Pengembangan panduan sinema edukasi "STAR" untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa sekolah menengah kejuruan / Hikmah Ilmiyana

Main Author: Ilmiyana, Hikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/108013/
Daftar Isi:
  • RINGKASANIlmiyanaHikmah.2019.PengembanganPanduanSinemaEdukasiSTARUntukMencegahPerilakuAgresifVerbalSiswaSekolahMenengahKejuruan(SMK).TesisProgramStudiBimbingandanKonselingPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(1)Dr.CarolinaLigyaRadjahM.Kes.(2)Dr.M.RamliMA.KataKunciPanduanSinemaEdukasiSTARAgresifVerbalSiswaSekolahMenengahKejuruanSiswaSMKmerupakanindividudalamtahapanusiaremaja.PadausiainisiswaSMKmemilikiresikoyangcukuptinggiuntukmelakukanperilakuagresifverbal.Adanyaperubahanfisikmaupunpsikispadaremajamembuatmerekacenderungmengalamiperubahanemosiyangdinamisdantidakstabil.Perilakuagresifverbalmerupakankomponenmotoriksepertimelukaidanmenyakitioranglainmelaluiungkapanverbal.Seiringberkembangnyateknologiperilakuagresifverbalcenderungmengalamipeningkatanyangcukupsignifikan.BerdasarkandatawawancaradenganguruBKdiSMKNegeri11Malangbentukperilakuagresifverbalmasihseringterjadi.BerdasarkanpengalamandanpengamatanpenelitiselamadiSMKN11Malangpenelitimenemukanlimaperistiwapertengkaransiswayangdisebabkanolehperilakuagresifverbaldanpadatanggal22Oktober2018penelitimenyebarkanskalaperilakuagresifverbalkepada30siswakelasXTGBXTKJdanXTKR.Datayangdiperolehmenunjukkan7siswa(23%)tingkatperilakuagresifverbalringan8siswa(27%)tingkatperilakuagresifverbalsedangdan15siswa(50%)tingkatperilakuagresifverbaltinggi.Daridatatersebutmakadiperlukanadanyalayananyangbertujuanuntukmencegahsemakinberkembangnyabentuk-bentukperilakuagresifverbalpadasiswaSMK.STAR(stop-think-action-review)merupakansalahsatutahapandalamprogramresolusikonflikyangdapatmelatihkemampuanpemecahanmasalahsosialsiswayangterlibatperilakuagresifbaikverbalmaupunnonvebal.penelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanmediabimbinganberupapanduansinemaedukasiSTARuntukmencegahperilakuagresifverbalsiswaSMKyangmemenuhiaspekakseptabilitasyaknikegunaankemenarikankemudahandanketepatansehinggalayakdigunakan.PengaplikasianpanduansinemaedukasiSTARinidilaksanakandalamsettinglayananbimbinganklasikal.ModelpenelitianyangdigunakanmengadaptasidarimodelpengembanganBorgandGall(1983).Penelitiandanpengembanganiniberbatassampaipadaujivalidasicalonpengguna.PenelitiandanpengembanganinitelahmelaluiserangkaianujiahlimateriahlimediaahliDKVsertapengguna(konselordansiswa).Hasilpenilaianahlidancalonpenggunamenyatakanbahwasannyaproduksudahmemenuhikriteriakegunaankemenarikankemudahandanketepatan.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukkonselorbisamenjadikanpenelitianinimenjadipenelitiantindakanbimbingankonseling.Bagipenelitiselanjutnyadapatmenerapkannyapadasubjekpenelitianyanglebihluasdenganmenggunakanrancanganpenelitianeksperimendengankelompokkontrol.