Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy siswa dengan authentic learning berbasis inquiry untuk program STEM pada materi impuls momentum / Endyana Gandari Putri

Main Author: Putri, Endyana Gandari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/111771/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPutriEndyanaGandari.2019.EksplorasiKemampuanPemecahanMasalahdanScientificLiteracySiswadenganAuthenticLearningBerbasisInquiryuntukProgramSTEMpadaMateriImpulsMomentum.Tesis.ProgramStudiMagisterPendidikanFisikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(2)Dr.AhmadTaufiqM.Si.KataKuncikemampuanpemecahanmasalahscientificliteracyauthenticlearningbebasisinquiryuntukprogramSTEMKemampuanpemecahanmasalahdanscientificliteracymerupakansuatuhalyangfundamentalpadapembelajaransains.Beberapahasilpenelitianmengungkapkanbahwasiswamasihmengalamikesulitanuntukmenyelesaikanpermasalahanpadamateriimpulsmomentum.Pendekatanpembelajaranyangmampumeningkatkankemampuanpemecahanmasalahdanscientificliteracyuntukmengatasikesulitan-kesulitansiswadalammenyelesaikanpermasalahanadalahAuthenticlearningberbasisinquiryuntukprogramSTEM.PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasikemampuanpemecahanmasalahdanscientificliteracysiswamelaluiAuthenticlearningberbasisinquiryuntukprogramSTEMpadamateriimpulsmomentum.Rancanganpenelitianiniadalahmixedmethoddenganmenggunakandesainembeddedexperimental.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXMIPA7SMADU-2Jombangtahunpelajaran2018/2019sebanyak32siswa.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanyangterdiridarisilabusdanRPPsertainsrumenpengukuranyangterdiridari3soalesayuntukmengukurkemampuanpemecahanmasalahdan5soalesayuntukmengukurscientificliteracysiswasertalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran.AnalisisdatakuantitatifmenggunakanujitberpasanganuntukmengetahuiperbedaanskorpretestdanposttestN-Gainuntukmengetahuipeningkatanskorsiswadand-effectsizeuntukmengetahuiseberapabesarefekpembelajaranterhadapkenaikanskorsiswasedangkananalisisdatakualitatifdilakukandenganreduksidatacodinginterpretasidanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanskorpretestdanposttestkemampuanpemecahanmasalahdanscientificliteracysiswadengannilaisignifikansipadaujitberpasanganyaitu000005.Kemampuanpemecahanmasalahsiswamengalamipeningkatandengannilaigainsebesar0498yangtermasukdalamkategorisedangsertanilaid-effectsizesebesar3293yangtergolongkuat.Sebesar54%siswamengalamiperubahankemampuanpemecahanmasalahdarinovicemenjadimendekatiexpertsedangkan46%siswamasihberadapadakategorinovicehalinidisebabkankarenasiswatidakmenyelesaikanpermasalahansesuaidenganlangkahpemecahanmasalahyangberlakupadapenelitianini.Scientificliteracysiswamengalamipeningkatandengannilaigainsebesar0401yangtermasukpadakategorisedangsertanilaid-effectsizesebesar268yangtermasukpadakategorikuat.Sebagianbesarsiswamasihberadapadakategoriilliteracydannominalpadasaatpretestsedangkanpadaposttesttingkatscientificliteracyberubahmenjadikategorifunctionaldanconceptualdimanasiswatelahmampumenginterpretasikaninformasiilmiahyangdidapatuntukmenyelesaikanpermasalah-permasalahandalamkehidupansehari-hari.