Pengembangan modul berbasis sejarah lokal Delta Brantas masa Hindu-Buddha abad XI-XIV untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa di SMAN 1 Gedangan / Sunariyadi Maskurin
Main Author: | Maskurin, Sunariyadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/113843/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMaskurinSunariyadi.2018.PengembanganModulBerbasisSejarahLokalDeltaBrantasMasaHindu-BuddhaAbadXI-XIVUntukMeningkatkanPemahamandanMinatBelajarSiswadiSMAN1Gedangan.Tesis.ProgramStudiPendidikanSejarahPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AriSaptoM.Hum.(II)Dr.BlasiusSupraptaM.Hum.KataKunciModulSejarahLokalDeltaBrantasPemahamandanMinatBelajarPendidikanmerupakanbagianpentingdalamperkembangansuatubangsa.Pendidikanmemberikankesadaranbagimasyarakatsuatubangsatentangtantanganyangsedangdihadapi.PembelajaransejarahdiSMAN1GedanganSidoarjomemilikibeberapakendalasalahsatunyaadalahtidaktersedianyasumberbelajaryangmembahassejarahlokalDeltaBrantas.PengembanganmodulberbasissejarahlokalDeltaBrantasdidasarkanpadapeninggalansejarahyangterdapatdiDeltaBrantasseperticandiprasastidansitus.PengembanganmodulbertujuanmeningkatkanpemahamandanminatbelajarsejarahsiswakelasXSMAN1GedanganSidoarjo.Selainitusiswajugadapatmengetahuidanmengidentifikasipeninggalanpeninggalansejarahyangterdapatdidaerahnya.Penelitianinibertujuanuntuk(1)menghasilkanModulBerbasisSejarahLokalDeltaBrantasMasaHindu-BuddhaAbadXI-XIVuntukMeningkatkanPemahamandanMinatBelajarSiswadiSMAN1Gedangan(2)memenuhikelayakanprodukmodulyaituvalidefektifpraktisdanmenarikdan(3)melihatkeefektifanmodulsejarahdalammeningkatkanpemahamandanminatbelajarsiswa.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall(1983)karenalangkah-langkahyangdigunakansesuaidenganprodukmoduldanmudahdipahami.Dalampenelitianinidatadiperolehdatadariangketdanhasilteskongnitifyangdilakukanpenelitidilapangan.Dalammengumpulkandatamelaluiobservasipenelitimenggunakanrefrensiberupabuku-bukutertulisdalampenyusunanmateripembelajaranuntukmengecekkeabsahandata.Hasilvalidasimenunjukkan(1)validasiahlibahasamendapatkanskor78%yangmenunjukkankriteriacukupvalid(2)validasiahlimaterimendapatkanskor90%yangmenunjukkankategorivalid(3)hasilkeefektifanmodulmendapatkanskorrerata92%dengankriteriasangatefektif(4)hasilujicobakelompokkecilmendapatkanrerataskorkepraktisan82%dengankriteriapraktisdanrerataskorkemenarikan88%dengankriteriasangatmenarik(5)hasilujicobakelompokbesarmendapatkanrerataskor86%untukkepraktisandengankriteriapraktisdanuntukkemenarikanmendapatkanskorrerata86%dengankriteriasangatmenarik(6)hasilangketguruuntukkepraktisanmendapatkanskor95%dengankriteriapraktisuntukkemenarikanmendapatkanskor96%dengankriteriasangatmenarik(7)hasiltespemahamanantarakelaskontrolmendapatkanskor59%ataudengankriteriakurangdanhasiltespemahamankelaseksperimenmendapatkanskor83%dengankriteriabaik(8)hasilminatbelajarkelaskontrolmendapatskor48%dengankategoricukupberminatdanhasilminatkelaseksperimenmendapatkanskor83%dengankategorisangatberminat.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapengembanganmodulberbasissejarahlokalDeltaBrantasmasaHindu-BuddhaabadXI-XIVdapatmeningkatkanpemahamandanminatbelajarsiswa.Haltersebutsesuaidengandatatespemahamanyangmenunjukkankelaskontroldari35siswayangtuntashanya3siswadengannilairata-rata62%sedangkanuntukkelaseksperimenyangtuntas33siswadan3siswatidaktuntasdaritotal36siswa.Selainitudenganadanyamodulinidapatmembantusiswauntukmengetahuidanmengidentifikasipeninggalansejarahdidaerahnya.Halinikarenaprodukmodulsudahmemenuhikriteriakevalidandankepraktisansebagaibahanajar.PadaakhirnyamodulberbasissejarahlokalDeltaBrantasmasaHindu-BuddhainitidakhanyadibutuhkanolehgurudansiswadiSMAN1Gedangannamunjugaolehgurudansiswadisekolah-sekolahyanglaindiSidoarjountukmendukungmaterisejarahIndonesiamasaHindu-BuddhadenganfokusdikawasanDeltaBrantas.