Pengaruh model level of inquiry berbantuan animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada materi asam basa ditinjau dari kemampuan awal siswa / Laili Nur Azizah
Main Author: | Azizah, Laili Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112055/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAzizahLailiN.2019.PengaruhModelLevelOfInquiryBerbantuanAnimasiterhadapKemampuanBerpikirKritisdanPemahamanKonseppadaMateriAsamBasaberdasarkanKemampuanAwalSiswa.Tesis.JurusanPendidikanKimia.ProramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MunzilS.PdM.Si.(2)Prof.Dr.FauziatulFajarohM.S.KataKunciLevelofInquirymediaAnimasiBerpikirKritisPemahamanKonsepBerpikirkritisdanpemahamankonsepsangatpentingdalamilmukimia.Melaluiprosesberpikirhasilpercobaanyangberupadatadanfaktadalamilmukimiadapatdisimpulkandandipertanggungjawabkanhasilnya.Pemahamankonsepterhadapmaterikimiameliputipemahamanyangmelibatkantigarepresentasikimiayaitumakroskopissimbolikdansubmikroskopik.Untukmeningkatkanpemahamankonsepdanberpikirkritisdapatdilakukandenganmodelpembelajaranyangsesuaidandenganbantuananimasiyangdapatmemperjelasketigarepresentasikimia.PembelajaranmeggunakanLevelofInquirydenganbantuananimasimerupakansalahsatumodelpembelajaranyangdidugadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepkarenadenganbantuananimasisiswadapatmemahamigambaransubmikroskpikyangtidakdapatdilihatdengankasatmata.PenelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruhmodelpembelajaanLevelofInquiryberbantuananimasiterhadapkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswapadamateriasambasaberdasarkankemampuanawalsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianeksperimensemu.RancananpenelitianeksperimensemudigunakanuntukmengujibagaimanapengaruhmodelpembelajaranLevelofInquirytanpamenggunakananimasiLevelofInquirydenganmenggunakananimasistatisdanLevelofInquirydenganmenggunakananimasidinamisterhadapkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswa.Animasistatisberupagambarpadapowerpointsedangkananimasidinamisberupavideo.Datapenelitianberupadatakemampuanbepikirkritisdanpemahamankonsepsiswayangdiukurdenganinstrumenkemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswa.DatapenelitiandianalisissecarastatistikdengananovapadaprogramSPSSdandideskripsikanberdasarkanhasilanalisisstatistik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratakemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepsiswayangdiajardenganmenggunakanLevelofInquiryberbantuananimasidinamislebihtinggidibandingkandenganLevelofInquiryberbantuananimasistatisdantanpamenggunakananimasi.Berdasarkankemampuanawalnyasiswayangmemilikikemampuanawaltinggimemilikirata-ratakemampuanberpikirkritisdanpemahamankonsepyanglebihtinggidibandingkandengansiswayangmemilikikemampuanawalrendah.Akantetapipadakelaskontrolsiswadengankemampuanawalyangrendahmemilikirata-ratapemahamankonsepyanglebihtinggidibandingkandengansiswayangmemilikikemampuanawaltinggi.