Pengembangan panduan pelatihan mengelola emosi marah dengan expressive writing untuk siswa SMP / Nurhayani Maudi
Main Author: | Maudi, Nurhayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/108026/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMaudiNurhayani.2019.PengembanganPanduanPelatihanKeterampilanMengelolaEmosiMarahDenganExpressiveWritingUntukSiswaSMP.TesisProgramStudiMagisterBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.TriyonoM.Pd.(2)Dr.CarolinaLigyaRadjahM.Kes.KatakunciPanduanPelatihanMengelolaemosimarahexpressivewritingSMPDalamhubungansosialemosimarahyangtidakdapatdikendalikanakanmemicumunculnyatindakankekerasan.Marahmerupakanemosiyangbersumberdariinternaldaneksternalsebagaireaksiyangwajaruntukkeberlangsunganhidup.Emosimarahyangekspresikandengancarayangpantasdapatmembantuindividudalammengekspresikanberbagaiperasaandengancarayangdapatditerimalingkunganmembantumenyelesaikanmasalahdanjugamampumemotivasidalammencapaitujuanyangpositif.Untukitusangatpentingsiswamemilikiketerampilanmengelolaemosimarah.Expressivewritingmerupakanmetodekatarsis.Emosiyanglebihmenekankanpadapengungkapanpikiranatauperasaandenganmenulis.Melaluiaktivitasmenulisakanmembuatindividumelepaskanperasaan-perasaanyangbergejolakdalamhatisertadapatmembantuindividumengubahcaramerekadalammenghadapiemosi-emosinegatifterutamaemosimarah.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosimarahdenganmenggunakanmetodeexpressivewritinguntuksiswaSekolahMenengahPertama.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpenelitiandanpengembanganBorgGall(1983).Tahapanyangdigunakanterdiridari1)Studipendahuluan2)Perencanaan3)Pengembangan4)Ujicobaprodukawal5)Perbaikanprodukdan6)Produkakhir.Subjekujicobapadapenelitianiniterdiridariahlimediapembelajaranahlibimbingandankonselingdancalonpenggunaataukonselorsekolah.instrumenyangdigunakanberupaberupainstrumenpenilaianahlidaninstrumenpenilaiancalonpengguna.Hasilujicobaterdiridaridatakuantitatifdandatakualitatif.Teknikanalisisdatadalampenelitiandanpengembanganiniadalahteknikanalisisdeskriptifdanteknikanalisiskuantitatif.Adapunhasilpenilaianolehahlimediapembelajaranterdapathasilpenilaian4dan3tidakterdapatskorrendahuntuksetiapitem.Sehinggadapatdiinterprestasikanbahwapenilaianahlimediapembelajaranterhadappanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosimemenuhikriteriaditerima/akseptabeldarisegikemenarikannya.Padahasilujicobapada2ahliBimbingandanKonselingdan3calonpenggunatelahmemenuhikriteriakeberterimaandarisegikegunaankelayakandanketepatanwalaupunterdapathasilpenilaiandengannilai2padaitemrumusantujuanpadamateri.Berdasarkanhasildaripenilaianahlimediapembelajaranahlibimbingandankonselingdancalonpenggunamenunjukkanbahwaprodukyangdikembangankandapatditerimadanlayakdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanmengelolaemosimarah.SaranbagipenelitiselanjutnyauntukmelaksanakanujikelompokkecilgunamengetahuikeefektifanpanduanpelatihanmengelolaemosimarahdenganmenggunakanmetodeexpressivewritinguntuksiswaSMP.