Pengembangan modul mikrobiologi berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian bakteri endofit dari ciplukan (Physalis angulata L) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains mahasiswa / Mushoffa
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
---|---|
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112741/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMushoffa.2019.PengembanganModulMikrobiologiBerbasisInkuiriTerbimbingBerdasarkanHasilPenelitianBakteriEndofitdariPhysalisAngulataLuntukMeningkatkanHasilBelajarKognitifDanKeterampilanProsesSainsMahasiswa.ProgramStudiMagisterPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Dra.UtamiSriHastutiM.Pd(II)Dra.DwiListyoriniM.SiD.ScKataKunciModulMikrobiologiInkuiriTerbimbingBakteriEndofitHasilBelajarKognitifKeterampilanProsesSains.Modulmerupakanbahanajarcetakyangdirancanguntukdapatdigunakanbelajarsecaramandirikarenadilengkapipetunjukbelajarsendiriuraianmateridancaramengevaluasiyangdirancangsecarasistematisdanmenarikuntukmemudahkanpesertadidikdalammencapaikompetensiyangdiharapkan.Modulyangdikembangkandapatmemuatmodelpembelajarandanpembelajarankonstektualberdasarkanhasilpenelitiandankegiatanpraktikumsehinggamemudahkanmahasiswadalammemahamikonsepsecaramendalamdanketerampilanprosessains.Keterampilanprosessainsadalahketerampilanfisikdanmentalterkaitdengankemampuandasaryangdimilikidikuasaidandiaplikasikanpadakegiatanilmiahuntukmenemukansuatuyangbaru.Pembelajarankonstektualyangberkaitandenganperanmikrobadalamkehidupansehari-haridiharapkandapatmenarikminatmahasiswadalammempelajaridanmelakukankegiatanisolasidanidentifikasibakteriendofit.Bakteriendofitadalahmikrobayanghidupdalamjaringantanamaninangtanpamenyebabkangangguanataukerusakanpadatanamaninangnya.Bakteriendofitdapatmenghasilkanmetabolitsekunderyangdapatdigunakansebagaisenyawaantibiotikantitumorantinflamasiantioksidandanhormonpertumbuhan.Jenispenelitianiniyaitupenelitianpengembangan(Developmentresearch).Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukyaitumodulberbasishasilpenelitianbakteriendofitdariciplukan(Physalisangulata)untukmeningkatkanhasilbelajarkognitifdanketerampilanprosessainsmahasiswa.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganADDIEyangmeliputi5tahapyaituAnalyzeDesignDevelopImplementdanEvaluate.PengaruhmoduldiujimelaluiimplementasiyangdilakukanpadamahasiswajurusanpendidikanbiologiIKIPBudiUtomoMalang.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarvalidasiangketketerbacaandaninstrumenpenilaianketerampilanprosessains.Hasilvalidasidariahlimaterimodulmikrobiologiberbasishasilpenelitiansebesar9732%dengankategorisangatvalidyangmemilikiartidarisegiisimateripenyajianbahasamodullayakdigunakanuntukdimplementasidilapangan.Hasilvalidasiolehahlimediadiperolehhasilsebesar9412%dengankategorisangatvalidyangmemilikiartitataletakkegrafisanperpaduanwarnabahasapenyajianmoduldanketepatanpadamodullayakdigunakanuntukpenerapan(impelement)dilapangan.Hasilvalidasiolehpraktisilapangandiperolehsebesar8666%dengankategorisangatvaliddanhasilujiketerbacaanolehmahasiswarespondensebesar8977%dengankategorisangatpraktis.Hasilanalisisdatahasilbelajarkognitifmenunjukkanreratakelaskontrol54danreratakelaseksperimen8152sehinggaselisihantarakelasekperimendankelaskontrolsebesar27.HasilanalisisN-gainpadakelaseksperimensebesar068termasukkategorisedangdalammeningkatkanhasilbelajarkognitifmahasiswasedangkanskorrerataN-gainkelaskontrolsebesar029termasukkategorirendah.Hasilanalisishasilbelajarkognitifmenggunakanuji-ttakberpasanganmenunjukkansignifikansip(0000)945(0005)hipotesisnyaadaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarkognitifkelasekperimenyangmenggunakanmodulmikrobiologiberbasishasilpenelitiandengankelaskontrolyangtidakmenggunakanmodulmikrobiologiberbasishasilpenelitian.HasilanalisisdataketerampilanprosessainsberdasarkanUjittidakberpasanganterdapatperbedaanyangsignifikanpadasemuaaspekpadaketerampilanprosesantarakelasekperimenyangmenggunakanmodulberbasishasilpenelitiandengankelaskontrolyangtidakmenggunakanmodul.Hasilskorrerataaspekketerampilanprosessainspadakelaseksperimenlebihtinggidibandingkandengankelaskontrol.