Pengembangan modul bioteknologi berbasis RQA berdasarkan hasil penelitian deteksi gen Aero pada bakteri Aeronomonas hydrophilla sebagai kandidat bioremediator untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa / Sasmitasari
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
---|---|
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112714/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSasmitasari.2019.PengembanganModulBioteknologiBerbasisRQABerdasarkanHasilPenelitianDeteksiGenAeroPadaBakteriAeromonashydrophillaSebagaiKandidatBioremediatorUntukMengembangkanKeterampilanBerpikirKritisMahasiswa.Pembimbing(1).Dr.EndangSuarsiniM.Ked(2)Dr.UmieLestariM.Si.KataKunciModulBioteknologiRQADeteksiGenAeroBioremediatorKeterampilanBerpikirKritis.Setiappembelajarantentunyamembutuhkanberbagaisumberbelajaryangtepatdandapatdigunakansecaraluasmeratamenyeluruhdanefesien.Sumberbelajaryangtepatakanmembantumahasiswadalammenerimainformasiterkaitmateriyangsedangdipelajarinya.Salahsatusumberbelajaryangdapatmembantumahasiswadalambelajaradalahmodulpembelajaranyangberisikanmateridarihasilpenelitianyangdikemaskedalamdesainyangmenarikpraktisdanmudahdigunakandimanasajasertaberisikansajianmateriyanglebihringkaspadatdanmudahdipahami.HasilstudieksplorasipadamatakuliahBioteknologiUniversitasMuhammadiyahMalangmenunjukanbahwaselamainipembelajaranbelummemenuhicapaianpembelajaranyangdiharapkanmasihsekitar60%prosespembelajaranyangadamasihbersifatceramahdanbelumbersifataplikatifsehinggapadapenguasaanmateriterkaitteknikanalisisDNAdanAplikasiBioteknologidilingkunganmasihsedikitpenyebabnyaadalahbelumtersedianyasaranadanprasaranapenunjangperkuliahansepertialatdanbahanlaboratoriumdansertasumberbelajarsepertibukuterkaitmatakuliahBioteknologisehinggahasildaristudieksplorasi80%mahasiswamenginginkansumberbelajarberupamodulpembelajaranyangefektifdanmenarik.ModulyangdibuatberbasisRQA(readingquestioninganswering)yangberisikanmaterisebagaibahanbacaanpadatahapreadingkolompertanyaandanjawabanpadatahapquestioningdananswering.Modulyangdisusunterdiridari4kegiatanyaitu(1)pengenalanalatdanbahanlaboratorium(2)isolasiDNA(3)PCR(PolymeraseChainReaction)dan(4)Limbahcairdanpenanggulangannya.MateriyangterdapatpadamodulberdasarkanhasilpenelitianisolasibakteridandeteksigenAeropadabakteriA.hydrophillayaitusalahsatubakteripenghidrolisisproteinyangberfungsisebagaiagenbioremediatordalammenanggulangilimbahRumahSakit.Tujuanpenelitianterdiridari2tahapyaitu(1)mengisolasibakteridanmendeteksigenAeropadabakteriA.hydrophillayangmemilikikemampuandalammenghidrolisisproteinsertasebagaisalahsatuagenbioremeadiatordan(2)menghasilkanmodulBioteknologiberbasisRQAdarihasilpenelitiandeteksigenAeropadabakteriA.hydrohilayangvalidpraktisdanefektifmelaluiinstructionaldesainADDIEuntukmengembangkanketerampilanberpikirkritismahasiswa.Datapenelitiandianalisisdengancarakualitatifdankuantitatif.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpreeksperimenyaituonegrouppretestposttesbertujuanuntukmengujiefekdaripenerapanmoduldalampembelajaranterhadapketerampilanberpikirkritismahasiswa.DatapenelitiandianalisissecaradeskriptifdenganmenggunakanaplikasiSPSSversi21.viHasilpenelitianmenunjukanditemukanbakteriA.hydrophilladengancirimorfologimerupakanbakterigramnegatifberbentukbasilmemilikiukuran08-10micronsbentukkolonibundarwarnaputihkekuningan(krem)elevansicembungdantepianhalus.Kemampuandalammenghidrolisisproteinditandaidenganadanyazonabeningpadanilaiindeks2cmpadacawanpetri.Hasilujifisiologismenunjukanpersentase7985%termaksudkedalamjenisbakteriA.hydrophilladenganketegoripositifglucosamanitolxylosaONPGureaseV-PrhamanosadankategorinegatiflysinornithinH2SindolesitratTDAgelatinmalonatinositolsorbitolsukrosalactosaarabinosaadonitolraffinosasalicinargininin.HasildeteksigenproteolitikdenganperlakuanisolasiDNAAmplifikasigenAerodanelektroforesishorizontalmenunjukankemurnianDNApadarasioabsorbansi(260/280)yaitu153dengankonsentrasi12736956g/mldanpanjangbasa500bp.ModulyangtelahdikembangkanberbasisRQAdenganjudulTeknikAnalisisDNAdanAplikasiBioteknologiPadaLingkunganberasaldarikajianhasilpenelitianDeteksiGenAeroPadaBakteriA.hydrophillayangtelahdivalidasiolehvalidatorahlidenganhasilpresentase8977%ahlimateri9907%ahlimediadan8977%praktisilapangansertaujiketerbacaan8627%kelompokkecildan8425%kelompokbesardengankategorisangatvalid.ModulyangtelahdikembangkandigunakanuntukmelihatketerampilanberpikirkritismahasiswasebelumdansesudahpembelajaranmelaluihasilpretesdanpostesyangmenunjukandataterdistribusidengannormaldanhomogensertamemilikiperbedaandankeefektifantinggiselamamodulTeknikAnalisisDNADanAplikasiBioteknologiPadaLingkungandigunakandalamprosespembelajaranBioteknologi.