Manajemen tenaga pendidik sekolah menengah atas (studi multi kasus di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang) / Qurratu A'yun

Main Author: A'yun, Qurratu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/108814/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAyunQ.2019.ManajemenTenagaPendidikSekolahMenengahAtas(StudiMultiKasusdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombang).TesisProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AliImronM.Pd.M.Si(II)Dr.ImronArifinM.Pd.KataKunciManajemenTenagaPendidikSekolahMenengahAtas.Keberhasilandalamsuatuprosespembelajarandilembagasekolahtergantungkepadapendidikatauguru.Pengelolaansumberdayamanusiatenagapendidikmerupakanaspekpentingdalamprosespendidikansecaraumum.Olehkarenaitufungsidalampengelolaansumberdayamanusiaharusdilaksanakansecaraoptimalsehinggakebutuhanyangmenyangkuttujuanindividuorganisasiataulembagadapattercapaidenganbaik.Selainitudenganprosespengelolaansumberdayamanusiatenagapendidikyangbaikdiharapkandapatmengurangipermasalahandalammanajemensumberdayamanusiatenagapendidikyangadadilembagapendidikan.DaripenelitianyangdilakukanbahwaterdapatduasekolahyaituSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimdiJombang.ManajementenagapendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombnagmemilikikualifikasiyangberbedadalamprosesperekrutantenagapendidikprosesinduksitenagapendidikprosespengembangankompetensitenagapendidikdansisitemmutasitenagapendidik.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuidanmenganalisissistemrekrutmentenagapendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombangHasyimdiJombang(2)mengetahuidanmenganalisissistemSistemInduksidiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombang(3)mengetahuidanmenganalisissistempromosipengembangankompetensitenagapendidikdiSMADarulUlumUnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombangdan(4)mengetahuidanmenganalisissistemmutasitenagapendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultikasus.Penentuaninformandilakukandenganteknikpengambilansampelsecarapurposivesamplingdansnowaballsampling.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalah(a)observasi(b)wawancaramendalamdan(c)studidokumentasi.Informasiyangterkumpuldariketigatekniktersebutdianalisissecaraberulang-ulangmelaluianalisiskasusindividumaupunanalisislintaskasus.Pengecekankredibilitasdatadilakukandengantekniktringulasi(sumberdanteknik/metode)memberchecksdankecukupanbahanrefrensi.Pengecekandependabilitasdatapenelitiandilakukanolehpenelitidenganberkonsultasikepadaparapembimbingsebagaiauditorindependentdanpengecekankonfirmabilitasdigunakanuntukmelihatbahwahasilpenelitianyangdilakukanmenunjukkanadanyaprosespenelitiandilapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaManajemTenagaPendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombangterkaitsistemperekrutantenagapendidikmemilikikreteriayangsamatetapiadapenekananyangberbedadidalamperosesdanberkaitandengantujuanvisidanmisipadamasing-masingsekolahtersebut.Pengembangankompetensitenagapendidikmemilikiperbedaandidalamprosesnyadanmemilkipenekananmasing-masingtetapitetapsesuaidengantujuanuntukmencapaistandarpendidikannasional.Darisegisisteminduksikeduasekolahtersebutmemilikiperbedaanpadalamanyamelaskanakanprosesinduksi.Sistemmutasitenagapendidikdiduasekolahinisamamenggunakanmutasivertikaldanhorizontaltetapididuasekolahtersebutberbedadalamsegipelaksanannya.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdikemukakanberbagaisaransebagaiberikutPertamauntukkepalayayasandalammemotivasidanmengembangkanpendidikandiSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombangagarsesuaidengantujuanpendidikannasioanlmakaterusmembangunnilaiyangposistifterhadaptenagapendidikdanmenerapkankepadapesertadidiksehinggamenimbulkanhasilatauoutputyangberkualitasdanbermanfaatdimasyarakat.KeduauntukkepalaSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombanguntukdapatterusmememliharasuasankerjayangbaikdanmemberikanmotivasiterhadaptenagapendidikmenerapkansikapyangbaikdansopanterhadaptenagapendidikdankependidikansertamemeliharakegiatan-kegiatanyangmendorongkemampuandansemangattenagapendidikdankependidikan.KetigauntuktenagapendidikdiSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombangagarmerasadihargaidandihormatisehinggamerasanyamandalammelaksanakantugasnyadilembagatersebuttidakhanyadilihatpadapekerjaannyayangsebagaitempatmencarinafkahsajatetapijugasebagaipengabdiandanmemanfaatkanilmusertamerasabanggadantanggungjawabpenuhterhadapprofesinyasebagaitenagapendidik.KeempatuntukpenelitiberikutnyadalamrangkamengembangkanpnelitiantentangmanajementenagapendidikdiSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombangyaitubertujuanagardapatmenerapkandanmampumelahirkanidebaruyangberkaitandenganmanajementenagapendidik.