Pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri (IBL) terintegrasi Nature Of Science (NOS) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa / Tarwiyani
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
---|---|
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112706/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANTarwiyani.2019.PengembanganPembelajaranSainsBerbasisInkuiri(IBL)TerintegrasiNatureofScience(NOS)untukMeningkatkanKeterampilanMetakognitifKeterampilanProsesSainsdanPenguasaanKonsepSiswa.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.KataKunciKeterampilanMetakogitifKeterampilanProsesSainsPenguasaanKonsepPengembanganPembelajaranSainsInkuiriNatureofScience.Keterampilanabad21merupakanketerampilanyangdibutuhkansiswadalammenghadapipersainganeraglobal.Keterampilanabad21terdiridariketerampilandalammenguasaipengetahuanliterasidanmengembangkanberbagaikeahlian.Pengembanganketerampilantersebutdapatdilakukanmelaluipembelajaransains.BerdasarkananalisiskebutuhandiperolehbeberapapermasalahanpadapembelajaransainsdiSMPLaboratoriumUMyaitu(1)keterampilanprosessainsdanketerampilanmetakognitifsiswamasihrendah(2)pembelajaranbelumdikaitkandenganaspekNOS.UpayauntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanpembelajaranberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS)menggunakanperangkatpembelajaranyangsesuai.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanrancanganpembelajaranyangvaliddanpraktissertameningkatkanketerampilanmetakognitifketerampilanprosessainsdanpenguasaankonsepsiswamelaluiprosespembelajaranberbasisIBLterintegrasiNOS.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmengadaptasimodelpengembanganADDIE(AnalyzeDesignDevelopImplementEvaluate).Produkyangdihasilkanberuparancanganpembelajaranyangdikemasdalambentukperangkatpembelajaran(silabusRPPLKShandoutdaninstrumenpenilaian)berbasisIBLterintegrasiNOS.TahapimplementasiprodukdilakukandikelasVIIISMPLaboratoiumUniversitasNegeriMalangmenggunakanduakelas.Desainimplementasiyangdigunakanyaitunonrandomized-controlgrouppretest-postestdesign.Datayangdiperolehberupahasilvalidasidanujiketerbacaanproduksertadatapretest-posttestdarisoaltesuraianyangsudahdikembangkan.Analisisdatayangdilakukanmeliputianalisisvaliditaskepraktisandankeefektifanprodukpengembangan.AnalisisKeefektifanmenggunakananakovasatujalurdenganbantuanSPSSpadatarafsignifikansi5%untukmengetahuipengaruhpembelajaranterhadapvariabelterikat.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa1)rancanganpembelajaranyangdikembangkanterbuktivalidpraktisdanefektifuntukdigunakandalamprosespembelajaran2)pengembanganpembelajaransainsberbasisInquiryBasedLearning(IBL)terintegrasiNatureofScience(NOS)terbuktiberpengaruhdalammeningkatkanketerampilanmetakognitifketerampilanprosessainsdanpenguasaankonsepsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiansebaiknyadilakukanpenelitianlanjutan(penelitianpengembanganpembelajaranberbasisIBLterintegrasiNOS)padasampelyanglebihbanyaksupayaketerampilan-keterampilanyangingindikembangkanmendapatkanhasilyanglebihbaik.