Pengembangan panduan pelatihan mengelola emosi marah dengan expressive writing untuk siswa SMP / Nurhayani Maudi

Main Author: Maudi, Nurhayani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/108026/
Daftar Isi:
  • RINGKASANMaudiNurhayani.2019.PengembanganPanduanPelatihanKeterampilanMengelolaEmosiMarahDenganExpressiveWritingUntukSiswaSMP.TesisProgramStudiMagisterBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.TriyonoM.Pd.(2)Dr.CarolinaLigyaRadjahM.Kes.KatakunciPanduanPelatihanMengelolaemosimarahexpressivewritingSMPDalamhubungansosialemosimarahyangtidakdapatdikendalikanakanmemicumunculnyatindakankekerasan.Marahmerupakanemosiyangbersumberdariinternaldaneksternalsebagaireaksiyangwajaruntukkeberlangsunganhidup.Emosimarahyangekspresikandengancarayangpantasdapatmembantuindividudalammengekspresikanberbagaiperasaandengancarayangdapatditerimalingkunganmembantumenyelesaikanmasalahdanjugamampumemotivasidalammencapaitujuanyangpositif.Untukitusangatpentingsiswamemilikiketerampilanmengelolaemosimarah.Expressivewritingmerupakanmetodekatarsis.Emosiyanglebihmenekankanpadapengungkapanpikiranatauperasaandenganmenulis.Melaluiaktivitasmenulisakanmembuatindividumelepaskanperasaan-perasaanyangbergejolakdalamhatisertadapatmembantuindividumengubahcaramerekadalammenghadapiemosi-emosinegatifterutamaemosimarah.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanpanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosimarahdenganmenggunakanmetodeexpressivewritinguntuksiswaSekolahMenengahPertama.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpenelitiandanpengembanganBorgGall(1983).Tahapanyangdigunakanterdiridari1)Studipendahuluan2)Perencanaan3)Pengembangan4)Ujicobaprodukawal5)Perbaikanprodukdan6)Produkakhir.Subjekujicobapadapenelitianiniterdiridariahlimediapembelajaranahlibimbingandankonselingdancalonpenggunaataukonselorsekolah.instrumenyangdigunakanberupaberupainstrumenpenilaianahlidaninstrumenpenilaiancalonpengguna.Hasilujicobaterdiridaridatakuantitatifdandatakualitatif.Teknikanalisisdatadalampenelitiandanpengembanganiniadalahteknikanalisisdeskriptifdanteknikanalisiskuantitatif.Adapunhasilpenilaianolehahlimediapembelajaranterdapathasilpenilaian4dan3tidakterdapatskorrendahuntuksetiapitem.Sehinggadapatdiinterprestasikanbahwapenilaianahlimediapembelajaranterhadappanduanpelatihanketerampilanmengelolaemosimemenuhikriteriaditerima/akseptabeldarisegikemenarikannya.Padahasilujicobapada2ahliBimbingandanKonselingdan3calonpenggunatelahmemenuhikriteriakeberterimaandarisegikegunaankelayakandanketepatanwalaupunterdapathasilpenilaiandengannilai2padaitemrumusantujuanpadamateri.Berdasarkanhasildaripenilaianahlimediapembelajaranahlibimbingandankonselingdancalonpenggunamenunjukkanbahwaprodukyangdikembangankandapatditerimadanlayakdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanmengelolaemosimarah.SaranbagipenelitiselanjutnyauntukmelaksanakanujikelompokkecilgunamengetahuikeefektifanpanduanpelatihanmengelolaemosimarahdenganmenggunakanmetodeexpressivewritinguntuksiswaSMP.