Using comic strips to improve the recount writing ability of eighth graders in SMPN 21 Malang /Anggun Angel Rosalina G.S
Main Author: | Rosaline GS, Anggun Angel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11112/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimenuliskomikstrip.KetrampilanmenulismerupakansalahsatuketerampilanyangtergolongsulitterutamabagisiswaSekolahMenengahPertama.BerdasarkanhasilPengamatanPendahuluandikelas8diSMPN21Malangsiswamengalamibeberapamasalahpadakegiatanmenulis.Hasildaripengamatanpendahuluantersebutdiketahuibahwatingkatkemampuanmenulissiswaberadapadatingkatfair.HalinidikarenakanolehkegiatanbelajarmengajaryangmonotondanrendahnyamotivasisiswapadapelajaranBahasaInggristerutamakegiatanmenulis.Pengaplikasiankomikstripsdipilihuntukmengatasimasalahsiswadalamkegiatanmenulis.PenelitianinimengadopsidesainPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Empatpertemuanpadasiklus1danlimapertemuanpadasiklus2.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII.1SMPN21Malangtahunajaran2010/2011.Fokuspadapenelitianiniadalahnilaimenulissiswadanperilakusiswapadasaatpengaplikasiankomikstrips.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahrubrikpenilaianmenuliscatatanlapanganceklispengamatanpanduanwawancaradankuisioner.Datayangdiperolehdianalisamelaluimetodekualitatifdiinterpretasikanberdasarkankriteriakesuksesandandisajikansecaradeskriptif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengaplikasiankomikstripspadakegiatanmenulismencapaikriteriakesuksesan.Nilairataratakelaspadakegiatanmenulismeningkatdarisiklus1kesiklus2.Berdasarkannilairataratapadakegiatanmenulistingkatkemampuansiswadalamhalmenulismeningkatdaritingkatfairketingkatgood.Danbahkanadabeberapasiswayangmencapaitingkatexcellent.Mediayangdigunakandalampenelitianiniadalahkomikstrips.Berdasarkanhasilpadapenelitianinidisimpulkanbahwapengaplikasiankomikstripsdalamkegiatanmenulisdapatmeningkatkankemampuanmenulissiswadalamhalrelevansiisiorganisasidandiksi.Parasiswajugamenunjukkanperilakuyangpositifterhadappengaplikasiankomikstripspadakegiatanmenulis.DisampingitupengaplikasiankomikstripspadakegiatanmenulisjugamendapatkanresponyangbaikdarisiswamaupungurukelasBahasaInggris.DisarankankepadaguruBahasaInggrisuntukmenggunakankomikstripsuntukmeningkatkankemampuanmenulissiswa.SelainitupenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmenggunakankomikstripspadakelasyangberbedadanmenggunakangenreteksyangberbedauntukmengetahuiapakahstrategyinidapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuansiswadalambelajarbahasaInggris