Using comic strips to improve the recount writing ability of eighth graders in SMPN 21 Malang /Anggun Angel Rosalina G.S

Main Author: Rosaline GS, Anggun Angel
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/11112/
Daftar Isi:
  • KataKuncimenuliskomikstrip.KetrampilanmenulismerupakansalahsatuketerampilanyangtergolongsulitterutamabagisiswaSekolahMenengahPertama.BerdasarkanhasilPengamatanPendahuluandikelas8diSMPN21Malangsiswamengalamibeberapamasalahpadakegiatanmenulis.Hasildaripengamatanpendahuluantersebutdiketahuibahwatingkatkemampuanmenulissiswaberadapadatingkatfair.HalinidikarenakanolehkegiatanbelajarmengajaryangmonotondanrendahnyamotivasisiswapadapelajaranBahasaInggristerutamakegiatanmenulis.Pengaplikasiankomikstripsdipilihuntukmengatasimasalahsiswadalamkegiatanmenulis.PenelitianinimengadopsidesainPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Empatpertemuanpadasiklus1danlimapertemuanpadasiklus2.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII.1SMPN21Malangtahunajaran2010/2011.Fokuspadapenelitianiniadalahnilaimenulissiswadanperilakusiswapadasaatpengaplikasiankomikstrips.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahrubrikpenilaianmenuliscatatanlapanganceklispengamatanpanduanwawancaradankuisioner.Datayangdiperolehdianalisamelaluimetodekualitatifdiinterpretasikanberdasarkankriteriakesuksesandandisajikansecaradeskriptif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengaplikasiankomikstripspadakegiatanmenulismencapaikriteriakesuksesan.Nilairataratakelaspadakegiatanmenulismeningkatdarisiklus1kesiklus2.Berdasarkannilairataratapadakegiatanmenulistingkatkemampuansiswadalamhalmenulismeningkatdaritingkatfairketingkatgood.Danbahkanadabeberapasiswayangmencapaitingkatexcellent.Mediayangdigunakandalampenelitianiniadalahkomikstrips.Berdasarkanhasilpadapenelitianinidisimpulkanbahwapengaplikasiankomikstripsdalamkegiatanmenulisdapatmeningkatkankemampuanmenulissiswadalamhalrelevansiisiorganisasidandiksi.Parasiswajugamenunjukkanperilakuyangpositifterhadappengaplikasiankomikstripspadakegiatanmenulis.DisampingitupengaplikasiankomikstripspadakegiatanmenulisjugamendapatkanresponyangbaikdarisiswamaupungurukelasBahasaInggris.DisarankankepadaguruBahasaInggrisuntukmenggunakankomikstripsuntukmeningkatkankemampuanmenulissiswa.SelainitupenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmenggunakankomikstripspadakelasyangberbedadanmenggunakangenreteksyangberbedauntukmengetahuiapakahstrategyinidapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuansiswadalambelajarbahasaInggris