Pemanfaatan internet untuk pembelajaran qiro'ah muwassa'ah I Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Nuril Mufidah

Main Author: Nuril Mufidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Online Access: http://repository.um.ac.id/11132/
Daftar Isi:
  • Pemanfaataninternetuntukpendidikanmerupakankonsekuensilogisdariperkembanganteknologiinternetyangpesat.E-Learningadalahsalahsaturevolusidibidangpendidikanberbasisteknologiinternet.E-Learningdapatdijadikanalternatifbagipengembangansistempendidikanyanglebihefektifdanefisiendenganbiayalebihrendahdimasamendatang.PemanfaataninternetdiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalangdalammatakuliahQiroahMuwassaahI(MembacaEkstensifI)adalahupayapewujudankebermaknaandalampembelajaransekaliguspengembanganpengetahuanmahasiswaterhadapteknologiinformasi.PenelitianinidilaksanakandiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang(JSAFSUM)padamatakuliahQiroahMuwassaahI.PemilihanJSAFSUMatasduapertimbanganberdasarkanhasilobservasi(1)UniversitasNegeriMalangsedangberupayamenujukampusdigitaldan(2)selamainidiJSAFSUMbelumpernahdilakukanpenelitiantentangpenggunaaninternetdalampeningkatankemahiranmembacamahasiswa.TujuandiadakannyapenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpemanfaataninternetuntukmatakuliahQiroahMuwassaahIJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalangyangmeliputiperencanaanpembelajaranQiroahMuwassaahIberbasisinternetpelaksanaanpembelajarannyadandampaknya.Jenispenelitianyangdilaksanakanadalahpenelitiankualitatif.Rancanganpenelitianyangdilaksanakanadalahrancanganpenelitiantindakankelas.LokasipenelitianadalahJSAFSUMdenganmahasiswayangmenempuhmatakuliahQiroahMuwassaahIpadasemestergasal2007/2008sebagaisubjekpenelitian.Tahap-tahappenelitianmeliputi(1)studipendahuluan(2)perencanaantindakan(3)pelaksanaantindakandanpengamatanserta(4)refleksi.Objekpenelitianiniadalahsituse-learningJSAFSUMdenganalamatjsa-fsum.tkatauwww.jsafsum.bravehost.comdanmateriyangdiambilmahasiswadariinternet.Datadalampenelitianiniterdapatduamacamyaitudataprosesdandatahasil.Dalampenelitianinidigunakanteknikpengumpulandatayaitu(1)wawancara(2)observasidan(3)dokumentasi.Dalampenelitianinipenelitibertindaksebagaiinstrumenutama.Datadalampenelitianinidianalisissecaradeskriptifdandimulaisejakpengumpulandatasampaipenyusunanlaporan.Keabsahandatadalampenelitianinidiperiksamelaluitrianggulasiyaitumembandingkanhasilwawancaraobservasidandokumentasi.Hasildaripenelitianiniadalah(1)perencanaanpembelajaranQiroahMuwassaahIberbasisinternetdiJSAFSUMyaitumenetapkanpembelajaraniibervariasi(tatapmukadaninternet)danpenambahantugasbebasdalampelaksanaanpembelajarantidaktatapmuka(internet)(2)pelaksanaanpembelajaranQiroahMuwassaahIberbasisinternetdiJSAFSUMbervariasi(tatapmukadaninternet).Mahasiswadimintauntukmenerjemahkanteksmateritertentuperparagrafdanmenuliskosakatabaru.Selainitumahasiswadimintauntukmeringkas.Padapertemuantatapmukamahasiswaberkesempatanuntukpresentasi.AdapunkendaladitimbulkanolehkecanggunganmahasiswadalampengoperasianinternetdankurangnyapemahamanterhadapkosakatadanistilahbarudalamteksberbahasaArabyangbersifatkekinian(3)dampakpembelajaranQiroahMuwassaahIberbasisinternetdiJSAFSUMmenggiatkanmahasiswamemahamitekskekinian.Materibacaanmahasiswaberagamlebihdariituplagiattugaskakaktingkatdapatdihindari.Mahasiswajugalebihseriusmempersiapkandiriuntukmengikutiperkuliahan.SelainitukualitaspemahamanmahasiswaterbantudenganpenggunaanbahasaArabsekaligusbahasaIndonesiadalampengungkapankembaliisibacaan.DisarankanbagiJSAFSUMmenyediakanlayananinternetyangmemadai.Dosenpengajardisarankanuntuklebihmemaksimalkanpemanfaataninternetkhususnyasituse-learningJSAFSUM(denganalamatjsa-fsum.tkatauwww.jsa-fsum.bravehost.com)agarmahasiswasemakinmantapdalampenguasaaninternetdanpembelajaranlebihvariatifsertamenarik.