Strategi intervensi gangguan mutisme selektif "studi kasus pada anak kelompok B TK Al Muhajirin Kota Malang / Dessy Farantika
Main Author: | Farantika, Dessy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/108971/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFarantikaDessy.2019.StrategiIntervensiGangguanMutismeSelektifStudiKasuspadaanakkelompokBTKALMuhajirinKotaMalang.TesisProgramStudiS2PendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.TriyonoM.PdPembimbing(2)Dr.HardikaM.PdKatakuncimutismeselektifgangguanperkembanganintervensianakusiadiniHasilstudilapanganterdapatanakyangmilikigangguanperkembanganberkomunikasidanbersosialisasi.Anaklebihbanyakmenyendiridanmenjawabkomunikasisecaranonverbal.Kondisitersebutmerupakankaraktersitikmutismeselektif.Kondisitersebutberlangsungsejakanaksekolah.Gurusudahberusahamemberikanbeberapapenangananuntukmenstimulusperkembangananak.TujuanpenelitianiniadalahuntukkarakteristikgangguanmutismeselektifdampakterhadapaspekperkembangandancarapenangananyangsudahdilakukanolehgurupadaanakgangguanmutismeselektifpadaanakkelompokBTKAlMuhajirinKotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatanstudikasusdenganjenispenelitiankualitatif.Terdapatduasubjekpenelitianyangmengalamigangguanmutismeselektif.Prosesanalisisdatadilakukanmulaidaripengumpulandatareduksidatadisplaydatadanterakhirpenarikankesimpulan.Sumberdatasekunderberasaldariguruorangtuadankepalasekolahmelaluiwawancara.Hasilpenelitianyangdiperolehbahwaanakmengalamigangguanmutismeselektifdalamkategorimoderatesevere.Anakgangguanmutismeselektifmemilikikarakteristikberkomunikasisecaranonverbalanakdapatberbicaralancardenganyangsudahdikenal/nyamananakmampumenyeleksaikanaspekkemampuansesuaitahapanperkembanganyangtidakmembutuhkankemampuanberkomunikasiverbal.Dampakyangditimbulkanyaitukurangberkembangdalamaspekkemampuanbahasadansosialemosionalanak.Carapenangananyangsudahdilakukanolehguruyaituadalahpemberianmotivasimelibatkananakdalampelaksanaanpembelajaranmenggunakanpertanyaanterbukamelibatkanorangtuadalammenindaklanjutistimulusdanmembuatkegiatansecaraberkelompok.Saranbagiorangtuayaitumemberikanpolaasuhyangtepatdantidakmemperlakukananaksecaraoverprotektifdanmemberikepercayaananakuntukmenyelesaikantugas.Bagiguruyaitumelakukandeteksidiniuntukmengetahuitumbuhkembanganakdanpenangananaksecaratepat.Bagipenelitiselanjutnyaadalahmenemukancaradeteksidinidanpemberianintervensiyangtepat.