Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap proses dan hasil belajar iswa kelas X SMAN 1 Lubuk Kabupaten Aceh Besar pada materi reaksi reduksi oksidasi / Bismi Aulia

Main Author: Bismi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/112089/
Daftar Isi:
  • KatakuncireaksiredokskooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)prosesbelajarhasilbelajar.Pendidikanmerupakanbagianterpentingdemiperkembangansuatubangsayangberkualitas.PembelajaranyangcenderungberpusatpadagurumerupakansalahsatufaktoryangmenyebabkanbelumoptimalnyakualitasprosesdanhasilbelajarkimiasiswakhususnyapadasiswakelasXdiSMANegeri1Lubuk.PenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)diharapkanmampumeningkatkankualitasprosesdanhasilpembelajarankimia.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiaktivitasbelajaraktivitasmentalsainsdanhasilbelajarpadamaterireaksiredoks.Penelitianinimengunakanrancanganeksperimensemudandeskriptif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXSMANegeri1Lubuksebanyak2kelas.KelasX-1sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifTGTdankelasX-2sebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensional.InstrumenpenelitianyangdigunakanterdiridariinstrumenpembelajaranyaitusilabusRPPdaninstrumenpengukuranyaitulembarobservasiaktivitasbelajarangketaktivitasmentalsainsteshasilbelajardanangketpersepsi.Hasilujicobainstrumenmenunjukkanbahwa30soalvaliddenganreliabilitas098.Datapenelitiandianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensialdenganmenggunakant-testpadatarafsignifikan945005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)kualitasaktivitasbelajarsiswakelaseksperimendankelaskontroldenganmaterireaksiredokspadaumumnyatermasukkategorisangattinggidantinggidalamketerlaksanaanindikatoryangada.(2)kualitasaktivitasmentalsainssiswakelaseksperimendankelaskontrolpadamaterireaksiredoksmenunjukkansiswatelahmampumenerapkanindikatoraktivitasmentalsains.(3)terdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifTGTlebihbaikdaripadahasilbelajarkognitifsiswakelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionaldimanaskorreratahasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimen7663dankelaskontrol7191.(4)hasilbelajarafektifsiswakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanreratasangattinggidantinggidalamketerlaksanaanindikatoryangada.(5)hasilbelajarpsikomotoriksiswakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanreratasangattinggidalamketerlaksanaanindikatoryangada.(6)persepsisiswamenunjukkanmodelpembelajarankooperatifTGTdapatditerimasiswadenganbaik(setuju)untukditerapkanpadamaterireaksiredoks.