Peningkatan level berpikir aljabar siswa berdasarkan taksonomi solo pada materi persamaan linier melalui pemberian scaffolding / Anis Farida Jamil

Main Author: Jamil, Anis Farida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/110628/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKJamilAnisFarida.2015.PeningkatanLevelBerpikirAljabarSiswaBerdasarkanTaksonomiSOLOPadaMateriPersamaanLinierMelaluiPemberianScaffolding.TesisJurusanPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.PurwantoPh.D(II)Prof.Dr.CholisSadijahM.Pd.M.AKataKunciLevelBerpikirAljabarTaksonomiSOLOScaffolding.Padasetiaptingkatansiswaumumnyamengalamikesulitandalambelajarmatematikadansalahsatumateriyangdirasakansulitolehsiswasekolahmenengahpertamaadalahmaterialjabar.Padakurikulum2013kompetensidasaryangharusdikuasaisiswabanyakmengenaikemampuanaljabar.Untukmencapaikompetensiinidiperlukankemampuanberpikiraljabar.Olehkarenaituberpikiraljabardibutuhkanagarpemahamanaljabarsiswadapatmeningkat.SalahsatuteoriyangmembahasmengenaiberpikiraljabarsiswaadalahtaksonomiSOLO.TaksonomiSOLOmengklasifikasikanlevelberpikiraljabarsiswameliputi4tingkatanyaitu(1)unistruktural(unistructural)(2)multistruktural(multistructural)(3)relasional(relational)dan(4)abstrakyangdiperluas(extendedabstract).HasilobservasiawaldiSMPMuhammadiyah1Malangmenunjukkanbahwalevelberpikiraljabarsiswamasihrendah.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlevelberpikiraljabarsiswaberdasarkantaksonomiSOLOpadamateripersamaanlinierselanjutnyapemberianscaffoldingkepadasiswauntukmeningkatkanlevelberpikiraljabarsiswa.JenispenelitianyangdilakukandiSMPMuhammadiyah1Malanginiadalahpenelitianstudikasus.Subjekpenelitianadalah6siswakelasVIIIyangsudahmempelajarimateripersamaanlinierdenganrincian2siswadenganlevelberpikiraljabarunistructural(level1)2siswadenganlevelberpikiraljabarmultistructural(level2)dan2siswadenganlevelberpikiraljabarrelational(level3).Siswadiberikantestertulis1yangberisipermasalahanaljabarmateripersamaanlinier.Testertulis1disusunberdasarkansuperitemtestberdasarkantaksonomiSOLO.Superitemtestmerupakanalatasesmenkuatyangdapatmengukurlevelberpikiraljabarsiswa.DarihasilpekerjaansiswatersebutpenelitimendeskripsikanlevelberpikiraljabarsiswaberdasarkantaksonomiSOLOkemudianmemberikanscaffoldinguntukmembantusiswamenyelesaikanmasalahtestertulis1tersebut.Setelahpemberianscaffoldingsiswadiberikantestertulis2untukmelihatapakahsiswamengalamipeningkatanlevelberpikiraljabarberdasarkantaksonomiSOLO.Hasilpenelitianinilevelberpikiraljabarsiswamengalamipeningkatansetelahpemberianscaffoldingpadatestertulis1dariduasiswadenganlevelberpikiraljabarunistructural(level1)satusiswadapatmeningkatmenjadimultistructural(level2)danlainnyameningkatmenjadirelational(level3).Dariduasiswadenganlevelberpikiraljabarmultistructural(level2)dapatmeningkatmenjadiextendedabstract(level4)sedangkanduasiswadenganlevelberpikiraljabarrelational(level3)dapatmeningkatmenjadiextendedabstract(level4).