Using picture sequence to improve the eighth grader's ability writing narrative text at SMPN 21 Malang / Ermia Eka Mardina
Main Author: | Mardina, Ermia Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11101/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimenulispicturesequenceteksnaratifBahasaInggrisdianggapsebagaibahasayangpentingberdasarkanfaktabahwabahasaInggristelahmenjadibahasainternasional.OlehkarenaitubahasaInggrisharusdikembangkansecaraluasdandigunakandalamkehidupansehari-hari.DenganmempertimbangkanpentingnyabahasaInggrispemerintahIndonesiaakhirnyamenjadikanbahasaInggrissebagaimatapelajaranwajibpadasekolahmenengah.DalamhalinibahasaInggrisdiajarkansebagaibahasaasing.UntukberhasildalambelajarbahasaInggrispembelajarbahasaInggrisharusmenguasaiseluruhketerampilanberbahasamendengarkanmembacaberbicaradanmenulis.Darisemuaketerampilanberbahasatersebutmenulisdianggapsebagaiketerampilanyangpalingkompleksdibandingkanketigaketerampilanyanglain(mendengarkanmembacadanberbicara).Halinidikarenakansebagianbesarkesulitansiswadalamketerampilanberbahasaterletakpadaketerampilanmenulis.KesulitantersebutdialamiolehsiswaSMPN21MalangkhususnyadikelasVIII.4padasaatpenelitimelaksanakanstudiawalnya.Darihasiltulisansiswadiketahuibahwakurangdari50%atau21dari43siswamampumenghasilkantekstulisyangmencapailevel3ataulebihdarirentanganlevel1sampai4dalamaspekisipemilihankatadantatabahasaberdasarkankriteriakesuksesan.Kriteriakesuksesandianggaptercapaijika70%atau30dari43studentssiswamampumencapailevel3ataulebihdalamaspekisipemilihankatadantatabahasa.Level3dalamhalinidikategorikansebagaiskorkelulusanpadahasiltulisan.Hasiltulisanmerekamenunjukkanbahwa18.6%ataudelapandari43siswamencapailevel3padaaspekisi2.3%atausatudari43siswamencapailevel3padaaspekpemilihankatadantidakadasatupunsiswayangmencapailevel3padaaspektatabahasa.Tulisanmerekajugamenunjukkanbahwasiswamengalamikesulitandalammengembangkanide-idekedalambentuktekstulis.Selainitukurangdari70%atau30dari43siswamenunjukkankeaktifanmerekadalambertanyadanmenjawabpertanyaanpadasaatprosesbelajardanmengajardilaksanakan.Sebagianbesarsiswatampakbosandantidakmemperhatikanpenjelasandaninstruksidariguru.Olehkarenaitupenggunaanpicturesequenceditujukanuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksnaratif.Penggunaanpicturesequencedipilihsebagaimediauntukmenstimulasikemampuansiswamengembangkanideidedalammengarangteksnaratifdanjugameningkatkanisipemilihankatadantatabahasa.Picturesequencemerupakanmediayangmenarikdantidakmembuatbosan.viStudiinidilaksanakandenganmenggunakanPenelitianTindakanKelasKolaboratif.PenelitidibantuolehgurubahasaInggrisyangberperansebagaikolaborator.SebagaikolaboratorgurubahasaInggristersebutbertugasmengobservasipelaksanaanbelajardanmengajarsertamembantupenelitimerancangrencanapengembanganpembelajarandanmenentukankriteriakesuksesan.Kriteriakesuksesandiperolehapabila70%atau30dari43tulisansiswamencapailevel3dalamaspekisipemilihankatadantatabahasadanapabilapartisipasisiswamencapaiskala3atau21-30siswadari43siswaaktifdalammemberikanpendapatmemperhatikanpenjelasandaninstruksigurusegeramengerjakantugasdanmengumpulkandrafttepatwaktu.Skala3dianggapsebagaiskalakelulusandarirentanganskala1sampai4untukkeaktifanpartisipasisiswa.Studiinidilaksanakandalamduasiklusdantiapsiklusterdiridariempattingkatanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasitindakandanrefleksiterhadaphasilobservasi.Subyekstudiiniadalah43siswakelasVIII.4SMPNegeri21Malangtahunakademik2010/2011.Datayangdiambilberupaperilakusiswapadasaatpelaksanaanbelajardanmengajarsertahasiltulisansiswa.Datatersebutdiperolehdenganmenggunakanpanduanwawancarakuesionerdaftarpengamatandancatatanlapangan.KriteriakesuksesanberhasildiperolehsetelahSiklus2dilaksanakan.PadastudiinikriteriakesuksesanditentukanolehpenelitidengandibantuolehgurubahasaInggris.Kriteriakesuksesantersebutdiformulasikanberdasarkan(SKMStandarKetuntasanMinimal)yangdigunakandiSMPN21Malang.PadaaspekprodukterdapatsejumlahpeningkatanyangditunjukkanpadaaspekisipemilihankatadantatabahasayangdiperolehdaristudipendahuluanhinggaSiklus2.27.9%atau12dari43siswamencapailevel4dan72.1%atau32dari43siswamencapailevel3padaaspekisi27.9%atau12dari43siswamencapailevel4dan72.1%31dari43siswamencapailevel3padaaspekpemilihankatadan20.1%atau9dari43siswamencapailevel4dan55.8%atau24dari43siswamencapailevel3.Sejumlahpeningkatanjugaditunjukkanpadaperilakusiswapadaprosesbelajardanmengajar.100%atau43dari43siswaberperanaktifdalamprosesbelajardanmengajardenganmemberikankomenmemperhatikanpenjelasandaninstruksigurusegeramengerjakantugasdanmengumpulkandrafttepatwaktu.BerdasarkanhasilstudiinidisarankankepadagurubahasaInggrisSMPN21Malanguntukmenggunakanpicturesequencesebagaimediauntukmenstimulasisiswamengembangkanide-ideuntukmenulisnaratiftext.UntukgurubahasaInggrispadaumumnyadisarankansupayahasilstudiinidapatdigunakansebagaireferensimeningkatkankemampuansiswadalammenulisnaratifkhususnyadalammenjelaskankonsep-konsepnaratiftextdenganmenggunakanpicturesequencesebagaimedia.Dengananggapanbahwapicturesequencedapatmeningkatkankemampuanberbicarasepertihalnyakemampuanmenulishasilstudiinidisarankanuntukdigunakanolehpenelitiselanjutnyasebagaireferensiuntukmelakukanstudilebihlanjutdenganmenggunakanmediayangsamauntukketerampilanberbicara.