Dictionary training for choosing the right meaning of particular words contextually at SMP N 13 Malang / Maya Puspita Mahanani

Main Author: Mahanani, Maya Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/10789/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMahananiMayaPuspita.2016.DictionaryTrainingForChoosingTheRightMeaningOfParticularWordsContextuallyAtSmpN13Malang.SarjanaThesisEnglishDepartmentFacultyofLettersStateUniversityofMalang.Advisors(I)Dr.MirjamAnugerahwatiM.A(II)Dr.FuraidahM.A.KataKuncipenggunaankamuskontekspenguasaankosakatateksrecountKosakataadalahsalahsatukomponenbahasayangharusdikuasaiolehsiswadalampembelajaranbahasa.Penguasaankosakatamendukungperkembangandalamkemapuanbahasaterutamamembaca.Permasalahandalamkosakatajugamempengaruhipenguasaankemampuanbahasa.SiswakelasVIII-FSMP13Malangmempunyaimasalahterkaitpenguasaankosakata.Dalampembelajaranawalmenunjukkanbahwasiswatidakmampumenerkamaknasesuaikonteksdalamsebuahteks.Penelitianinijugamenyatakanbahwaguruhanyamenggunakanteknikdrillingdalampembelajarankosakatayangmembuatsiswamudahmelupakankata-katayangsudahdipelajari.Sebagaisolusidarimasalahinipenelitibersamagurumenggunakanterkaanmaknadalamkonteksuntukmeningkatkankemampuanpenguasaankosakatasiswa.Teknikinimembantusiswaagarmampumenerkamaknadanpersamaankatayangsesuaidengankonteks.PenelitimenggunakanPenelitianTindakanKolaboratif(PTK)yangditerapkandalamsatusiklus.Sasarandaripenelitianiniadalah31siswadarikelasVIII-FSMP13Malang.Pengumpulandatadalampenilitianinimenggunakanpedomanwawancarakuisionerlembarpenelitiandancatatanpenelitan.Setelahdatadianalisispenelitianinidianggapberhasilkarenastandartkeberhasilantelahdicapai.Selainitusiswajugamampumenerkamaknadanpersamaankatabarusesuaidengankonteksbacaan.Nilaidariujiankosakatayangdicapaiolehsiswatelahmenunjukkanadanyapeningkatandari22.6%ke77.4%.Sedangkansiswayangmendapatkannilai75ataudiatasnyameningkatdari7siswake24siswa.Siswajugamemberikanumpanyangpositifterhadappenerapanstrategi.Strategiditerapkandalambeberapalangkahpertamamempersiapkanteksbacaandankata-katayangdipilihsebagaimateripembelajaran.Topikyangdipilihharussesuaidengankehidupansiswasehari-hari.Keduamengajarkansiswauntukmenerkamaknasesuaidengankonteks.Penelitimemintasiswauntukmembacaseluruhteksuntukmenemukanintibacaan.Setelahitumerekafokuspadakatayangdicetaktebal.Untukmenerkamaknadarikatayangdicetaktebalsiswaharusmembacakatasebelumdansesudahkatayngdicetaktebal.Untukmemastikankepahamansiswamerekaharusmengerjakanlatihansoaltentangpersamandanmaknakatasesuaidengankonteksdalamteksrecount.Sebelumpelajaranselesaisiswamendapatkanpenjelasandarigurutentangmaknadanpersamaankatayangsesuaidengankonteksdalamteksrecount.Penelitianinimengusulkanbeberapasaranuntukgurubahasainggrisdanpenelitiselanjutnya.Gurudanpenelitiharusmengikutilangkah-langkahdalampenerapantaksiranmaknasesuaidengankonteks.Langkah-langkahyangharusdipertimbangkanadalahsebagaiberikutpemilihanbacaandankatasertabagaimanamenerapkanstrategi.Indicatortersebutakanmembantudalammencapaihasilyangbagusdalampembelajarankosakata.