Pengaruh model level of inquiry berbantuan animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada materi asam basa ditinjau dari kemampuan awal siswa / Laili Nur Azizah

Main Author: Azizah, Laili Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/112055/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAzizahLailiN.2019.PengaruhModelLevelOfInquiryBerbantuanAnimasiterhadapKemampuanBerpikirKritisdanPemahamanKonseppadaMateriAsamBasaberdasarkanKemampuanAwalSiswa.Tesis.JurusanPendidikanKimia.ProramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MunzilS.PdM.Si.(2)Prof.Dr.FauziatulFajarohM.S.KataKunciLevelofInquirymediaAnimasiBerpikirKritisPemahamanKonsepBerpikirkritisdanpemahamankonsepsangatpentingdalamilmukimia.Melaluiprosesberpikirhasilpercobaanyangberupadatadanfaktadalamilmukimiadapatdisimpulkandandipertanggungjawabkanhasilnya.Pemahamankonsepterhadapmaterikimiameliputipemahamanyangmelibatkantigarepresentasikimiayaitumakroskopissimbolikdansubmikroskopik.Untukmeningkatkanpemahamankonsepdanberpikirkritisdapatdilakukandenganmodelpembelajaranyangsesuaidandenganbantuananimasiyangdapatmemperjelasketigarepresentasikimia.PembelajaranmeggunakanLevelofInquirydenganbantuananimasimerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdidugadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepkarenadenganbantuananimasisiswadapatmemahamigambaransubmikroskpikyangtidakdapatdilihatdengankasatmata.PenelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruhmodelpembelajaanLevelofInquiryberbantuananimasiterhadapkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswapadamateriasambasaberdasarkankemampuanawalsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianeksperimensemu.RancananpenelitianeksperimensemudigunakanuntukmengujibagaimanapengaruhmodelpembelajaranLevelofInquirytanpamenggunakananimasiLevelofInquirydenganmenggunakananimasistatisdanLevelofInquirydenganmenggunakananimasidinamisterhadapkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswa.Animasistatisberupagambarpadapowerpointsedangkananimasidinamisberupavideo.Datapenelitianberupadatakemampuanbepikirkritisdanpemahamankonsepsiswayangdiukurdenganinstrumenkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswa.DatapenelitiandianalisissecarastatistikdengananovapadaprogramSPSSdandideskripsikanberdasarkanhasilanalisisstatistik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratakemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswayangdiajardenganmenggunakanLevelofInquiryberbantuananimasidinamislebihtinggidibandingkandenganLevelofInquiryberbantuananimasistatisdantanpamenggunakananimasi.Berdasarkankemampuanawalnyasiswayangmemilikikemampuanawaltinggimemilikirata-ratakemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepyanglebihtinggidibandingkandengansiswayangmemilikikemampuanawalrendah.Akantetapipadakelaskontrolsiswadengankemampuanawalyangrendahmemilikirata-ratapemahamankonsepyanglebihtinggidibandingkandengansiswayangmemilikikemampuanawaltinggi.