Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Lamongan / Nur Dina Kamelia

Main Author: Kamelia, Nur Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/11289/
Daftar Isi:
  • PenerapanModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanKemampuanMembacaTeksBahasaArabSiswaKelasVIIMTsNLamongan.SkripsiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Moh.KhusairiM.Pd.(II)AchmadSultoniS.AgM.Pd.I.KataKuncimodelpembelajaranSTADkemampuanmembacaMTs.1228812288122881228812288122881228812288KeberhasilandalambelajarbahasaArabsebagaibahasaasingtidakhanyabertumpupadakurikulumakantetapijugapadastrategidanmodelpembelajaranyangdigunakan.Ada4kemampuanberbahasadalampembelajaranbahasaArabdiantaranyaadalahkemampuanmembaca.DalampembelajarankemampuanmembacagurubahasaArabMTsNLamonganmenggunakanmetodeterjemah.Haltersebutmembuatsiswaselalubergantungpadagurudantidakdapatbelajarsecaramandiri.Olehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaranyangtepatdaninovatifuntukmemotivasidanmenarikminatsiswauntukbelajarsecaramandirisehinggapadaakhirnyameningkatkankemampuanmembacasiswa.SalahsatunyaadalahmodelpembelajaranSTAD.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranSTADdanefektivitasnyadalammeningkatkankemampuanmembacateksbahasaArabsiswakelasVIIMTsNLamongan.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch).Datapadapenelitianiniterdiriatasduamacamyaitudatakuantitatifdandatakualitatif.SumberdatapenelitianberupadokumengurupenelitisebagaigurudansiswakelasVII-FMTsNLamongan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaitupemberiantespenyebaranangketwawancaradanobservasi.Datayangterkumpuldalampenelitianinidianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisdatakuantitatifdananalisisdatakualitatifyangdiuraikansecaradeskriptif.Penelititerlibatlangsungmulaipengumpulandataanalisisdatahinggapenyusunanlaporan.Penelitianiniterdiriatas3siklusmasing-masingsiklusterdiriatas2pertemuan.Prosedurpenelitianterdiriatas4tahapmeliputia)perencanaanb)pelaksanaanc)observasidand)refleksi.12288122881228812288Deskripsihasilpenelitiandipaparkansebagaiberikut(1)penerapanmodelpembelajaranSTADdalampenelitianinidilakukandengancarasiswadibentukdalamkelompok-kelompokkecildandimintauntukberdiskusimengerjakanlembarkerjasiswa(LKS).LKSterdiridari4latihansoaluntukpeningkatankemahiranmembacaantaralainmengisitabelmembuatpetapikiranmeringkasbacaanberbahasaArabdanmenerjemahkanringkasantersebut.(2)modelpembelajaranSTADefektifdalammeningkatkankemampuanmembacateksbahasaArabsiswakelasVIIMTsNLamongankarenasetelahditerapkanmodelpembelajaranSTADkemampuanmembacateksbahasaArabsiswameningkat.HaltersebutdapatdilihatdarihasilnilaimembacanyaringhasilnilaiLKSdanhasiltessiswa.Adapunnilairata-ratasiklusIyaitu5486dengan5siswa(1389%)yangmencapaikriteriaketuntasanminimal(KKM).Nilairata-ratasiklusIIyaitu7242dengan21siswa(5833%)yangmencapaiKKM.Nilairata-ratasiklusIIIyaitu7905dengan28siswa(7777%)yangmencapaiKKM.