Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model TAIn (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X IIS 5 SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Laelatul Masroh
Main Author: | Masroh, Laelatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/113846/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMasrohLaelatul.2018.PenerapanPembelajaranKooperatifModifikasiModelTAIn(TeamAssistedIndividualization)untukMeningkatkanHasilbelajardanKeterampilanSosialSiswadalamPembelajaranSejarahdiKelasXIIS5SMAKKoleseSantoYusupMalang.TesisProgramStudiPendidikanSejarahFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.danDr.JokoSayonoM.Pd.M.Hum.KataKunciPembelajaranSejarahPembelajaranKoopetifTAInKelasmerupakantempatdimanaprosespembelajaranberlangsungdangurumerupakansutradaradalamsetiapkelas.BerdasarkanpengamatandiketahuipermasalahandikelasXIIS5adalahhasilbelajardanketerampilansosialyangrendah.Kelasinimerupakankelasheterogendanadanyasistemparalelmemungkinkansiswa-siswidikelasbersifatindividual.Dampaknyapembelajaransejarahdikelasmenjaditerhambatkarenaperbedaankemampuansiswadalammemahamidanmenyerapmateri.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.PenerapanpembelajarankooperatifmodifikasimodelTAInditerapkandalamempatsiklus.SetiapsiklusnyaterdiriatasempatpertemuanpadapertemuansatusampaitigamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTAInsedangkanpertemuankeempatdilakukantes.Kegiatanpembelajarandilaksanakansesuaidenganrancanganpelaksanaanpembelajaranyangtelahdisusunsebelumnyadanmengalamiperbaikansesuaidenganhasilrefleksiyangdilakukan.PenerapanpembelajarankooperatifmodifikasimodelTAInberjalandenganbaik.Halinidibuktikandarihasilobservasiaktivitassiswayangmeningkatpadasetiapsiklusnya.SelainitudarihasilangketevaluasiindividudankelompokmenunjukkanhasilsiswaterbiasadalampembelajarankooperatifmodelTAIn.Hasilbelajarsiswadiukurdalamranahkognitif.Padasikluspertamadayaserapnyaadalah76%denganrata-ratakelas79darijumlahinitercatat10orangtidaktuntas.Padasikluskeduaterjadipeningkatandayaserapmenjadi78%dan9orangsiswayangtidaktuntas.PadasiklusIIIdayaseraptetapdiangka78%danmeningkatpadasiklusIVyaitu91%.PadasiklusIVtercatathanya3siswayangharusremididanrata-ratakelasmencapaiangka81.Daridatatersebutdapatdilihatdarirata-ratatiappertemuanadapeningkatanyangcukupsignifikandantelahmencapaitingkatketuntasansecaraklasikal.JadisecaraumumpenerapanpembelajarankooperatifmodifikasimodelTAInberhasilmengatasiproblematikapembelajaransejarahyangditandaidenganmeningkatnyahasilbelajarsiswa.Sertamenciptakanpembelajarantidakhanyaberpusatpadagurusertamampumengembangkandiritidakhanyadibidangakademiktapijuganonakademikterutamaketerampilansosial.Keterampilansosialsiswaditunjukandengankeinginanuntukbersosialdaridalamdirimenjalinhubunganyangbaikdenganoranglainmengorbankankepentingandiridemioranglainadanyapengaruhuntukbersosialisasidanupayamenyelesaikanpermasalahandalamberinteraksisosial.PembelajarankooperatifmodifikasimodelTAIndapatmengatasimasalahakademikdansosial.