Ta'limu al-lughoti al-'Arabiyyati fil-madrasati al-mutawassithoti ma'had at-tarbiyyati al-Islamiyyati al-haditsah Ulumuddin Thailand / Ahmad Ivan Bahalwan

Main Author: Bahalwan, Ahmad Ivan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/11407/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBahalwanAchmadIvan.2017.PembelajaranBahasaArabdiMadrasahTsanawiyahMahadAt-tarbiyahAl-islamiyahAl-haditsahUlumuddinThailand.SkripsiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HanikMahliatussikahM.Hum.(II)Dra.NurAnisahRidwanM.Pd.KataKunciBahasaArabPembelajaranBahasaArabMadrasahTsanawiyahMahadAt-tarbiyahAl-islamiyahAl-haditsahUlumuddinThailand.PembelajaranbahasaArabdiSelatanThailandbermacam-macamdanberbedadenganpembelajaranbahasaArabdiIndonesiabaikdalamsegikurikulumperencanaandesainmaupundalamsegipelaksanaanpembelajarannya.SalahsatulembagapendidikanyangterdapatpembelajaranbahasaArabdiThailandSelatanadalahMadrasahTsanawiyahMahadAt-tarbiyahAl-islamiyahAl-haditsahUlumuddin.SekolahiniadalahsekolahIslamyangterdapatdidaerahSongkhlayangmanadaerahinibukanlahdaerahIslamdanmayoritaspenduduknyaberagamaBuddha.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)PerencenaanPBA(2)PelakasanaanPBA(3)EvaluasiPBA(4)FaktorpendukungdanpenghambatPBAdiMadrasahTsanawiyahMahadAt-tarbiyahAl-islamiyahAl-haditsahUlumuddinThailand.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif.PenelitianinidilaksanakandiMadrasahTsanawiyahMahadAt-tarbiyahAl-islamiyahAl-haditsahUlumuddinyangterletakdidesaBoitkabupatenMuangprovinsiSongkhlaThailandSelatan.Dataprimeradalahdata-datatentangperencanaanPBApelaksanaanPBAevaluasiPBAfaktorpendukungdanpenghambatpelaksanaanPBA.Datasekunderadalahdokumententangdokumentasisekolahmateripelajarantugas-tugassiswadansoal-soalUTSdanUASsertakurikulumdanRPP.SumberdatapenelitianiniadalahdokumentasikegiatanpembelajarandidalamkelasdanduanarasumberyaituustadzRosenSunlohsebagaipembimbingasramasiswadanustadzSulaimanFuSalihsebagaigurubahasaArabdiMadrasahTsanawiyahMahadAt-tarbiyahAl-islamiyahAl-haditsahUlumuddinThailand.Instrumenpenelitianiniadalahpenelitisebagaiinstrumenutamadanpedomanwawancarasertaobservasisebagaiinstrumenpendukung.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.Teknikanalisisdataditempuhdenganreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Teknikvalidasidatadilakukandenganobservasisecaraterusmenerusdiskusidengandosenpembimbingdanpemeriksaanhasildata.HasilpenelitianiniadalahbahwaperencanaanPBAdisekolahinimasihmemerlukanperbaikandarisegimatapelajaranbahasaarabyangditetapkanyanghanyaberisitentangkaidahkebahasaansaja.PelaksanaanPBAdisekolahinimasihmembutuhkaninovasidalamhalmediadanmetodepengajajan.EvaluasiPBAdisekolahiniterdiridaritigamacamevaluasiyaitupenugasanujiantengahsemesterdanujianakhir.AkantetapikegiatanevaluasiinimasihperluadanyapenambahanevaluasimendengaruntuksemuakegiatanevaluasisertapenambahanevaluasiberbicarauntukUTSdanujianakhir.FaktorpendukungPBAdisekolahiniadalahadanyapembelajaranilmuagamayangmenggunakankitab-kitabkuningyangberbahasaArab.FaktorpenghambatPBAdisekolahiniadalah(1)SebagianbesarsiswatidakbelajarbahasaArabdenganrajindansungguh-sungguh(2)ParasiswatidakmempraktekkanberbicaradalambahasaArabwalaupunsebagianbesardarimerekatinggaldiasramasekolah(3)LingkunganmasyarakatsekitarsiswayangkurangmendukunguntukdiadakanpembelajaranbahasaArabkarenasebagianbesardarimerekatidakberagamaIslam.