Penggunaan media teka-teki silang untuk meningkatkan pemerolehan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Sunan Ampel Curahsawo Gending Probolinggo / Nur Nabilla Mufattahatin
Main Author: | Mufattahatin, Nur Nabilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11287/ |
Daftar Isi:
- MufattahatinNurNabilla.2014.PenggunaanMediaTeka-tekiSilanguntukMeningkatkanPemerolehanKosakataBahasaArabSiswaKelasVMISunanAmpelCurahsawoGendingProbolinggo.Skripsi.JurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.Muhaiban(II)MohammadAhsanuddinS.Pd.M.Pd.KataKuncimediaTTSpembelajaranbahasaArabkosakata1228812288122881228812288Salahsatufaktoryangmempunyaipengaruhdalammencapaitujuanpembelajaranadalahmedia.Mediasangatberagam.DiantaramediayangdapatdigunakandalampembelajarankosakatabahasaArabadalahmediaTeka-tekiSilang(TTS).TTSadalahpermainanyangdilakukandenganmengisikotak-kotakkosongyangberwarnahitamdanputihdenganhuruf-hurufhijaiyahyangdapatmembentukkatasesuaidenganperintah.Perintahpengisiankolomtersebutterdiridarikategorimendatardanmenurun.1228812288122881228812288TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpelaksanaanpembelajarandanpeningkatanpemerolehankosakatabahasaArabsiswadenganmenggunakanmediaTTS.PenelitianinidilaksanakanmulaibulanJanuarisampaibulanFebruari2014semesterIItahunajaran2013/2014.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVMISunanAmpelCurahsawoGendingProbolinggo(selanjutnyadisingkatCSGP)denganjumlahsiswasebanyak18siswayangterdiridari10siswadan8siswi.1228812288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK/ClassroomActionResearch)yaitupenelitianyangfokusdilakukandidalamkelas.Penelitianiniterdiriatasduasiklus.Setiapsiklusdilaksanakandengantigapertemuan.Pertemuanpertamadigunakanuntukmenyajikankosakatabarudenganbantuankartukosakata(kartukatabergambar).Pertemuankeduamelatihsiswamemenggalkatamenjadisatuanhurufhijaiyahyangterpisah-pisahkemudianmembuatkalimatdenganpolatertentu.SelanjutnyamelatihkankosakatadenganmenggunakanmediaTTS.Sedangkanpertemuanketigadilaksanakanevaluasiberupates.Datayangdisajikanadalahdatakualitatifdandatakuantitatif.Data-datatersebutdiperolehdarihasilobservasiwawancaratesdandokumentasi.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiri(humaninstrument)tetapipenelitimenggunakaninstrumenbantuberupalembarobservasipedomanwawancaratesdancatatanlapangan.1228812288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanpembelajarankosakatadalampembelajaranbahasaArabdenganmenggunakanmediaTTSdiMISunanAmpelCSGPdapatmeningkatkanpemerolehankosakatasiswa.IndikatormeningkatnyapemerolehankosakatabahasaArabsiswaadalahmeningkatnyanilairata-ratasiswasebelumdansesudahmenggunakanmediaTTS.Hasilnilaipre-testcukuppos-testsiklusIbaikpos-testsiklusIIsangatbaik.