Analisis struktural semiotik kisah Ashabul Kahfi di dalam surat al-Kahfi / Muhammad Arif Nasruddin

Main Author: Nasruddin, Muhammad Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/11218/
Daftar Isi:
  • Katakuncianalisisstrukturalsemiotikkisahashabulkahfisuratal-kahfi.KisahAshabulKahfiadalahsalahsatukisahyangmenakjubkanyangdituturkandidalamAl-QurantepatnyadidalamsuratAl-Kahfi.DaribeberapakisahyangdituturkandidalamsuratAl-KahfikisahAshabulKahfimerupakankisahyangpengisahannyadominan.UntukmemperjelaskisahAshabulKahfidanmenggalimakna-maknanyapenelitianinidilakukandenganmenggunakanpisauanalisisstrukturalsemiotik.Denganmenganalisisstrukturkisahtersebutakandiketahuisiapakahtokoh-tokohnyabagaimanaalurceritanyadansemuayangberhubungandenganstrukturkisah.Sedangkandengananalisissemiotikakandigalimakna-maknayangterkandungdibaliktanda-petandayangadadalamkisahtersebut.Dengandemikiantujuandaripenelitianiniadalah1)memaparkanstrukturkisahAshabulKahfidenganmenggunakananalisisstruktural2)memaparkanhasilanalisissemiotikkisahAshabulKahfidenganteorisemiotik3)mengungkapnilai-nilaiyangterkandungdalamkisahAshabulKahfi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdeskriptif.DatapenelitianyangberupatekskisahAshabulKahfidiperolehdariAl-QurandanbeberapasumberlainnyayangmenceritakankisahAshabulKahfi.InstrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenmanusiaHumaminstrumenyaitupenelitisendiri.Untukmenjagakeabsahandatadilakukankegiatantrianggulasidata.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahappenelaahandataidentifikasidanklasifikasidatadanterakhirtahapevaluasidata.SetelahdilakukanpenelitianstrukturalditemukanbahwatokohutamadalamkisahAshabulKahfiadalahTamlikhayangdiiringanolehtokohandalanyaituMiksalminaMikhasliminaMarteliusCasitiusdanSidemiusdanditambahseorangpengembala.SedangkanyangmenjaditokohantagonisnyaadalahrajaDikyanusseorangrajadzalimyangmensekutukanAllah.KisahtersebutmelibatkanbeberapatempatdiantaranyaadalahdaerahtempatmerekatinggalyitukotaAphesusyangkemudiandisebutkotaTharsusistanarajaguadanpasardimanamerekamembelimakanan.DalampengisahannyakisahAshabulKahfitidaksepertikisah-kisahpadaumumnyadalamkisahtersebutbanyakterkandungpesan-pesandanjugatanda-tandakebesaranAllahSWTsehinggamenjadikankisahtersebutluarbiasa.SetelahdilakukananalisissemiotikdihasilkanbahwakekuasaandankehendakAllahtidakterbatasdantidakterpengaruhapapunKetikaAllahberkehendakmakaitulahyangterjadi.Seoranghambayangshalehtidakakanmerasatakutterhadapkebatilankarenadiamempunyaipelindungyangmahasegala-galanyameskipunyangdihadapiseorangrajasekalipunkarenapelindungnyaadalahRajadiatasrajayangmerajaisegala-galanya.Ketikadiamemintakepada-NyamakaDiapunakanmemberikannya.AllahtidakmemberikanseseorangyangdipilhNyadenganemaspermatamaupunsegalagemerlapdunianamunAllahmemberikanyangjauhlebihberhargadariitusemuayangsampaiterkadangmanusiatidakmempercayainyapemberianituadalahHudan(petunjuk)yangdenganitulahseseorangtadibisaselamathidupdiduniasampaiakhirat.Ketahuilahbahwasegalajanjiyangdijanjikan-Nyabenar-benarakanterjadiwalauakalmanusiatakmampumemikirkannyakarenaitusemuatelahDiagambarkandengansetiapkejadiandanciptaan-Nyayangdapatkitaketahuidiatasmukabumiini.Diantarajanjiituadalahdihidupkannyakembaliseluruhmanusiauntukmenjalanikehidupanakhirat.Nilai-nilaiyangterkandungdalamkisahAshabulKahfiadalahtauchidillah(meliputikeimananpengesaandanketaqwaan)tadl-chiyyah(pengorbanan)tawakkal(pasrahkepadaAllah)al-futuwahal-qudwah(pencurahansegalakebaikanmenahanataumenghindarihal-halyangmenyakitimeninggalkanpengaduankepadaselainAllahswt.danmeninggalkanhal-halyangharamdanmenyambutsegerahal-halyangmulia)danpembenaranjanjiAllahbahwasemuamanusiaakandiangkitkandarimatimenujuharipembalasan.SetelahmelakukanpenelitianinipenulisberharabkepadapenelitiselanjutnyauntukterusmeningkatkanpenelitatentangteksAl-Quran.Untukbekalmenujupenelitiantersebutdiharapkanpengajaranteori-teoripenelitianjugasemakindimatangkan.PenelitianinibelumsepenuhnyasempurnaolehkarenaitutidakmenutupkemungkinanbagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitiankembaliterhadapkisahAshabulKahfibaikdenganteoriyangsamamaupunberbeda.