Strategi intervensi gangguan mutisme selektif "studi kasus pada anak kelompok B TK Al Muhajirin Kota Malang / Dessy Farantika

Main Author: Farantika, Dessy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/108971/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFarantikaDessy.2019.StrategiIntervensiGangguanMutismeSelektifStudiKasuspadaanakkelompokBTKALMuhajirinKotaMalang.TesisProgramStudiS2PendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TriyonoM.PdPembimbing(2)Dr.HardikaM.PdKatakuncimutismeselektifgangguanperkembanganintervensianakusiadiniHasilstudilapanganterdapatanakyangmilikigangguanperkembanganberkomunikasidanbersosialisasi.Anaklebihbanyakmenyendiridanmenjawabkomunikasisecaranonverbal.Kondisitersebutmerupakankaraktersitikmutismeselektif.Kondisitersebutberlangsungsejakanaksekolah.Gurusudahberusahamemberikanbeberapapenangananuntukmenstimulusperkembangananak.TujuanpenelitianiniadalahuntukkarakteristikgangguanmutismeselektifdampakterhadapaspekperkembangandancarapenangananyangsudahdilakukanolehgurupadaanakgangguanmutismeselektifpadaanakkelompokBTKAlMuhajirinKotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatanstudikasusdenganjenispenelitiankualitatif.Terdapatduasubjekpenelitianyangmengalamigangguanmutismeselektif.Prosesanalisisdatadilakukanmulaidaripengumpulandatareduksidatadisplaydatadanterakhirpenarikankesimpulan.Sumberdatasekunderberasaldariguruorangtuadankepalasekolahmelaluiwawancara.Hasilpenelitianyangdiperolehbahwaanakmengalamigangguanmutismeselektifdalamkategorimoderatesevere.Anakgangguanmutismeselektifmemilikikarakteristikberkomunikasisecaranonverbalanakdapatberbicaralancardenganyangsudahdikenal/nyamananakmampumenyeleksaikanaspekkemampuansesuaitahapanperkembanganyangtidakmembutuhkankemampuanberkomunikasiverbal.Dampakyangditimbulkanyaitukurangberkembangdalamaspekkemampuanbahasadansosialemosionalanak.Carapenangananyangsudahdilakukanolehguruyaituadalahpemberianmotivasimelibatkananakdalampelaksanaanpembelajaranmenggunakanpertanyaanterbukamelibatkanorangtuadalammenindaklanjutistimulusdanmembuatkegiatansecaraberkelompok.Saranbagiorangtuayaitumemberikanpolaasuhyangtepatdantidakmemperlakukananaksecaraoverprotektifdanmemberikepercayaananakuntukmenyelesaikantugas.Bagiguruyaitumelakukandeteksidiniuntukmengetahuitumbuhkembanganakdanpenangananaksecaratepat.Bagipenelitiselanjutnyaadalahmenemukancaradeteksidinidanpemberianintervensiyangtepat.