Deskripsi asimilasi dan akomodasi siswa dalam belajar segitiga pada periode operasi formal (studi kasus pada siswa kelas VII) / Herfa Maulina Dewi Soewardini
Main Author: | Herfa Maulina Dewi Soewardini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/110123/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSoewardiniHerfaMaulinaD.2007.DeskripsiAsimilasidanAkomodasiSiswaKelasVIIDalamBelajarSegitigaPadaPeriodeOperasiFormal.TesisJurusanPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.AkbarSutawidjajaM.EdPh.D(II)Dr.SisworoS.PdM.Si.Katakunciasimilasiakomodasideskripsiperiodeoperasiformalsegitiga.Individumengalamiperkembanganintelektualyangmerupakansuatubentukadaptasiterhadaplingkungandenganprosesasimilasidanakomodasi.Keduaprosesinitidakdapatdipisahkanmerekabekerjasecarasimultanuntukmenyesuaikandanmemodifikasiskemadenganinformasibaru.Adaptasiinijugaterjadisaatbelajarsegitiga.KonsepawaltelahdiajarkandisekolahdasardankonsepselanjutnyabarudiajarkanpadajenjangsekolahmenengahpertamakelasVIIyangdiasumsikanberadapadaperiodeoperasiformalmenurutPiaget.Konsepsegitigatidakhanyamencarikelilingdanluasnamunjugatentangjenis-jenissegitigasifat-sifatsegitigaistimewagaris-garisistimewapadasegitigajumlahsudutdalamsegitigadansudutluarsegitiga.Merekaadadalamkehidupansehari-harisepertibentuklantaiprismasegitigatempattisudansebagainya.Merekajugadigunakanuntukmenghitungluaslantaipanjangtanggayangdisandarkanpadatembokdansebagainya.Penelitianinimemfokuskanpadabagaimanakahdeskripsiasimilasidanakomodasisiswadalambelajarsegitigayangterdiridaribagaimanamembentukbingkaikerjamental(mengaktifkanskemamembedakanmengkategorikan)danmenggabungkaninformasi(menyesuaikanataumemodifikasi).Untukmenjawabfokustersebutmakapendekatanpenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganjenispenelitianstudikasuseksploratif.SubjekpenelitianiniadalahtigaorangsiswakelasVIIdengankemampuantinggisedangdanrendahyangdiasumsikanmemilikikarakteristikberadapadaperiodeoperasiformalmenurutPiagetdanmemilikipengetahuanawalsebagaiprasyaratuntukmembentukstrukturkognitifmelaluiasimilasidanakomodasi.Prosespengumpulandatadalampenelitianinidilakukanmenggunakanwawancaraberbasistugas.Instrumenutamaadalahpenelitisendiridaninstrumenpendukungadalahpedomanwawancara.Dalamwawancaraberbasistugasinipenelitimewawancarasubjekmenggunakanpedomanwawancarayangtelahdisusundandiujicobakan.Pertanyaan-pertanyaanyangadadalampedomanwawancaradiajukanuntukmembimbingsubjekdalammemahamitugasyangdiberikansebagaisuatucarauntukmerekamprosesasimilasidanakomodasi.Setiaptugasyangdiberikanpadasubjekadalahsuatugambarsegitigayangmengandungkonsepbaru.Dalampenelitianinianalisisdatadilakukandengantigatahapananalisisyaitumenelaahtranskripdatareduksidatadankoding.Hasilpenelitianadalahsubjekdapatmembentukbingkaikerjamentaldanmenggabungkaninformasi.Subjekdapatmembentukbingkaikerjamentalyaitumengaktifkanskemadenganaktifitassepertimengukurmenjawabpertanyaandanmenggunakanmodelyangtelahdiberikanlaludiamembedakanhasildariapayangdiukurselanjutnyadiamengkategorikanjenisdarisetiapbagianyangdibedakantersebut.Diajugamenggabungkaninformasiyaitudapatmenyesuaikanataumemodifikasiskemadenganmenghubungkanskemadaninformasibaru.Perbedaandariketigasubjekadalahprosesmenyelesaikantugasdanjangkawaktuselamawawancaradalammenyelesaikantugastersebut.Subjekberkemampuantinggipalingcepatdalammenyelesaikantugasdansubjekberkemampuanrendahpalinglambatdalammenyelesaikantugas.Selamaproseswawancarasubjekdengankemampuantinggitidakpernahmenggunakanmodelkonkretsubjekdengankemampuansedangkadang-kadangmenggunakanmodelkonkrettetapisubjekdengankemampuanrendahseringmenggunakanmodelkonkretsaatmengaktifkanmengkategorikandanmenyesuaikanataumemodifikasiskemadenganinformasibaru.Menitikberatkandaritemuanpenelitianinibeberapasaranyangdiajukanadalahpenelitianinidapatdilaksanakanmenggunakanmateriselainsegitiga.SelanjutnyajugadapatdilakukanpenelitianpadasiswaselainsiswakelasVIIyaitusiswatamankanak-kanaksekolahdasarsekolahmenengahumumatauuniversitas.Selainituhendaknyagurudapatmenggunakandeskripsiasimilasidanakomodasiiniuntuklebihmemahamidanmengidentifikasikelemahanyangdiperkirakanakanmenjadifaktorpendukungdanfaktorpenghambatsehinggadiadapatmerancangmodelpembelajaranyangsesuai.