Penerapan pendidikan matematika realistik untuk memahamkan himpunan pada siswa kelas VII Mta. Sa Roudhotus Syifa Kabupaten Malang / Dimas Anditha Cahyo Sujiwo
Main Author: | Sujiwo, Dimas Anditha Cahyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/110518/ |
Daftar Isi:
- SujiwoDimasAC2015.PenerapanPendidikanMatematikaRealistikuntukMemahamkanHimpunanpadaSiswaKelasVIIMTs.RoudhotusSyifaKabupatenMalang.Tesis.JurusanPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.pembimbing(1)Prof.Dr.H.AkbarSutawidjajaM.Ed.Ph.D(2)Dra.SantiIrawatiM.SiPh.D.KatakunciHimpunanPemahamanPendidikanMatematikaRealistik12288122881228812288Pembelajaranyangditerapkandisekolahmasihmenggunakanmetodeceramahsiswatidakbebasmengeluarkanide-idenyakarenapembelajarandidominasiolehguru.Prosespembelajaranyangterjadipadaumumnyagurumemberikancontohmasalahkemudianmengajarilangkah-langkahpenyelesaiannyasehinggasiswahanyamampumenyelesaikanmasalahsecaraproseduralsaja.Denganmemperhatikanlatarbelakangtersebutmakaperludilakukanupayapengembanganstrategipembelajaran.Salahsatuupayayangbisadilakukanyaitudenganmenerapkanpembelajaranmatematikarealistikdimanaprosespembelajarandiawalidenganpemberianmasalahkontekstualyangsesuaidengankehidupansiswa.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganjenispenelitiantindakankelas.SumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIAMTs.SARoudhotusSyifaMalangyangteridiridari18siswa.Untukkeperluanwawancaradipilih4siswasebagaisubyekpenelitianyangterdiriseorangsiswaberkemampuantinggi2siswaberkemampuansedangdanseorangsiswaberkemampuanrendah.Pemillihansubyekwawancaradidasarkanskortesdansarangurumatematikayangmengetahuilatarbelakangsiswayangbersangkutan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswadapatmemahamimaterihimpunanmelaluipembelajaranrealistic.Hasilpenelitianmenyatakanbahwapresentasehasiltessecaraklasikalyangmendapatkanskorminimal75adalah7222%padasiklusIdan8889%padasiklusII.PadasiklusIhasilpengamatanaktivitassiswarata-ratasebesar7422%atauberadapadakategoribaiksedangkanpadasiklusIIhasilpengamatanaktivitassiswarata-ratasebesar8229%atauberadapadakategoribaik.Presentasehasilpengamatanaktivitasguru7458%padasiklusIdan8051%padasiklusII.