Meningkatkan pemahaman tentang faktori suku aljabar dengan menggunakan bahan manipulatif potongan kertas bufalo di kelas VIII semester I SMP PGRI 4 Malang / Alfiani Athma Putri Rosyadi

Main Author: Rosyadi, Alfiani Athma Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/110168/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRosyadiAlfianiAthmaPutri.2009.MeningkatkanPemahamanTentangFaktorisasiSukuAljabardenganMenggunakanBahanManipulatifPotonganKertasBufalodiKelasVIIISemesterISMPPGRI4Malang.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc(II)Dr.Subanji.S.PdM.Si.KatakunciPemahamanmanipulatiffaktorisasisukualjabar.Daribeberapafaktamenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikadisekolahbelummeningkatsecarasignifikan.DalamkoranharianJawaPospadakamis18Juni2009menyebutkanbahwahasilpencapaiansiswakitasecaraumumsangatmemprihatinkansebagaimanaterlihatdarihasilujiannasionaldanterusterpuruknyaIndonesiadiposisipapanbawahdalamberbagaitesberstandarinternasional(internationalstandardizedtest)yangpernahdiikuti.Menyikapifaktayangmuncultersebutbanyakfaktoryangmenjadipenyebabrendahnyahasilbelajarmatematikasiswaantaralainkurikulumyangpadatmateriyangsulituntukdiikutimediapembelajaranyangkurangefektifmetodepengajaranyangtradisionaldanevaluasiyangkurangbaik.Banyaksiswamengalamikesulitandalammemahamikonsepabstrakdanalgoritmadalamaljabarkarenamerekatidakbisamelihatnyasecarareal.Bahanmanipulatifsebagaisalahsatumediapenghubungantaraduniaidedandunianyata.Dienesmengemukakanbahwatiap-tiapkonsepatauprinsipdalammatematikayangdisajikandalambentukyangkonkretakandapatdipahamidenganbaik.Dalamsuatuprosesbelajarmengajarsebaiknyaanakdiberikankesempatanuntukmemanipulasibenda-bendaagardapatmelihatlangsungbagaimanaketeraturandanpolastrukturyangterdapatdalambendayangsedangdiperhatikannyaPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyangdapatmeningkatkanpemahamansiswatentangfaktorisasisukualjabardenganmenggunakanbahanmanipulatifpotongankertasbufalodikelasVIIIsemesterISMPPGRI4Malang.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianiniterdiridariduasiklusdansetiapsiklusterdiridariempattindakan.SumberdatayangyangdigunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPPGRI4Malangyangmengikutikegiatanpembelajaran.Datayangdikumpulkanantaralainberasaldaria)hasilpekerjaansiswasecaratertulisb)hasilwawancarac)hasilobservasidand)hasilcatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdapatmeningkatkanpemahamansiswayangterdiridaritigakegiatanyaitukegiatanawalkegiatanintidankegiatanakhir.Kegiatanawalterdiridarimengingatkanmaterisebelumnyamenjelaskanmateripokokdanindikatoryangakandicapaipadapembelajarandanmemberikanmotivasikepadasiswakegiatanintiyangterdiridaria)langkahpermainanbebasdanpenelaahansifatbersamab)penelaahansifatbersamadanrepresentasic)representasidanpenyimbolansertac)pemformalan.Kegiatanakhirterdiridaritanyajawabuntukmengecekpemahamansiswadanpemberiantugasrumah.Peningkatanpemahamansiswadapatdilihatdarihasiltesbelajardanaktivitassiswa.HasiltesbelajarmenunjukkanterjadipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar219.Sedangkanbanyaknyasiswatuntasjuganaiksebesar1081%.HasilpengamatanobserverterhadapaktivitassiswaterjadipeningkatanterhadapaktivitassiswadarisiklusIkesiklusIIsebesar1627%.Saranyangdapatdikemukakanuntukpembelajaranberikutnyaantaralaina)bahanmanipulatifyangdigunakandalampembelajaranfaktorisasisukualjabarsebaiknyadigunakanbahanyanglebihtebaltahanlamadanmempunyaiukuranyangsesuaisehinggasiswatidakkesulitandantepatdalammenyusunnyab)pembelajaranfaktorisasisukualjabardenganmenggunakanbahanmanipulatifpotongankertasbufalomembutuhkanwaktuyangcukuplamasehinggasebagaimasukanuntukpembelajaranberikutnyasebaiknyagurudapatmengaturwaktudenganbaikdanc)padasaatsiswamelakukandiskusikelompokgurudapatmenyusuntempatdudukdikelasdenganbentukyangbervariasimisalnyabangkudisusunmembentuklingkarankecil.Halinidilakukanuntukmemudahkanprosesdiskusisiswadanmemudahkanguruuntukmelakukanbimbingan.