Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII / Suci Wityastuti
Main Author: | Wityastuti, Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/111010/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWityastutiSuci.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikaMateriPersamaanLinearDuaVariabel(PLDV)denganPendekatanSaintifikuntukSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.P.d.M.Si.KatakunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikpersamaanlinearduavariabelPendekatansaintifik/ilmiahmenjadikansiswalebihaktifdalammengkonstruksipengetahuandanketerampilannya.Namunkeberhasilandankeefektifansuatuprosespembelajarantidaksemata-mataditentukanolehpendekatanyangdigunakan.Guruhendaknyamenyusunperangkatpembelajaransebelumkegiatanpembelajarandilakukan.Banyakperangkatpembelajaranyangdibuatmasihbelummengaktifkansiswa.Olehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranmateripersamaanlinearduavariabeldenganpendekatansaintifik.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)dengankegiatanmengamatimenanyamenggaliinformasimengasosiasimengomunikasi.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranmateripersamaanlinearduavariabeldenganpendekatansaintifikyangvalidpraktisdanefektif.Modelyangdigunakandalampengembanganperangkatpembelajarandenganmateripersamaanlinearduavariabel(PLDV)inimenggunakanmodelPlomp.MenurutPlomp(dalamHobri201017)dalammengembangkanmediapembelajaranterdiridarilimafaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi.Dalampenelitianinidilakukantigaujicobaterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiridariujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada15orangsiswakelasVIIsebagaisubjekujicobayangdiamatiolehsatuorangpraktisidansatuorangobserver.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah353dan355(2)skorkepraktisanRPPdanLKSberturut-turutadalah3625dan365dan(3)persentasesiswayangmendapatkannilailebihdariatausamadengan75adalah933%padakuis1933%padakuis2933%padakuis3dan100%padakuis4.DengandemikianperangkatpembelajaranmateripersamaanlinearduavariabeldenganpendekatansaintifikuntukSMPkelasVIIImemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakankriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukanuntukpenyempurnaanprodukyangdikembangkan.