Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem reproduksi hewan berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Nosi Qadariah
Main Author: | Nosi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112718/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANQadariahNosi.2019.PengembanganModulBerbasisInkuiriTerbimbingpadaMateriSistemReproduksiHewanBerdasarkanHasilPenelitianuntukMeningkatkanKeterampilanProsesSainsdanHasilBelajarKognitifMahasiswa.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SriRahayuLestariM.Si.(II)Dr.FatchurRohmanM.Si.Katakuncimodulberbasisinkuiriterbimbingmaterisistemreproduksihasilpenelitianketerampilanprosessainshasilbelajarkognitif.IKIPBudiUtomoMalangselamaprosespembelajaranmengacupadapenerapanKerangkaKualifikasiNasionalIndonesia(KKNI).SalahsatuupayauntukmencapaiKKNIyaitumelaluicapaianpembelajaranuntuksemuamatakuliahtermasukfisiologihewan.Capaianpembelajaranmenekankanpadapengembanganketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifmahasiswa.Metodepembelajaranyangseharusnyaditerapkanadalahdiskusikelompokkecildemonstrasikelastugasmandiridanpraktikum.Namunhasilobservasimelaluiangketanalisiskebutuhandosendanmahasiswamenunjukkanpembelajaransecaradominandilakukanmelaluipresentasidandiskusi.Metodepembelajarandenganpresentasidandiskusibelummampumeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifmahasiswa.Hasilobservasimenunjukkanmateripadamatakuliahfisiologihewanyangsulitadalahsistemreproduksi.Solusiuntukmengatasikesulitanmaterisistemreproduksirendahnyaketerampilanprosessainsdanrendahnyahasilbelajarkognitifmahasiswaadalahmodulberbasisinkuiriterbimbingberdasarkanhasilpenelitian.Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmengujivaliditasmengujikepraktisandanmengujikeefektifanmodulberbasisinkuiriterbimbingpadamaterisistemreproduksiberdasarkanhasilpenelitianuntukmeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifmahasiswa.PenelitianmenggunakanmodelpengembanganADDIEyangterdiridaritahapanalisis(analyze)desain(design)pengembangan(develop)implementasi(implement)danevaluasi(evaluate).Ujivaliditasdilakukandenganmemberikanangketvalidasikepadavalidatorahlimateriahlimediadanahlipraktisilapangan.UjikepraktisandilakukandenganmemberikanangketkepraktisanmodulpadalimabelasorangmahasiswaIKIPBudiUtomoMalang.Ujikeefektifanmodulmeliputiketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifmahasiswa.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifadalahsoalesaipretestdanposttest.Desainujikeefektifanadalahnonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.Hasilpenelitianyangdimuatpadamodulberupapotensiekstrakbawangputihtunggal(Alliumsativum)terhadapkualitasspermamencitjantanmodelhiperlipidemia.Kualitasspermamencitjantanyangdiamatimeliputijumlahspermamotilitasspermadanstrukturmorfologisperma.Produkpenelitianberupamodulberbasisinkuiriterbimbingpadamaterisistemreproduksiberdasarkanhasilpenelitianuntukmeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitifmahasiswa.Nilaivaliditasmodulsebesar9484%olehahlimateri9243%olehahlimediadan957%olehahlipraktisilapangan.Nilaikepraktisanmodulsebesar913%.Modulmeningkatkanketerampilanprosessainsdibuktikandenganperbedaansecarasignifikanantaramahasiswamenggunakanmoduldantidakmenggunakanmodul(p-value42509945005).Peningkatanhasilbelajarkognitifdibuktikandenganterdapatperbedaansecarasignifikanantarakelasyangmenggunakanmoduldantidakmenggunakanmodul(p-value0008945005).Modulyangdihasilkansudahsangatvalidsangatpraktisdanefektifdigunakandalamprosespembelajaran.Keefektifanmoduldilihatdaripeningkatanketerampilanprosessaindanhasilbelajarkognitifmahasiswa.Saranyangdapatdiberikanyaituperlulembarobservasiuntukmenilaiketerampilanprosessainsmemuathasilpenelitianyangberhubungandengansistemreproduksiwanitamengukurvariabellainselainketerampilanprosessainsdanhasilbelajarkognitif.