Penerapan asesmen otentik portofolio dalam pembelajaran matematika: suatu upaya meningkatkan pemahaman matematika, keterampilan asesmen diri, dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang / Samsul Hadi

Main Author: Samsul Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/110119/
Daftar Isi:
  • merupakanbagianterpadudenganpembelajaranmatematika.Asesmenbukanmerupakanprosesakhirdaripembelajaranmatematika.Agarasesmenmerupakanbagianterpadudaripembelajaranmatematikamakasalahsatunyadenganmenerapkanasesmenotentikportofoliodalampembelajaranmatematika.DalampenerapanasesmenotentikportofoliodilaksanakandenganserangkaiankegiatandiskusidenganmengisiLembarDiskusiSiswa(LDS)dilanjutkanpresentasimenulisjurnalbelajartugasPRtugaskelompokdantesformatif.Hasiltugas-tugasyangtelahdinilaidandikomentariolehgurudikumpulkandalammapportofoliosebagaibuktiotentikportofolio.Dalamaktivitaspembelajaransiswadimotivasidandipantauperkembangannyadalamhalkeaktifandankemandirianbelajarnyamelaluipengamatanevaluasidanrefleksi.Dengandemikiansiswadiharapkandapatmeningkatkanaktivitasdalampembelajarandanmembangunkemandirianbelajarnya.Dalampenelitianinipenelitimengimplementasikanasesmenotentikportofoliodalammaterisegiempat.Denganserangkaianaktivitaspenerapanasesmenotentikportofoliopadamaterisegiempatsiswadapatmembangunpengetahuanbarusekaligusmenerapkannyadalamkehidupansehari-hari.Padaakhirnyasiswadapatmeningkatkanpemahamanmatematikaasesmendiridankemandirianbelajarnya..Untukmengungkapkeunggulandariasesmenotentikportofolioyangdapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapkonsepsegiempatasesmendiridankemandirianbelajarmakadalampenelitianinidifokuskanpadamasalah(1)bagaimanastrategipenerapanasesmenotentikportofoliodalampembelajaranmatematikayangdapatmeningkatkanpemahamanmatematikaketerampilanasesmendiridankemandirianbelajarsiswakelasVIISMPNegeri20Malangdan(2)bagaimanaresponsiswaterhadappenerapanasesmenotentikportofoliodalampembelajaranmatematikaUntukmenjawabfokusmasalahdiatasmakapenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasdandilaksanakandikelasVIISMPNegeri20Malang.SumberdatadipilihkelasVIICdengansubjekwawancaraterdiridariempatorangsiswadengankualifikasisatuorangsiswaberkemampuantinggiduaorangsiswaberkemampuansedangdansatuorangsiswaberkemampuanrendah.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaitumelauipengamatanwawancaracatatanlapangandokumenotentikportofoliodanlembarangketresponsiswa.Sedangkanteknikanalisisdatamenggunakanteknisanalisiskualitatifmodelalir(flowmodel)yangdikembangkanolehMilesdanHuberman(199218)yangmeliputitigatahapkegiatanyaitu(1)reduksidata(2)penyajiandata(3)penarikankesimpulandanverifikasi..Darihasilpenelitianiniditemukanbahwamelaluipenerapanasesmenotentikportofoliodalampembelajaranmatematika(1)siswadapatmeningkatkanpemahamanmatematika(2)siswadapatmeningkatkanketerampilandalammelakukanasesmendiridan(3)siswadapatmeningkatkankemandirianbelajarsiswadan(4)siswadapatmeningkatkanaktivitasdalampembelajaranSedangkanberdasarkanhasilanalisisdataresponsiswamenunjukkanbahwapenerapanasesmenotentikportofoliodenganserangkaiankegiatandiskusimenulisjurnaltugasPRtugaskelompokdantesformatifhinggapengumpulandataotentikportofolioefektifuntukkonsepsegiempatkarenalebihdari80%dari20pertanyaandalamangkettentangpenerapanasesmenotentikportofoliodiresponpositifolehlebihdari60%darijumlahseluruhsiswa.Bertolakdaritemuanpenelitiantersebutmakastrategipenerapanasemenotentikportofoliosebaiknyadilaksanakandalamtigatahapyaitu(1)tahappersiapanyaitugurumenyampaikantujuanpembelajaranmemberimotivasiapersepsidanmengecekpengetahuanprasyaratsiswadanmemberitahukantentangpenggunaanasesmenotentikportofoliosertamendiskusikanrubrikyangdigunakandalampenilaian(2)tahappelaksanaanyaituserangkaiankegiatandalampembelajaranyangmeliputidiskusidanpresentasidenganmengisiLDStugaskelompoktugasPRrefleksidiri.Hasilkegiatanyangtelahdinilaidandikomentariolehgurudigunakansebagibuktiotentikportofoliodan(3)tahaprefleksidanevaluasiyaiturefleksihasilkerjasiswayangtelahdiperolehdariLDStugaskelompoktugasPRrefleksidiri.Evaluasiberupatestdanpengumpulanportofoliosiswa.MengingatpenerapanasesmenotentikportofoliomemilikiprospekyanglebihbagusuntukditerapkandiIndonesia.MakasetidaknyaterdapatduaalternatifagarpenerapanasesmenotentikPortofoliodapatberhasilyaitu(1)jikaditerapkandalamkelasbesar(lebihdari35siswa)makasetidaknyaharusada2guruyangmengajarsekaligusdalamkelasyangbersangkutan(2)Jikamenggunakan1oranggurumakasebaiknyakelasbesardipecahmenjadikelaskecil(maksimal20siswa)