Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII / Suci Wityastuti

Main Author: Wityastuti, Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/111010/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWityastutiSuci.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikaMateriPersamaanLinearDuaVariabel(PLDV)denganPendekatanSaintifikuntukSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.P.d.M.Si.KatakunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikpersamaanlinearduavariabelPendekatansaintifik/ilmiahmenjadikansiswalebihaktifdalammengkonstruksipengetahuandanketerampilannya.Namunkeberhasilandankeefektifansuatuprosespembelajarantidaksemata-mataditentukanolehpendekatanyangdigunakan.Guruhendaknyamenyusunperangkatpembelajaransebelumkegiatanpembelajarandilakukan.Banyakperangkatpembelajaranyangdibuatmasihbelummengaktifkansiswa.Olehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanperangkatpembelajaranmateripersamaanlinearduavariabeldenganpendekatansaintifik.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)dengankegiatanmengamatimenanyamenggaliinformasimengasosiasimengomunikasi.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranmateripersamaanlinearduavariabeldenganpendekatansaintifikyangvalidpraktisdanefektif.Modelyangdigunakandalampengembanganperangkatpembelajarandenganmateripersamaanlinearduavariabel(PLDV)inimenggunakanmodelPlomp.MenurutPlomp(dalamHobri201017)dalammengembangkanmediapembelajaranterdiridarilimafaseyaitu(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisi.Dalampenelitianinidilakukantigaujicobaterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiridariujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada15orangsiswakelasVIIsebagaisubjekujicobayangdiamatiolehsatuorangpraktisidansatuorangobserver.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah353dan355(2)skorkepraktisanRPPdanLKSberturut-turutadalah3625dan365dan(3)persentasesiswayangmendapatkannilailebihdariatausamadengan75adalah933%padakuis1933%padakuis2933%padakuis3dan100%padakuis4.DengandemikianperangkatpembelajaranmateripersamaanlinearduavariabeldenganpendekatansaintifikuntukSMPkelasVIIImemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakankriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukanuntukpenyempurnaanprodukyangdikembangkan.