Manajemen tenaga pendidik sekolah menengah atas (studi multi kasus di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT dan SMA A Wahid Hasyim Jombang) / Qurratu A'yun
Main Author: | A'yun, Qurratu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/108814/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAyunQ.2019.ManajemenTenagaPendidikSekolahMenengahAtas(StudiMultiKasusdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombang).TesisProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AliImronM.Pd.M.Si(II)Dr.ImronArifinM.Pd.KataKunciManajemenTenagaPendidikSekolahMenengahAtas.Keberhasilandalamsuatuprosespembelajarandilembagasekolahtergantungkepadapendidikatauguru.Pengelolaansumberdayamanusiatenagapendidikmerupakanaspekpentingdalamprosespendidikansecaraumum.Olehkarenaitufungsidalampengelolaansumberdayamanusiaharusdilaksanakansecaraoptimalsehinggakebutuhanyangmenyangkuttujuanindividuorganisasiataulembagadapattercapaidenganbaik.Selainitudenganprosespengelolaansumberdayamanusiatenagapendidikyangbaikdiharapkandapatmengurangipermasalahandalammanajemensumberdayamanusiatenagapendidikyangadadilembagapendidikan.DaripenelitianyangdilakukanbahwaterdapatduasekolahyaituSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimdiJombang.ManajementenagapendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombnagmemilikikualifikasiyangberbedadalamprosesperekrutantenagapendidikprosesinduksitenagapendidikprosespengembangankompetensitenagapendidikdansisitemmutasitenagapendidik.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuidanmenganalisissistemrekrutmentenagapendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombangHasyimdiJombang(2)mengetahuidanmenganalisissistemSistemInduksidiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombang(3)mengetahuidanmenganalisissistempromosipengembangankompetensitenagapendidikdiSMADarulUlumUnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombangdan(4)mengetahuidanmenganalisissistemmutasitenagapendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultikasus.Penentuaninformandilakukandenganteknikpengambilansampelsecarapurposivesamplingdansnowaballsampling.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalah(a)observasi(b)wawancaramendalamdan(c)studidokumentasi.Informasiyangterkumpuldariketigatekniktersebutdianalisissecaraberulang-ulangmelaluianalisiskasusindividumaupunanalisislintaskasus.Pengecekankredibilitasdatadilakukandengantekniktringulasi(sumberdanteknik/metode)memberchecksdankecukupanbahanrefrensi.Pengecekandependabilitasdatapenelitiandilakukanolehpenelitidenganberkonsultasikepadaparapembimbingsebagaiauditorindependentdanpengecekankonfirmabilitasdigunakanuntukmelihatbahwahasilpenelitianyangdilakukanmenunjukkanadanyaprosespenelitiandilapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaManajemTenagaPendidikdiSMADarulUlum2UnggulanBPPTdanSMAAWahidHasyimJombangterkaitsistemperekrutantenagapendidikmemilikikreteriayangsamatetapiadapenekananyangberbedadidalamperosesdanberkaitandengantujuanvisidanmisipadamasing-masingsekolahtersebut.Pengembangankompetensitenagapendidikmemilikiperbedaandidalamprosesnyadanmemilkipenekananmasing-masingtetapitetapsesuaidengantujuanuntukmencapaistandarpendidikannasional.Darisegisisteminduksikeduasekolahtersebutmemilikiperbedaanpadalamanyamelaskanakanprosesinduksi.Sistemmutasitenagapendidikdiduasekolahinisamamenggunakanmutasivertikaldanhorizontaltetapididuasekolahtersebutberbedadalamsegipelaksanannya.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdikemukakanberbagaisaransebagaiberikutPertamauntukkepalayayasandalammemotivasidanmengembangkanpendidikandiSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombangagarsesuaidengantujuanpendidikannasioanlmakaterusmembangunnilaiyangposistifterhadaptenagapendidikdanmenerapkankepadapesertadidiksehinggamenimbulkanhasilatauoutputyangberkualitasdanbermanfaatdimasyarakat.KeduauntukkepalaSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombanguntukdapatterusmememliharasuasankerjayangbaikdanmemberikanmotivasiterhadaptenagapendidikmenerapkansikapyangbaikdansopanterhadaptenagapendidikdankependidikansertamemeliharakegiatan-kegiatanyangmendorongkemampuandansemangattenagapendidikdankependidikan.KetigauntuktenagapendidikdiSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombangagarmerasadihargaidandihormatisehinggamerasanyamandalammelaksanakantugasnyadilembagatersebuttidakhanyadilihatpadapekerjaannyayangsebagaitempatmencarinafkahsajatetapijugasebagaipengabdiandanmemanfaatkanilmusertamerasabanggadantanggungjawabpenuhterhadapprofesinyasebagaitenagapendidik.KeempatuntukpenelitiberikutnyadalamrangkamengembangkanpnelitiantentangmanajementenagapendidikdiSMADU2UnggulanBPPTdanSMAAWHJombangyaitubertujuanagardapatmenerapkandanmampumelahirkanidebaruyangberkaitandenganmanajementenagapendidik.