Errors in the recount writing of the eight graders of SMP Negeri 9 Malang / Galuh Retnaningtyas
Main Author: | Retnaningtyas, Galuh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10919/ |
Daftar Isi:
- SebagaisalahsatubahasaasingyangadadiIndonesiaBahasaInggrisseringkalihanyadigunakandalamprosesbelajarmengajardikelas.OlehkarenanyaparapebelajarmngkintidakmendapatlatihanyangcukupdalammenggunakanbahasaInggrisdilingkunganmerekayangmengakibatkanBahasaInggrismerekatidakberkembang.SelainitukurangnyalatihanmembuatpebelajartidakterbiasadenganperbedaanstrukturbahasaantaraBahasaInggrisdanBahasaIndonesiasebagaibahasaibunya.HalinimenyebabkanmerekamembuaterrordalammenggunakanBahasaInggriskhususnyadalamproductiveskillyaitudalamketrampilanmenulisdanberbicara.Namunpengajaranmenulissepertinyakurangmendapatperhatiandarigurudibandingkandenganpengajaranketrampilanyanglain.Siswamungkintidakmendapatcukuplatihandalammenulisdantidakmendapatcukupumpanbalikdariguru.Erroranalysissangatpentinguntukmencaritahubagaimanasiswamempelajarisebuahbahasaperkembanganbelajarmerekamasalahyangdihadapidanbagiandimanapeningkatandiperlukan.Semuaisuinimengantarkanpenelitiuntukmelakukanpenelitianini.Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmencaritahuerroryangdibuatolehsiswakelas8SMPNegeri9Malang.Penelitianinidapatdikategorikansebagaipenelitiandescriptivequalitativekarenatujandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanerrorapasajayangmunculdalamkaranganrecountsiswa.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniberupa75karangansiswa.Adatigalangkahdalamprosesanalisisdata.Langkahpertamaadalahidentifikasierror.Kemudiandilanjutkandenganpengklasifikasianerrordanyangterakhiradalahpenghitunganerror.Daridatayangterkumpulditemukan1144error.Hasilpenelitianinimenunjkkanerrorterbanyakyangdibuatsiswaadalaherrorsofomission(32.08%).Dalamerroriniomissionofbemenempatirutanteratas.Peringkatselanjutnyaadalaherrorsofadditionyangmunculsebanyak25.87%.disiniadditionofprepositionmendudukiperingkatteratas.Errorsofmisformationmenempatirutanteratasselanjutnyadenganpersentasesebanyak22.90%.Misformationofpasttenseverbpalingbanyakmunculdierrorini.Misorderingerrormunculsebanyak2.71%darisemuaerroryangditemukan.Errordenganfrekuensitertinggiadalahmisorderingofadverb.Dalamvocabularyusedictionmenempatiurutanteratasdenganpersentasesebanyak10.84%danspellingerrorsebanyak5.60%Berdasarkanhasilpenelitianbeberapasarandiberikanuntukmeningkatkanpenguasaansiswapadaketrampilanmenlis.UntukgurudisarankanagarmerekamemberkesempatanlebihbanyakpadasiswauntukberlatihmenulisdenganmenggnakaBahasaInggris.Selainitugurujugaseharusnyalebihmemperhatikanpenggunaanverbformontensesarticlesprepositiondansingularandpluralmarkers.Dalamvocabularyusegurudiharapkanuntuklebihmengakrabkansiswadenganbacaan-bacaanyangmenggunakanBahasaInggrisagarsiswalebihterbiasadengankata-katabahasaInggris.YangpalingpentingadalahsiswadangurudiharapkanlebihmemperhatikanperbedaanstrukturantaraBahsaIndonesiadanBahasaInggrisyangsepertinyamerupakanpenyebabutamaerror.