Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Berbantuan Citra Google Earth pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN 3 Kabupaten Kediri
Main Author: | Syaviar, Fitra Arief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/1089/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan salah satufaktorpenting yang mempengaruhi proses kemajuanindividu dan bangsa. Berkaitandenganpentingnyapendidikan, dibutuhkan model pembelajaran dan metodemengajar yang membuatsiswamampuberkembang dan terlibatlangsungdalamkegiatankelas. Geografimerupakanilmuuntukmengembangkan dan membangunkemampuanberorientasispasial. Kemampuanberpikirspasialkaitannyadenganfenomenageosferyaknikemampuanmengolah dan menguasaiinformasi yang didapatdalamruang. Model EarthCommmerupakan model yang berorientasi pada pemecahanmasalah di bumi yang dikajidalammasyarakat. Maka, dikaitkandengankemampuanberpikirspasial model inidiharapkanmampuuntukmencapaitujuan yang diharapkan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajaranEarth Science System In The Community (EarthComm) berbantuan Citra Google Earth pada matapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswa. Model eksperimen yang digunakanyakniQuasi ExperimentdenganmenerapkanPosttest Only Control Group Design denganmelibatkanduakelompokdengansubjekpenelitian X IIS 2 sebagaikelaseksperimen dan X IIS 1 sebagaikelaskontrol yang diambilberdasarkannilai UAS. Teskemampuanberpikirspasialdilaksanakansetelahpemberianperlakuankepadakeduakelas. Tesdiberikandalambentuksoalessay yang telahdirancangsesuaiindikatorkemampuanberpikirspasial. Teknik analisis data dilakukanmenggunakanIBM SPSS Statistics 22 For Windowsdengan uji t (Independent Sample T-Test). Hasil penelitianinimenunjukkanbahwanilai rata-rata kelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol. Diketahuibahwanilai rata-rata kelaskontrol 66,60 dan kelaseksperimenyakni 74,39 sehinggaterdapatperbedaan 8% keduanya. Berdasarkanhasilanalisis data uji t (Independent Sample T-Test) terdapatpengaruh Model PembelajaranEarth Science System In The Community (EarthComm) berbantuancitragoogle earth pada matapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswadibandingkandengankelaskontrol yang menggunakan model konvensional. Model pembelajaranEarthComminidisarankanuntukdijadikanvariasipembelajaran guru dalampenerapan model pembelajaran. Model ini juga dapatdikembangkan oleh peneliti lain denganmenambahvariabel moderator atau media lain.