Penerapan strategi inkuiri sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Parepare / Sriyanti Mustafa
Main Author: | Sriyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/111073/ |
Daftar Isi:
- KatakunciStrategiInkuiriHasilBelajarMatematikaPembelajarandenganstrategiinkuirimenekankankepadaprosesmencaridanmenemukan.Prosesbelajarinidapatmembentukdanmengembangkankonsepdiripadasiswamengembangkanketerampilanintelektualberpikirkritisdanmemecahkanmasalah.Strategiinkuirimerupakanrangkaiankegiatanpembelajaranyangmenekankanpadaprosesberpikirkritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalah.Dalampembelajaranmatematikastrategiinkuirimemiliki3(tiga)karakteristikyaitu(1)partisipasi(2)investigasidan(3)konstruksipengetahuan.Partisipasimenekankansiswaterlibataktifdalampembelajaransiswatidaksekadarpasifmenerimatetapiikutberperanaktifdalamseluruhrangkaiankegiatanpembelajarandikelas.Investigasimerupakanprosespenyelidikanyangdilakukansiswaterhadapmasalahmatematikamengumpulkandata(materipendukung)danmendiskusikanhasilyangdiperoleh.Investigasidapatdilakukandengancarayangberbeda-beda.Konstruksipengetahuanmerupakankegiatanmembuatkonjekturmenganalisismasalahmatematikadanmelakukandiskusiide.Ketigakarakteristikinilahyangsecaraoperasionaldirumuskandalamlangkah-langkahstrategiinkuiriyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahlangkah-langkahstrategiinkuiriyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasXSMANegeri4Parepare.Penelitiandilaksanakandalam2(dua)siklus(PlanningActingObservingReflecting)dimanahasilbelajarmatematikasiswadikatakanmeningkatapabilapersentaseaktivitasbelajarsiswamengalamikemajuandarisatuSikluskeSiklusselanjutnyadanteshasilbelajarsiswasekurang-kurangnya85%darikeseluruhansiswamendapatkanskor880565.SumberdatadiperolehdariprosespembelajaranberupaaktivitasdanteshasilbelajarsiswakelasX1SMANegeri4Pareparesemesterganjiltahunpelajaran2009/2010.Untukmenggaliinformasisiswatentangstrategiinkuriyangditerapkandalampembelajaranmatematikamakadipilih3(tiga)orangsiswayangakandiwawancarai.AdapunperangkatpembelajaranyangdigunakanberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)sedangkaninstrumenpenunjangberupalembarobservasiaktivitassiswadangurulembartesdanlembarwawancara.Datayangdikumpulkanakandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisiskualitatif.DarihasilpenelitianpadaSiklusIpersentaseaktivitasbelajarsiswaberadapadakategoricukupyaitu7818%danpersentasehasiltesbelajarmatematikasiswasebesar4571%sedangkanpadaSiklusIIhasilbelajarmatematikasiswamengalamipeningkatanyaitupersentaseaktivitassiswaberadapadakategoribaikyaitu8727%danpersentaseteshasilbelajarsebesar9427%.Jadiaktivitassiswamengalamipeningkatansebesar909%danpeningkatanteshasilbelajarsebesar4858%.Dengandemikiandiperolehlangkah-langkahstrategiinkuiriyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasX1SMANegeri4Parepareyaitu(1)orientasi(2)merumuskanmasalah(3)mengumpulkandata(bahan/materipenunjang)membacadanmemahamisecaraakurat(4)Membuatkonjekturmenganalisisdanmenyajikanhasilnya(5)diskusi/komunikasiide(pengecekanulang)dan(6)membuatkesimpulan(pelaporanhasil).