Defragmenting struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen / Fitri Kumalasari
Main Author: | Kumalasari, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/110668/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKumalasariF.2016.DefragmentingStrukturBerpikirSiswadalamMenyelesaikanMasalahPertidaksamaanEksponen.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.(2)Prof.Dr.CholisSadijahM.PdM.A.KatakunciDefragmentingStrukturBerpikirMasalahPertidaksamaanEksponen.Sebagianbesarsiswamasihbanyakmengalamikesalahandalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponenyangdisebabkankarenabelumadanyakesesuaianantarastrukturberpikirdenganmasalahyangdihadapi.Salahsatucarayangdapatdilakukanuntukmengatasihaltersebutadalahdenganmelakukandefragmentingstrukturberpikiruntukmemperbaikistrukturberpikirsiswamenjadistrukturberpikiryangbenardalammenyelesaikanmasalahmatematikakhususnyapertidaksamaaneksponen.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandefragmentingstrukturberpikirsiswadalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponen.PenelitianinidilakukanpadaSiswakelasXSMAN6Malangyangtelahmenempuhmateripertidaksamaaneksponen.Siswadiberiduamasalahyangberkaitandenganpertidaksamaaneksponen.Subjekpenelitiandipilihdengandenganmempertimbangkankesalahanproseduralyangdilakukansiswaketikamenyelesaikanmasalahsertakemampuankomunikasiyangbaikagarpengungkapanprosesberpikirdapatdilakukandenganbaik.Kesalahanstrukturberpikirsiswaditelusuridarihasilthinkoutloudsiswaselamaprosespenyelesaianmasalahpertidaksamaaneksponen.Datayangdiperolehkemudiandikodekandandijadikandasaruntukmenggambarkanprosesdefragmentingyangdilakukan.Darihasilpenelitianditemukanbahwadalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponensiswadapatdikategorikankedalamtigakelompokyaitukelompokdengantingkatkesalahanrendahkelompokdengantingkatkesalahansedangdankelompokdengantingkatkesalahantinggi.Defragmentingyangdiberikanpenelitikepadasiswadengantingkatkesalahanrendahcukupdenganmemberikandisequlibrasidanscaffolding.Sedangkanuntuksiswadengantingkatkesalahansedangdantinggidefragmentingyangdilakukanpenelitiadalahdenganmemberikandisequilibrasiconflictcognitivedanscaffolding.Pemberiandefragmentingpadasiswadengantingkatkesalahantinggicenderunglebihlamayaitudenganmemberikandisequilibrasiconflictcognitivedanscaffoldingberberapakaliuntukmembantusiswamemperbaikikesalahannyadalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponen.