Pengembangan media pembelajaran menyimak dan membaca bahasa Arab berbasis Adobe Flash CS 5 untuk siswa kelas X MAN Wlingi Blitar / Khotimatul Husna

Main Author: Husna, Khotimatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/11256/
Daftar Isi:
  • HusnaKhotimatul.2013.PengembanganMediaPembelajaranMenyimakdanMembacaBahasaArabBerbasisAdobeFlashCS5untukSiswaKelasXMANWlingiBlitar.SkripsiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.NurhidayatiM.Pd(II)Moh.AhsanuddinS.PdM.PdKatakuncimediapembelajaranmenyimakdanmembacabahasaArabadobeflashCS5MediapembelajaranmerupakankomponenyangsangatpentingdalampembelajaranbahasaArab.SalahsatuvariasimediayangberbasisITyaituprogramadobeflashyangdewasainitelahbanyakdigunakanuntukmembuatmediapembelajaran.MediapembelajaranyangberbasisadobeflashCS5inimerupakansalahsatualternatifyangdapatmenciptakanpembelajaranbahasaArabyangmenarikdantidakmembosankanpadakemahiranistimadanqiraahuntuksiswakelasXMA.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)membuatprodukmediapembelajaranmenyimakdanmembacabahasaArabberbasisadobeflashCS5untuksiswakelasXMANWlingiBlitar.(2)mengujikelayakanmediapembelajaranmenyimakdanmembacabahasaArabberbasisadobeflashCS5untuksiswakelasXMANWlingiBlitar.(3)mendeskripsikanlangkahpenggunaanmediapembelajaranmenyimakdanmembacabahasaArabberbasisadobeflashCS5untuksiswakelasXMANWlingiBlitar.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembanganmodelprosedural.AdapunmodelpengembanganyangdipakaidalammediapembelajaraniniadalahmodelpengembanganyangmengadaptasidarimodelpengembanganRDolehBorgandGall.PenelitianinimenghasilkanprodukberupamediapembelajaranmenyimakdanmembacabahasaArabberbasisadobeFlashCS5untuksiswakelasXMA.Pengumpulandatamenggunakanteknikwawancaraobservasidanangket.Berdasarkanhasilujiahlimediadiketahuitingkatvaliditasmediapembelajaranyaitu839%hasilujiahlimateriprodukpengembanganmemilikitingkatvaliditas769%ujivalidasiolehguruprodukpengembanganmemilikitingkatvaliditas875%danujivalidasikepadasiswaberdasarkanjawabanangketdiperoleh845%.JadimediapembelajaranbahasaArabinidinyatakanvalidsebagaimediapembelajaranmenyimakdanmembacabahasaArabbagisiswakelasXMadrasahAliyah.Darihasilpengembangandalampenelitianinipenelitimemberikansarankepadapengembangselanjutnyayangakanmengembangkanmediapembelajaransepertiinidisarankanuntukmengembangkanmediayangmencakup4kemahiransekaligusyaituistimakalamqiraahdankitabah.Selainitudiharapkanbagipenelitilainuntukdapatmengembangkanmateridenganmenambahjumlahbab(tema).DisarankanbagigurumatapelajaranbahasaArabuntukmemanfaatkanmediapembelajaranbahasaArabberbasisadobeflahinisebagaimediauntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.