Penerapan strategi investigasi untuk meningkatkan pemahaman tentang sistem persamaan linier (SPL) dua variabel di SMPN 5 Kepanjen Malang / Mahsup

Main Author: Mahsup
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/110175/
Daftar Isi:
  • KatakunciPemahamanSPLduavariabelStrategiInvestigasiMatematikadigunakandalamaktivitasjualbelisensuspendudukper-hitungankeuangandikantor.Matematikasecaragarisbesardibagikedalam4cabangyaituaritmetikaaljabargeometridananalisis.Diantarakeempatcabangtersebutaljabarmerupakancabangmatematikayangmenempatiposisipentinguntukdipelajarikarenaaljabardigunakanolehsetiaporangdalamkehidupansehari-hari.Dalamkehidupansehari-harialjabardigunakandalampemodelansuatumasalahkedalamkalimatmatematika.Salahsatumateridalamaljabaradalahsistempersamaanlinier(SPL)duavariabel.PadamateriSPLduavariabelsiswaakanmempelajaricaramemecahkanmasalahyangseringmunculdalampembelajarandipasarsesuatuperbelanjaanseringdapatdimodelkanmenjadiSPLduavariabel.Dalampembelajaranmatematikapenyelidikan(investigasi)mempunyaiperananyangpentinguntukmelatihketrampilandanpenalaranpesertadidikmelaluikajianbermakna(meaningful)yangterbukaterbatas(openedexploration).Denganinvestigasisiswaakanbelajaraktifdanmemberikesempatanpadasiswauntukberpikirsendiri.Halitusejalandengantujuanpembelajaranmatematikadisekolahmenengahyaitukemampuanmemahamimasalahmerancangmodelmatematikamenyelesaikanmodeldanmenafsirkansolusiyangdiperoleh.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembela-jaranstrategiinvestigasiyangdapatmeningkatkanpemahamanpadamateriSPLduavariabelsiswakelasVIIISMPN5KepanjenMalang.JenispenelitianiniadalahPenelitianSiklusKelas(PTK).PenelitianiniterdiridariduaSiklus.SumberdatayangyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiawakelasVIII-FSMPN5KepanjenMalangyangmengikutikegiatanpembelajaran.Datayangdikumpulkanantaralainberasaldari(a)hasilpekerjaansiswasecaratertulis(b)hasilwawancara(c)hasilobservasidan(d)hasilcatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdapatmeningkatkanpemahamansiswayangterdiridaritigakegiatanyaitukegiatanawalkegiatanintidankegia-tanakhir.Kegiatanawalterdiridarimenyampaikantujuanpembelajaranmengingatkanmateriprasyaratmemintasiswamenempatikelompokheterogendanmenjelaskantugasdantanggungjawabkelompok.Kegiatanintiyangterdiridari(a)siswadihadapkanpadamasalahyangproblematis(b)siswamelakukaneksplorasi/mengkajisebagairesponterhadapmasalahyangproblematisitu(c)siswamerumuskantugas-tugasbelajardanmengorganisasikannyauntukbelajar(d)siswamelakukankegiatanbelajarkelompokatausendiri(e)siswamenganalisakemajuandanprosesyangdilakukandalambelajardan(f)siswamengecekulanghasilbelajar.DarihasilpenelitianpadaSiklusIpersentaseaktivitasguruberadapadakategoribaikyaitu83.3%danaktivitassiswaberadapadakategoricukupyaitu736%sertapersentasepeningkatanpemahamansiswadarihasiltesbelajarsebesar6857%.PadaSiklusIIpersentaseaktivitasguruberadapadakategorisangatbaikyaitu92%danaktivitassiswaberadapadakategoribaikyaitu87%sertapersentasepeningkatanpemahamansiswadarihasiltesbelajarsebesar8530%.Jadiaktivitasgurumengalamipeningkatansebesar8.7%danaktivitassiswamengalamipeningkatansebesar133%sertapeningkatanpemahamansiswadarihasiltesbelajarmengalamipeningkatansebesar1673%.Saranyangdapatdikemukakanuntukpembelajaranberikutnyaantaralain(a)berdasarkanhasilyangtelahdiperolehyaitulangkah-langkahstrategiinvesti-gasiyangdapatmeningkatkanpemahamanmatematikasiswamakadisarankankepadaguru(sekolah)dapatdigunakansebagaialternatifstrategipembelajarandikelas(b)pembelajaranSPLduavariabeldenganstrategiinvestigasimembutuh-kanwaktuyangcukuplamasehinggasebagaimasukanuntukpembelajaranberikutnyasebaiknyagurudapatmengaturwaktudenganbaik(c)padasaatsiswamelakukandiskusikelompokgurudapatmenyusuntempatdudukdikelasdenganbentukyangbervariasimisalnyabangkudisusunmembentuklingkarankecil.Halinidilakukanuntukmemudahkanprosesdiskusisiswadanmemudahkanguruuntukmelakukanbimbingandan(d)hendaknyadapatmelakukanpenelitianlebihlanjuttentangstrategiinvestigasidanpenggunaanmodelbagisiswadalambelajarmatematikasehinggapeningkatankualitasbelajarmatematikadapatterlaksanasecaraberkesinambungan.