Defragmenting struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan eksponen / Fitri Kumalasari

Main Author: Kumalasari, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/110668/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKumalasariF.2016.DefragmentingStrukturBerpikirSiswadalamMenyelesaikanMasalahPertidaksamaanEksponen.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.(2)Prof.Dr.CholisSadijahM.PdM.A.KatakunciDefragmentingStrukturBerpikirMasalahPertidaksamaanEksponen.Sebagianbesarsiswamasihbanyakmengalamikesalahandalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponenyangdisebabkankarenabelumadanyakesesuaianantarastrukturberpikirdenganmasalahyangdihadapi.Salahsatucarayangdapatdilakukanuntukmengatasihaltersebutadalahdenganmelakukandefragmentingstrukturberpikiruntukmemperbaikistrukturberpikirsiswamenjadistrukturberpikiryangbenardalammenyelesaikanmasalahmatematikakhususnyapertidaksamaaneksponen.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandefragmentingstrukturberpikirsiswadalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponen.PenelitianinidilakukanpadaSiswakelasXSMAN6Malangyangtelahmenempuhmateripertidaksamaaneksponen.Siswadiberiduamasalahyangberkaitandenganpertidaksamaaneksponen.Subjekpenelitiandipilihdengandenganmempertimbangkankesalahanproseduralyangdilakukansiswaketikamenyelesaikanmasalahsertakemampuankomunikasiyangbaikagarpengungkapanprosesberpikirdapatdilakukandenganbaik.Kesalahanstrukturberpikirsiswaditelusuridarihasilthinkoutloudsiswaselamaprosespenyelesaianmasalahpertidaksamaaneksponen.Datayangdiperolehkemudiandikodekandandijadikandasaruntukmenggambarkanprosesdefragmentingyangdilakukan.Darihasilpenelitianditemukanbahwadalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponensiswadapatdikategorikankedalamtigakelompokyaitukelompokdengantingkatkesalahanrendahkelompokdengantingkatkesalahansedangdankelompokdengantingkatkesalahantinggi.Defragmentingyangdiberikanpenelitikepadasiswadengantingkatkesalahanrendahcukupdenganmemberikandisequlibrasidanscaffolding.Sedangkanuntuksiswadengantingkatkesalahansedangdantinggidefragmentingyangdilakukanpenelitiadalahdenganmemberikandisequilibrasiconflictcognitivedanscaffolding.Pemberiandefragmentingpadasiswadengantingkatkesalahantinggicenderunglebihlamayaitudenganmemberikandisequilibrasiconflictcognitivedanscaffoldingberberapakaliuntukmembantusiswamemperbaikikesalahannyadalammenyelesaikanmasalahpertidaksamaaneksponen.