Pengembangan media kalmakh untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas VII madrasah tsanawiyah / Anis Nur Laili
Main Author: | Laili, Anis Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11255/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipengembanganmediaKalMakhkosakatabahasaArabBahasaArabmerupakansalahsatumatapelajaranyangsangatpatutuntukmendapatkanperhatiandarimasyarakatkhususnyaumatIslam.SelainitubahasaArabmerupakanmatapelajaranyangtidakmudahuntukdikuasaiolehsiswa.Agarmateridapatdikuasaiolehsiswaguruperlumenggunakanmediapembelajaran.SalahsatucarauntukmeningkatkanmotivasisiswadalampembelajarankosakatabahasaArabadalahdenganmenggunakanmediapermainanKalMakh.KalMakhmerupakansingkatandariAl-KalimtAl-Makhbuahyangbermaknakata-katayangtersembunyi.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespengembanganhasilpengembangandanpenggunaanmediapermainanKalMakhsebagaimediapembelajarankosakataBahasaArabuntuksiswakelasVIIMadrasahTsanawiyah.RancanganpengembanganyangdigunakanadalahmodelBorgGall.PengembanganmediapermainanKalMakhdilaksanakanmelaluibeberapatahapyaitu(1)analisiskebutuhan(2)desainproduk(3)pengumpulanbahan(4)pengembanganproduk(5)validasimeliputiujiahlimediadanujiahlimateri(6)ujilapangandan(7)revisiproduk.PengembanganmediapermainanKalMakhmenghasilkanseperangkatalatpermainan.Alatpermainandidesainfullcolour(berwarna)mulaidaripapanpermainankartuperintahkartupernyataankartujawabandaduminiaturpatungdanbukupetunjukpenggunaan.Permainaninibersifatfleksibeldalamartibisadimainkanoleh2-4kelompokatau2-4orang.HasilujikevalidanmediapermainanKalMakholehahlimediaadalahsebesar643%yangberkategoricukupvalid.Datahasilujicobaolehahlimaterisebesar90%yangberkategorivalid.Perpaduannilaivalidasiahlimediadanahlimaterisebesar7715%danberkategorivalidsebagaimediapembelajarankosakatabahasaArabbagisiswakelasVIIMadrasahTsanawiyah.UjilapangandilaksanakandiMTsRadenPakuTrenggalekkepadasiswakelasVIIdangurumatapelajaranbahasaArab.HasilujilapanganterhadapsiswakelasVIIsebesar8309%danhasildarigurumatapelajaranbahasaArabsebesar825%.JadimediaKalMakhdinyatakanvalidsebagaimediapembelajarankosakatabahasaArabuntukkelasVIIMTs.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankankepada(1)parasiswakelasVIIMadrasahTsanawiyahuntukdapatmemanfaatkanmediapermainanKalMakhsebagaialatuntukmembantumerekadalammenambahperbendaharaankosakatabahasaArab(2)paragurubahasaArabMadrasahTsanawiyahhendaknyadapatmemanfaatkanmediainiuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadan(3)pengembangselanjutnyauntukmengembangkanmediapembelajaranbahasaArabyanglebihbervariasi.