Meningkatkan pemahaman tentang faktori suku aljabar dengan menggunakan bahan manipulatif potongan kertas bufalo di kelas VIII semester I SMP PGRI 4 Malang / Alfiani Athma Putri Rosyadi
Main Author: | Rosyadi, Alfiani Athma Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/110168/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRosyadiAlfianiAthmaPutri.2009.MeningkatkanPemahamanTentangFaktorisasiSukuAljabardenganMenggunakanBahanManipulatifPotonganKertasBufalodiKelasVIIISemesterISMPPGRI4Malang.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc(II)Dr.Subanji.S.PdM.Si.KatakunciPemahamanmanipulatiffaktorisasisukualjabar.Daribeberapafaktamenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikadisekolahbelummeningkatsecarasignifikan.DalamkoranharianJawaPospadakamis18Juni2009menyebutkanbahwahasilpencapaiansiswakitasecaraumumsangatmemprihatinkansebagaimanaterlihatdarihasilujiannasionaldanterusterpuruknyaIndonesiadiposisipapanbawahdalamberbagaitesberstandarinternasional(internationalstandardizedtest)yangpernahdiikuti.Menyikapifaktayangmuncultersebutbanyakfaktoryangmenjadipenyebabrendahnyahasilbelajarmatematikasiswaantaralainkurikulumyangpadatmateriyangsulituntukdiikutimediapembelajaranyangkurangefektifmetodepengajaranyangtradisionaldanevaluasiyangkurangbaik.Banyaksiswamengalamikesulitandalammemahamikonsepabstrakdanalgoritmadalamaljabarkarenamerekatidakbisamelihatnyasecarareal.Bahanmanipulatifsebagaisalahsatumediapenghubungantaraduniaidedandunianyata.Dienesmengemukakanbahwatiap-tiapkonsepatauprinsipdalammatematikayangdisajikandalambentukyangkonkretakandapatdipahamidenganbaik.Dalamsuatuprosesbelajarmengajarsebaiknyaanakdiberikankesempatanuntukmemanipulasibenda-bendaagardapatmelihatlangsungbagaimanaketeraturandanpolastrukturyangterdapatdalambendayangsedangdiperhatikannyaPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyangdapatmeningkatkanpemahamansiswatentangfaktorisasisukualjabardenganmenggunakanbahanmanipulatifpotongankertasbufalodikelasVIIIsemesterISMPPGRI4Malang.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianiniterdiridariduasiklusdansetiapsiklusterdiridariempattindakan.SumberdatayangyangdigunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPPGRI4Malangyangmengikutikegiatanpembelajaran.Datayangdikumpulkanantaralainberasaldaria)hasilpekerjaansiswasecaratertulisb)hasilwawancarac)hasilobservasidand)hasilcatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdapatmeningkatkanpemahamansiswayangterdiridaritigakegiatanyaitukegiatanawalkegiatanintidankegiatanakhir.Kegiatanawalterdiridarimengingatkanmaterisebelumnyamenjelaskanmateripokokdanindikatoryangakandicapaipadapembelajarandanmemberikanmotivasikepadasiswakegiatanintiyangterdiridaria)langkahpermainanbebasdanpenelaahansifatbersamab)penelaahansifatbersamadanrepresentasic)representasidanpenyimbolansertac)pemformalan.Kegiatanakhirterdiridaritanyajawabuntukmengecekpemahamansiswadanpemberiantugasrumah.Peningkatanpemahamansiswadapatdilihatdarihasiltesbelajardanaktivitassiswa.HasiltesbelajarmenunjukkanterjadipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar219.Sedangkanbanyaknyasiswatuntasjuganaiksebesar1081%.HasilpengamatanobserverterhadapaktivitassiswaterjadipeningkatanterhadapaktivitassiswadarisiklusIkesiklusIIsebesar1627%.Saranyangdapatdikemukakanuntukpembelajaranberikutnyaantaralaina)bahanmanipulatifyangdigunakandalampembelajaranfaktorisasisukualjabarsebaiknyadigunakanbahanyanglebihtebaltahanlamadanmempunyaiukuranyangsesuaisehinggasiswatidakkesulitandantepatdalammenyusunnyab)pembelajaranfaktorisasisukualjabardenganmenggunakanbahanmanipulatifpotongankertasbufalomembutuhkanwaktuyangcukuplamasehinggasebagaimasukanuntukpembelajaranberikutnyasebaiknyagurudapatmengaturwaktudenganbaikdanc)padasaatsiswamelakukandiskusikelompokgurudapatmenyusuntempatdudukdikelasdenganbentukyangbervariasimisalnyabangkudisusunmembentuklingkarankecil.Halinidilakukanuntukmemudahkanprosesdiskusisiswadanmemudahkanguruuntukmelakukanbimbingan.