Pengaruh model pembelajaran Skimming Mind Mapping Questioning Exploring Writing Communicating (SIMAS ERIC) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa geografi MA Unwanul Falah Nahdatul Wathan Pao' Lomboq Lombok Timur / Emilia Agustina

Main Author: Agustina, Emilia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/113807/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKAgustinaEmilia.2019PengaruhModelpembelajaranSkimmingMindMappingQuestioningExploringWritingCommunicating(SIMASERIC)TerhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaMAUnwanulFalahNahdatulWathanPaoLomboqLombokTimur.Tesis.PascasarjanaPendidikanGeografiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Dr.INyomanRujaS.UKataKunciSIMASERICKemampuanBerpikirKritisHasilBelajar.ModelpembelajaranSIMASERICmerupakansalahsatumodelpembelajaraninovatifberbasiskonstruktivisyangmenekankanpadapembelajaranstudentcenteredmelaluikegiatanpembelajaranyangmenyenangkan.SintaksmodelpembelajaranSIMASERICterdiridari(1)Skimming(2)Mindmapping(3)Questioning(4)Exploring(5)Writing(6)Communicating.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranSIMASERICterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswageografiiMApadaKD3.5menganalisisdinamikakependudukandiIndonesiauntukperencanaanpembangunan.SubjekpenelitianterdiridariduakelasyaituXIIPSIsebagaikelaseksperimendankelasXIIPSIIsebagaikelaskontrol.Penentuankelaseksperimendankontrolberdasarkannilaigeografimasing-masingkelas.Darikeduakelasyangmemilikinilairata-ratayangpalingrendahakanmenjadikelaseksperimen.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(QuasiExperiment)dengandesainpenelitianPretest-PosttestNonequivalentControlGroupDesign.Kemampuanberpikirkritisdanhasilbelajardiukurmenggunakantesessay.Datahasilpengukurandianalisisdenganmenggunakanujiindependentsamplet-tesdenganbantuanprogramSPSS21.0ForWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)modelSIMASERICberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswageografiMAkarenadenganmenggunakanmodelinisiswaakanlebikaktifmandiridalambelajarsehinggapenguasaanmaterilebihcepatdipahami(2)modelSIMASERICberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifsiswageografiMAkarenadenganmodelinisiswadituntutbelajarmandirisehinggakesiapanbelajarsiswadalambelajarlebihtinggidansiswadapatmeguasaimateriyangdiberikan.Sarandaripenelitianinidiantaranya(1)bagigurugurugeografihendaknyamenggunakanmodelSIMASERICsebagaisalahsatualternatifmodeldalampembelajarankarenadapatmelatihdanmengembangkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswadandisarankanuntukmemberikanbimbingandenganmenyampaikanpoinpentingyangharusdituliskanpadatahapmindmapppadatahapcommunicatingmemperhatikanpembagianwaktukarenapadatahapinimembutuhkanwaktuyangcukuplama.(2)penelitiselanjutnyaMelakukanpenelitiandenganmengangkatkasuspermasalahanpembelajaranyangadadisuatuwilayahdandisarankandalampenelitianinidapatmenambahvariabellaindandapatdilakukanpadamaterilain.