Using peer assessment to improve 11th graders' ability in writing hortatory exposition text at SMAN 4 Malang / Rizky Nadia Insani
Main Author: | Insani, Rizky Nadia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/11015/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimenulispeerassessmenteksposisihortatoripenilaiantindakankelasMenulisadalahsalahsatukemampuanbahasayangharusdikuasaiolehsiswaSMA.Namunmenulisseringdianggapsebagaikemampuanyangpalingsulituntukdikuasai.Berdasarkankuesioneryangdiberikankepadasiswasaatstudiawalmasalahutamayangmerekahadapiadalahbagaimanauntukmengembangkandanmengorganisasiide.Untukmemecahkanmasalahtersebutpeerassessmentsebagaialatuntukmemberikanmasukandiusulkanuntukdiaplikasikandalampengajaranmenulis.Teknikinidipilihkarenasiswaterbiasauntukbertanyakepadatemantentangmasalahyangmerekahadapi.Alasaninimenguatkanpenggunaanpeerassessmentsetelahdiketahuibahwasiswamengetahuiatausadarakankesalahanyangdibuatdirimerekadanteman-temanmereka.Ditambahkanpulabeberapastudisebelumnyamenemukanpeerassessmentefektifuntukmembantusiswauntukmengembangkandanmengorganisasiidedalammenuliskomposisi.Untukmemberikanmasukanterhadapkomposisitemantentangpengembangandanpengorganisasianidesiswaharusmengikuticeklistpeerassessment.Tujuandaristudiiniadalahuntukmeningkatkankemampuanmenulissiswadalammengembangkandanmengorganisasiideuntukmenulistekseksposisihortatoridenganmenggunakanpeerassessment.Studiinimenggunakanpenilaiantindakankelassecarakolaboratif.PenelitibersamadenganbantuandarigurubahasaInggriskelasmendesainrencanapelaksanaanpembelajarandanmenetapkankriteriakesuksesan.GurubahasaInggriskelasberperansebagaipengamatselamaprosesbelajardanpembelajaran.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridariduapertemuandanmencakupperencanaanaksipelaksanaanaksipengamatanaksidanpenggambaranaksi.Subjeknyaadalah30siswakelasXIIPS1SMAN4Malangtahunajaran2009/2010.Intrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataadalahpedomanuntukwawancarakuesionerceklistpengamatancatatanlapanganrubrikpenilaiandanhasilakhirtulisansiswa.Selamapelaksanaanaksipenelitimemperkenalkanpeerassessmentdanaplikasi-aplikasinyapadasaatkegiatanawalsebelummenulis.Kemudiandiikutidengancontohbagaimanauntukmemberikanmasukanterhadaptekseksposisihortatorimenulisdrafawalbagaimanamerevisidrafmenggunakanceklistpeerassessmentbagaimanamengeditdrafdanbagaimanamenuliskomposisiakhir.Danjugasiswaditugaskanuntukmenghasilkantekseksposisihortatorymelaluiprosesmenulisawalmenulispenulisandrafrevisimengeditdanpenerbitan.ivHasildaripenelitianmenunjukkanbahwapeerassessmentsebagaialatuntukmembantusiswamemberikanmasukanmeningkatkankemampuansiswadalammengembangkandanmengorganisasikanidemerekadalamkegiatanmenulistekseksposisihortatori.Nilaidarihasilpenulisansiswadalamhalisidanorganisasimeningkatsecarasignifikandaristudiawalkesiklus1dandarisiklus1kesiklus2.nilairata-ratasiswadalamhalisimeningkatdari253padastudiawalke313padasiklus1.Ditambahkannilairata-ratasiswamencapai347padasiklus2.Kemudiannilairata-ratasiswadalamhalorganisasimeningkatdari2.62padastudiawalke313padasiklus1.nilairata-ratajugameningkatkeangka342padasiklus2.BerdasarkanpadahasilpenelitianinidisarankankepadaparagurubahasaInggrisuntukmelaksanakanpeerassessmentsebagaialatpemberimasukandalamkegiatanmengajarmenulis.ParagurubahasaInggrisjugadirekomendasikanuntukmenggunakanpeerassessmentuntukmengajartipeteksyanglainnya.Danlagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenggunakanteknikpeerassessmentdalamtipeteksyangberbedadandalamtingkatanpendidikanyangberbedapulauntukmelihatjikateknikinidapatdilaksanakansecaraefektifintukmemecahkanmasalahsiswadalammengembangkansertamengorganisasiidedalammenuliskomposisi.