Implementasi pembelajaran sejarah berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) kurikulum 2013 revisi 2016 di SMA Negeri 1 Batu / Ribkha Ayu Adiningtyas

Main Author: Adiningtyas, Ribkha Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/113861/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAdiningtyasRibkhaAyu.2019.ImplementasiPembelajaranSejarahBerbasisUnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)Kurikulum2013Revisi2016diSMANegeri1Batu.TesisPendidikanSejarahPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.JokoSayonoM.Pd.M.Hum(II)Dr.DewaAgungGedeAgungM.HumKataKunciKurikulum2013revisi2016UnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)SKSKurikulum2013mulaiditerapkandijenjangSMA/SMKuntukmempersiapkanpesertadidikmenghadapisituasiglobalyangdidukungketerampilanAbad21.Padatahun2016Kurikulum2013telahdirevisidanmulaiditerapkandisekolahkhususnyadiSMANegeri1Batupadatahunpelajaran2017/2018.BentukbaruyangpalingmenonjoldalamKurikulum2013revisi2016adalahUKBM(UnitKegiatanBelajarMandiri).Pelaksanaanpenelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuiImplementasiUnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)dalamPembelajaranSejarah2)mengetahuiProblematikaImplementasiUnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)dalamPembelajaranSejarahdiSMANegeri1Batu.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptif.PemilihanmetodeinidisesuaikandengankebutuhanpenelitidalammengungkapkanperistiwayangingindikajidalamprosespembelajaranSejarahyangmenggunakanUKBM.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri1BatuJalanK.HAgusSalimNomor57KotaBatu.Sumberdatapenelitiandiperolehdarikegiatanwawancarapadagurudanpesertadidikobservasisertadokumentasiselamaprosespembelajaranberlangsung.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahmodifikasiAnalisisDataKualitatifCreswell.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandiperolehkesimpulanbahwa1)PembelajaranSejarahberbasisUKBMdilaksanakanmengacupadapenerapanSistemKreditSemester(SKS)yangdilengkapidenganunit-unitpembelajaranutuhberbasisKDuntukmenyelesaikanbebanbelajar.PembelajaranSejarahberbasisUKBMtidakhanyauntuksiswadijalurregulertapijugauntuksiswaprogrampercepatanduatahun.PembelajaranSejarahberbasisUKBMjugamewujudkanpendidikanberbasiskarakteryaituliterasiyangdiwadahidalamGerakanLiterasiSekolah.PenilaiandilakukandalambentukmediaonlinedenganmenggunakanaplikasiE-raporyangdisediakanolehpemerintahpusat.2)ProblematikaUKBMdalampembelajaranSejarahyaituterdapatbeberapakendalayangditinjaudarigurudanpesertadidik.SertaditemukannyabeberapakelemahandankelebihanUKBMdalamprosespelaksanaanpembelajaran.BerdasarkanhaltersebutdapatdisarankanbahwapenerapanKurikulum2013revisi2016inimembutuhkankerjasamadankoordinasiyangbaikantarasekolahgurumaupunpesertadidik.Sekolahberkewajibanmemberikanlingkunganyangamandannyamansertamenyusunsistemkurikulumyangbaikdalamprosespembelajarandikelas.GurudisarankanuntukterusmengembangkankreatifitasdalampenyusunanUKBMagarterciptasuasanabelajaryangmenyenangkanbagipesertadidik.