Efektivitas diagram dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan literasi sains siswa pada pokok bahasan sifat keasaman larutan garam ditinjau dari kemampuan awal / Ahmad Faishal Anshory

Main Author: Anshory, Ahmad Faishal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/112052/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAnshoryAhmadFaishal.2018.EfektivitasDiagramIdalamPembelajaranInkuiriTerbimbingTerhadapPemahamanKonsepdanLiterasiSainsSiswapadaPokokBahasanSifatkeasamanlarutangaramDitinjaudariKemampuanAwal.TesisJurusanPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(2)Dr.H.SutrisnoM.Si.KatakuncidiagramIpembelajaraninkuiriterbimbingpemahamankonsepliterasisainssifatkeasamanlarutangaramkemampuanawalIlmukimiamerupakanpengetahuanmengenaikomposisisifatdanperubahanmateridarieksperimen.Konsepdalamilmukimiaharusberangkatdarikehidupansehari-hari.Salahsatukonsepkimiadalamkehidupansehari-hariadalahsifatkeasamanlarutangaram.Pembelajarankimiasebaiknyadiajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranyangtepatagarsiswadapatmenerimapelajarankimiadenganbaik.Salahsatumodelpembelajaranyangcocokadalahinkuiriterbimbing.Modelpembelajaraninkuiriterbimbingsesuaidenganpendekatansaintifiksehinggamembantusiswauntukmengkonstrukpengetahuannyasendiri.Pembelajaraninkuiriterbimbingsangatdianjurkanuntukmenggunakanbermacamalatbantuyangdapatmembantusiswamenghubungkankonsepdengankegiatanpraktikum.AlatbantuyangbisaditambahkanadalahDiagramIkarenadapatdipadukandalammodelinkuiriterbimbingyangterdapatkegiatanpraktikumnya.Langkah-langkahpadaDiagramImembantusiswauntukmenghubungkankegiatanpraktikumdenganteori.ModelpembelajaraninkuiriterbimbingdipadukandenganDiagramIdapatditerapkanpadapokokbahasansifatkeasamanlarutangaram.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitasmodelpembelajarandankemampuanawalsertainteraksinyaterhadappemahamankonsepdanliterasisainssiswapadapokokbahasansifatkeasamanlarutangaram.Rancanganpenelitiansemu(quasyexperimentaldesign)digunakanpadapenelitianinidenganmodelposttestonlycontrolgroupdesign.Sampeldipilihmenggunakanteknikrandomsamplinguntukmemilihkelompokkontroldaneksperimen.Kelompokkontrolmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdalamkegiatanpembelajarannya.KelompokeksperimenmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdenganDiagramIdalamkegiatanpembelajarannya.KegiatanpembelajaranmenggunakaninstrumenpembelajaranyaituRPPdanLKS.Setelahkegiatanpembelajaranselesaisiswadiujimenggunakaninstrumenpengukuranberupasoaltespemahamankonsepdanliterasisains.HasilpemahamankonsepdanliterasisainssiswadilakukanujistatistikdenganbantuanprogramSPSS21.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pemahamankonsepsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandingmodelinkuiriterbimbing(2)literasisainssiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelinkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandingmodelinkuiriterbimbing(3)pemahamankonsepsiswadengankemampuanawaltinggidanrendahyangdibelajarkanmenggunakaninkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandinginkuiriterbimbing(4)literasisainssiswadengankemampuanawaltinggidanrendahyangdibelajarkanmenggunakaninkuiriterbimbingdenganDiagramIlebihefektifdibandinginkuiriterbimbing(5)tidakadainteraksiantarakemampuanawaldenganmodelpembelajaranterhadappemahamankonsepsiswa(6)tidakadainteraksiantarakemampuanawaldenganmodelpembelajaranterhadapliterasisainssiswa.