Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang melalui model kooperatif tipe Time Token Arends berbantuan media gambar / Elwi Nailul Muna
Main Author: | Muna, Elwi Nailul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/114777/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMunaElwiNailul.2019.PeningkatanKeterampilanBerbicaraSiswaKelasIVSDMuhammadiyah1MalangMelaluiModelKooperatifTipeTimeTokenArendsBerbantuanMediaGambar.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasar.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.(II)Prof.Dr.FattahHanurawanM.SiM.Ed.KatakunciKeterampilanBerbicaraModelTimeTokenArendsMediaGambar.BerdasarkanhasilstudipendahuluanyangdilakukanpenelitipadasiswakelasIVBSDMuhammadiyah1Malangditemukanbeberapapermasalahanpadasaatprosespembelajaranberlangsung.Permasalahanyangadaselamaprosespembelajaranfokuspadaketerampilansiswadalamberbicarayangmasihrendah.Permasalahanyangpalingmenonjolterlihatpadasaatprosespembelajaranmeliputi(1)Siswayangmasihsulitmemahamimateriyangdiberikanguru(2)Kegiatankomunikasiantaragurudengansiswamasihkurang(3)Kegiatanberbicarayangdilakukandidalamkelasmasihbelummaksimalterlihatmasihbanyaksiswayangtidakmemilikikeberanianuntukberbicaradidepankelas(4)Kegiatanberbicarasepertimenceritakankembalimasihkurangberjalanmaksimalsiswamasihkesulitandalammemilihkosakatadanmasihcenderungseringmengulangkalimat(5)Selamaprosespembelajaranberlangsunggurukurangmemberikaninovasidalampembelajaransepertipenerapanmodelpembelajarandanpenggunaanmediapembelajaranyangmendukungketercapaianprosespembelajaran(6)Hasilbelajarrata-ratasecaraklasikalmasihbelummencapaiKKMyangsudahditentukanyaitu70danhasildaricapaiansiswamasihmencapai68.86.TujuandilakukanpenelitianiniyaituuntukmeningkatkanketerampilanberbicarasiswaKelasIVBSDMuhammadiyah1MalangmelaluiModelKooperatifTipeTimeTokenArendsdenganberbantuanMediaGambar.PenelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)sepertimodelpenelitianyangdilakukanolehKemmisdanTaggart(2014).Penelitianinidilaksanakanmelaluiduasiklus.Tindakanselamaprosespelaksanaanpenelitianmasing-masingmelaluiempattahapanyangberulangpadasetiapsiklusnyayaitu(1)Merencanakankegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilanberbicarasiswa(2)Melaksanakanprosespembelajarandanmelakukanpengamatandenganmenerapkanmodeltipetimetokenarendsberbantuanmediagambaruntukdapatmendorongsiswaagarlebihterampilbicaradidalamkelas(3)Melakukanrefleksidanevaluasidirimengenaiprosespembelajaran(4)Penelitimenarikkesimpulanmengenaipernelitianperludilakukantindakanselanjutnyaatautidak.Datayangdikumpulkanpadapenelitianinimeliputihasilbelajarobservasiwawancaradokumentasidanangket.Datayangdianalaismeliputiinstrumenyangdigunakanselamaprosespenelitian.InstrumendatatersebutberupaRPPLembarKerjaSiswa(LKS)pedomanwawancaragurukelaspedomanwawancarasiswapedomanobservasiaktivitasgurupedomanobservasipenilaianketerampilanberbicarasiswasaatmenggunakanmodelberbantuanmediadanangketketerampilanberbicarasiswayangsudahdivalidasiolehahlibidangpendidikandasar.Berdasarkanhasilpenelitianterdapatpeningkatanketrampilanberbicarakhususnyamelaluimodelkooperatiftipetimetokenarendsberbantuanmediagambar.HalinidapatterlihatdariketercapaianyangdidapatsiswasudahsesuaidengankriteriakeberhasilansecaraklasikalyangingindicapaipadapenelitianyaitunilaiKKMmencapai70danketuntasanbelajarsiswamencapai880575%.Peningkatantersebutdapatterlihatdarirata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusI73.67danmeningkatpadapelaksanaansiklusIImencapai77.25.Presentaseketuntasanbelajarsiswajugasudahdapatmeningkatpadaketerampilanberbicara.SiklusIyangdilaksanakansudahdapatmenuntaskan60.71%siswadanmeningkatpadasiklusIImencapai82.14%.Peningkatanketerampilanberbicarasiswadiperolehdariinteraksiantaragurudansiswayangmeningkat.Begitupulaketerampilansiswadalamberbicaradidepankelasmempresentasikanmediagambaryangsudahdibagikangurusaatpenerapanmodelkooperatiftipetimetokenarends.Peningkatanketerampilanberbicarasiswameningkatkarenapenggunaanmodeldanmediapembelajaranmenjadisalahsatufaktoruntukmenumbuhkanrasapercayadirisiswa.Siswadidoronguntukdapatberbicaradidepankelasmenyampaikanpendapatkritikmaupunsanggahanterhadappertanyaanataupernyataanyangdilakukansiswalain.Siswamenjadijauhlebihaktifsecaraklasikalpadasaatgurumemberikantugasmaupunkegiatanyangmendukungpeningkatanketerampilanberbicarasiswa.Kegiatandiskusiyangdilakukansecaraberkelompokjugasudahmemberikandampakpositifbagipeningkatanketerampilanberbicarasiswa.Terlihatsudahtidakadasiswayangmendominasiuntukjauhlebihberperandalamberbicarapadasaatpenerapanmodelkooperatiftipetimetokenarendsini.