Pengembangan bahan ajar mata kuliah sepakbola berbasis blended learning untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang / Estrado Isaci Selestiano Rodriquez
Main Author: | Rodriquez, Estrado Isaci Selestiano |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/113534/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANRodriquezEstradoIsaciSelestiano.2019.PengembanganBahanAjarMataKuliahSepakbolaBerbasisBlendedLearninguntukMahasiswaJurusanPendidikanJasmaniKesehatandanRekreasiIKIPBudiUtomoMalang.Tesis.PendidikanOlahragaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WasisD.DwiyogoM.Pd(II)Dr.SupriyadiM.Kes.KataKuncibahanajarsepakbolablendedlearningSepakbolamerupakansalahsatumatakuliahyangdiajarkandiperguruantinggiFakultasPendidikanIlmuEksaktadanKeolahragaan.Kurangnyasumberbelajarcetakdankurangnyamediabahanajaralternatifyangmenarikmerupakanbeberapakendalayangadadidalamprosespembelajaran.Penggunaanbahanajarberbasisblendedlearningdidalampembelajaranmatakuliahsepakbolabertujuanuntukmembantupendidikdanpesertadidikdalammenjalaniprosespembelajarandanprosespenyampaianmaterimenggunakanberbagaimediabahanajaryangmenarik.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniyaitu(1)menghasilkansebuahprodukbahanajarmatakuliahsepakbolaberbasisblendedlearning(tatapmukaofflineonline)dan(2)mengujiefektifitasefisiensisertadayatarikdariprodukpengembanganyangdihasilkanpadahasilbelajar.Metodedidalampenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelkonseptualyangmengacupadapengembanganmodelrancanganberbasisblendedlearning.Subjekpenelitianmerupakan70mahasiswajurusanpendidikanjasmanikesehatandanrekreasiserta3ahlivalidasiyangmeliputiahlipembelajaranahlimateridanahlimedia.Langkah-langkahproseduryangdiambildalampenelitianpengembanganiniterdiridari3tahapyaitu1)tahapanalisis2)tahaprancanganpembelajarandan3)tahapevaluasi.Selanjutnyadilakukanujiefektivitasuntukmengetahuitingkatkeefektifanefisiensisertadayatarikmodelbahanajarmatakuliahsepakbolaberbasisblendedlearning.Hasilyangdiperolehdariujiefektivitasyangdilakukanpenelitiselama3kalipertemuanmenggunakanmetodetatapmukaofflinedanofflineterhadap40subjekpenelitiandiperolehhasilreratakeseluruhansemuapertemuandengannilai8859kreditAdengankategorisangattuntas.Hasilujiefisiensididapatkandaritotalwaktuyangdigunakanmahasiswapadasaatbelajardanmengerjakansoalevaluasi.Jumlahwaktukeseluruhanyangdiperolehsetiapmahasiswaterhadap6babmateridalam3kalipertemuanyaituwaktuterlama04.47.33danwaktutercepat04.21.54.Jikadibandingkanwaktuyangdigunakandosenpengampuhmatakuliahpadasetiappertemuanyaitu01.40.00dikali6pertemuanmakadapatditarikkesimpulanbahwaterjadiefisiensiwaktupadasaatmenggunakanmetodeblendedlearning.Hasilkeseluruhanreratadariujidayatarikbahanajarprodukpengembanganmenggunakanmetodetatapmukaofflinesertaonlinediperolehpersentasesebesar935%dengankriteriasangatmenarik.Hasildaripenelitiandanpengembanganbahanajarmatakuliahsepakbolaberbasisblendedlearninginimenghasilkanspesifikasiproduksebagaiberikut1)bahanajartatapmukamenggunakanbukucetaksebagaisumberbelajar2)bahanajarofflinemenggunakanaplikasiautoplaymediastudio8.0berisimaterikuisfotosertavideountukmendukungkejelasanmateriperkuliahandan3)bahanajaronlinememanfaatkankelasvirtualedmodoyangdapatdigunakanuntukberbagimateriperkuliahandanevaluasi(kuis)secaraonline.Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganyangtelahdilakukanolehpenelitidapatditarikkesimpulanbahwaprodukpengembanganbahanajarmatakuliahsepakbolaberbasisblendedlearningdinyatakanlayaksertadapatdigunakanolehpendidikdanpesertadidik(mahasiswa)sebagaipenunjangpembelajarandansebagaireferensipadaprosespembelajaranmatakuliahsepakbola.Denganmenggunakanprodukbahanajarmatakuliahsepakbolaberbasisblendedlearningdapatmenambahefisiensiwaktupermbelajaranyangsebelumnyadilaksanakanmelalui6kalipertemuanmenjadirelatiflebihsingkatyaitu3kalipertemuan.