Efektivitas diagram dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa pada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam ditinjau dari kemampuan awal / Ahmad Faishal Anshory
Main Author: | Anshory, Ahmad Faishal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/112052/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAnshoryAhmadFaishal.2018.EfektivitasDiagramIdalamPembelajaranInkuiriTerbimbingTerhadapPemahamanKonsepdanLiterasiSainsSiswapadaPokokBahasanSifatkeasamanlarutangaramDitinjaudariKemampuanAwal.TesisJurusanPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(2)Dr.H.SutrisnoM.Si.KatakuncidiagramIpembelajaraninkuiriterbimbingpemahamankonsepliterasisainssifatkeasamanlarutangaramkemampuanawalIlmukimiamerupakanpengetahuanmengenaikomposisisifatdanperubahanmateridarieksperimen.Konsepdalamilmukimiaharusberangkatdarikehidupansehari-hari.Salahsatukonsepkimiadalamkehidupansehari-hariadalahsifatkeasamanlarutangaram.Pembelajarankimiasebaiknyadiajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranyangtepatagarsiswadapatmenerimapelajarankimiadenganbaik.Salahsatumodelpembelajaranyangcocokadalahinkuiriterbimbing.Modelpembelajaraninkuiriterbimbingsesuaidenganpendekatansaintifiksehinggamembantusiswauntukmengkonstrukpengetahuannyasendiri.Pembelajaraninkuiriterbimbingsangatdianjurkanuntukmenggunakanbermacamalatbantuyangdapatmembantusiswamenghubungkankonsepdengankegiatanpraktikum.AlatbantuyangbisaditambahkanadalahDiagramIkarenadapatdipadukandalammodelinkuiriterbimbingyangterdapatkegiatanpraktikumnya.Langkah-langkahpadaDiagramImembantusiswauntukmenghubungkankegiatanpraktikumdenganteori.ModelpembelajaraninkuiriterbimbingdipadukandenganDiagramIdapatditerapkanpadapokokbahasansifatkeasamanlarutangaram.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitasmodelpembelajarandankemampuanawalsertainteraksinyaterhadappemahamankonsepdanliterasisainssiswapadapokokbahasansifatkeasamanlarutangaram.Rancanganpenelitiansemu(quasyexperimentaldesign)digunakanpadapenelitianinidenganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.Sampeldipilihmenggunakanteknikrandomsamplinguntukmemilihkelompokkontroldaneksperimen.Kelompokkontrolmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdalamkegiatanpembelajarannya.KelompokeksperimenmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdenganDiagramIdalamkegiatanpembelajarannya.KegiatanpembelajaranmenggunakaninstrumenpembelajaranyaituRPPdanLKS.Setelahkegiatanpembelajaranselesaisiswadiujimenggunakaninstrumenpengukuranberupasoaltespemahamankonsepdanliterasisains.HasilpemahamankonsepdanliterasisainssiswadilakukanujistatistikdenganbantuanprogramSPSS21.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pemahamankonsepsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandingmodelinkuiriterbimbing(2)literasisainssiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandingmodelinkuiriterbimbing(3)pemahamankonsepsiswadengankemampuanawaltinggidanrendahyangdibelajarkanmenggunakaninkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandinginkuiriterbimbing(4)literasisainssiswadengankemampuanawaltinggidanrendahyangdibelajarkanmenggunakaninkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandinginkuiriterbimbing(5)tidakadainteraksiantarakemampuanawaldenganmodelpembelajaranterhadappemahamankonsepsiswa(6)tidakadainteraksiantarakemampuanawaldenganmodelpembelajaranterhadapliterasisainssiswa.