Dictionary training for choosing the right meaning of particular words contextually at SMP N 13 Malang / Maya Puspita Mahanani
Main Author: | Mahanani, Maya Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/10789/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMahananiMayaPuspita.2016.DictionaryTrainingForChoosingTheRightMeaningOfParticularWordsContextuallyAtSmpN13Malang.SarjanaThesisEnglishDepartmentFacultyofLettersStateUniversityofMalang.Advisors(I)Dr.MirjamAnugerahwatiM.A(II)Dr.FuraidahM.A.KataKuncipenggunaankamuskontekspenguasaankosakatateksrecountKosakataadalahsalahsatukomponenbahasayangharusdikuasaiolehsiswadalampembelajaranbahasa.Penguasaankosakatamendukungperkembangandalamkemapuanbahasaterutamamembaca.Permasalahandalamkosakatajugamempengaruhipenguasaankemampuanbahasa.SiswakelasVIII-FSMP13Malangmempunyaimasalahterkaitpenguasaankosakata.Dalampembelajaranawalmenunjukkanbahwasiswatidakmampumenerkamaknasesuaikonteksdalamsebuahteks.Penelitianinijugamenyatakanbahwaguruhanyamenggunakanteknikdrillingdalampembelajarankosakatayangmembuatsiswamudahmelupakankata-katayangsudahdipelajari.Sebagaisolusidarimasalahinipenelitibersamagurumenggunakanterkaanmaknadalamkonteksuntukmeningkatkankemampuanpenguasaankosakatasiswa.Teknikinimembantusiswaagarmampumenerkamaknadanpersamaankatayangsesuaidengankonteks.PenelitimenggunakanPenelitianTindakanKolaboratif(PTK)yangditerapkandalamsatusiklus.Sasarandaripenelitianiniadalah31siswadarikelasVIII-FSMP13Malang.Pengumpulandatadalampenilitianinimenggunakanpedomanwawancarakuisionerlembarpenelitiandancatatanpenelitan.Setelahdatadianalisispenelitianinidianggapberhasilkarenastandartkeberhasilantelahdicapai.Selainitusiswajugamampumenerkamaknadanpersamaankatabarusesuaidengankonteksbacaan.Nilaidariujiankosakatayangdicapaiolehsiswatelahmenunjukkanadanyapeningkatandari22.6%ke77.4%.Sedangkansiswayangmendapatkannilai75ataudiatasnyameningkatdari7siswake24siswa.Siswajugamemberikanumpanyangpositifterhadappenerapanstrategi.Strategiditerapkandalambeberapalangkahpertamamempersiapkanteksbacaandankata-katayangdipilihsebagaimateripembelajaran.Topikyangdipilihharussesuaidengankehidupansiswasehari-hari.Keduamengajarkansiswauntukmenerkamaknasesuaidengankonteks.Penelitimemintasiswauntukmembacaseluruhteksuntukmenemukanintibacaan.Setelahitumerekafokuspadakatayangdicetaktebal.Untukmenerkamaknadarikatayangdicetaktebalsiswaharusmembacakatasebelumdansesudahkatayngdicetaktebal.Untukmemastikankepahamansiswamerekaharusmengerjakanlatihansoaltentangpersamandanmaknakatasesuaidengankonteksdalamteksrecount.Sebelumpelajaranselesaisiswamendapatkanpenjelasandarigurutentangmaknadanpersamaankatayangsesuaidengankonteksdalamteksrecount.Penelitianinimengusulkanbeberapasaranuntukgurubahasainggrisdanpenelitiselanjutnya.Gurudanpenelitiharusmengikutilangkah-langkahdalampenerapantaksiranmaknasesuaidengankonteks.Langkah-langkahyangharusdipertimbangkanadalahsebagaiberikutpemilihanbacaandankatasertabagaimanamenerapkanstrategi.Indicatortersebutakanmembantudalammencapaihasilyangbagusdalampembelajarankosakata.