariujinormalitasdanujimultikolonieritas.Sedangkanujihipotesismenggunakanregresiberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)secaralangsungterdapatpengaruhyangsignifikanantaragayabelajarterhadaphasilbelajarhaliniditunjukkandenganperolehannilaiSig0000005(2)secaralangsungterdapatpengaruhyangsignifikanantaralocusofcontrolterhadaphasilbelajarhaliniditunjukkandenganperolehannilaiSig0000005