Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika FKIP Universitas Riau pada materi matriks / Rani Martalisa Taorina

Main Author: Taorina, Rani Martalisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/111002/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANTaorinaRaniMartalisa.2018.ProfilPedagogicalContentKnowledge(PCK)MahasiswaCalonGuruMatematikaFKIPUniversitasRiaupadaMateriMatriks.TesisProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TjangDanielChandraM.Si.Ph.D(II)Dr.SisworoM.Si.KataKunciPedagogicalContentKnowledge(PCK)CalongurumatematikaMatriksPedagogicalContentKnowledge(PCK)merupakanperpaduanantarapengetahuankontendanpengetahuanpedagogis.PCKmerupakanpengetahuantentangcaramenyampaikanmateritertentudengancaratertentuagarmateritersebutmudahdipahamiolehsiswa.BerbagaipenelitiandanpengembangantidakmenetapkandefenisiyanguniversaluntukmenjelaskanPCKnamunkonsep-konsepmengenaiPCKterusberkembangdanmemilikidimensipenekananyangberbeda-beda.DalampenelitianiniPCKdidefenisikansebagaipengetahuankhususyangharusdimilikigurutentangcaramembelajarkansuatumaterisehinggadapatdipahamiolehsiswatermasuktentangcaramelihatdanmengatasimiskonsepsi-miskonsepsiyangdialamisiswadalampembelajaran.PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganpendekatanstudikasusyangbertujuanuntukmengetahuiprofilPedagogicalContentKnowledge(PCK)mahasiswacalongurumatematikaFKIPUniversitasRiaupadamateriMatriks.ProfilPCKdalampenelitianinidilihatberdasarkanlevelPCKmahasiswayangdikategorikandalamtigalevelyaitulevel1(PCKrendah)level2(PCKsedang)danlevel3(PCKtinggi).SubjekdalampenelitianiniadalahempatmahasiswasemestertujuhpendidikanmatematikaFKIPUniversitasRiauyaitusatusubjekdenganPCKtinggi(S1)satusubjekdenganPCKsedangatas(S2)satusubjekdenganPCKsedangbawah(S3)dansatusubjekdenganPCKrendah(S4).InstrumendalampenelitianinimenggunakaninstrumenVignettedaninstrumenCoRedenganmaterimatriksdankemudiandianalisismenggunakanrubrikindikatorlevelPCKyangsudahdivalidasi.Berdasarkantemuandananalisisdatadapatdiperoleh(1)SubjekdenganPCKtinggi(S1)memilikipengetahuankontenyangbaikdanpengetahuanpedagogikyangsangatbaiksehinggamampumembentukkonseptualisasipembelajaranyangjelasuntukmembelajarkanmaterimatriks.NamunpadaS1adaditemukanmiskonsepsi.Aspekanalisismiskonsepsisiswaaspekpertimbanganpemilihankonsepaspekidentifikasipengetahuanawaldankemungkinankesulitansiswadanaspekpertimbanganpengelolaanpembelajaranberadapadalevel2sedangkanaspekidentifikasiidebesarkonsepaspekpenentuankedalamandankeluasanmaterisertaaspekasesmenberadapadalevel3(2)SubjekdenganPCKsedangatas(S2)memilikipengetahuankontenyangsangatbaikdanpengetahuanpedagogikyangbaiknamunmasihbelumsepenuhnyamampumengkonseptualisasipembelajarantiappokokkonsepmaterimatriks.Aspekidentifikasipengetahuanawaldankemungkinankesulitanbelajarberadapadalevel1aspekasesmenberadapadalevel2sedangkanaspekanalisismiskonsepsisiswaaspekidentifikasiidebesarkonsepaspekpertimbanganpemilihankonsepaspekvipenentuankedalamandankeluasanmateriaspekpertimbanganpengelolaanpembelajaranberadapadalevel3(3)SubjekdenganPCKsedangbawah(S3)memilikipengetahuankontendanpengetahuanpedagogikpadamaterimatriksyangcukupbaiknamunmasihmengalamimiskonsepsi.Aspekpenentuankedalamandankeluasanmateriberadapadalevel1sedangkanaspekanalisismiskonsepsisiswaaspekidentifikasiidebesarkonsepaspekpertimbanganpemilihankonsepaspekidentifikasipengetahuanawaldankemungkinankesulitanbelajaraspekpertimbanganpengelolaanpembelajarandanaspekasesmenberadapadalevel2(4)SubjekdenganPCKrendah(S4)memilikipengetahuankontenyangrendahbahkanbanyakmengalamimiskonsepsipadamaterimatriks.S4jugamemilikipengetahuanpedagogikyangrendahsehinggabentukkonseptualisasitiappokokbahasanmaterimatriksmasihsangatterbatas.Aspekpertimbanganpemilihankonsepaspekpenentuankedalamandankeluasanmateriaspekpertimbanganpengelolaanpembelajarandanaspekasesmenberadapadalevel1sedangkanaspekanalisismiskonsepsisiswaaspekidentifikasiidebesarkonsepdanaspekidentifikasipengetahuanawaldankemungkinankesulitanbelajarberadapadalevel2.