Written teacher feedback on student writing: treacher intentions and perceptions / Nur Halimatus SaÔÇÖdiyah

Main Author: SaÔÇÖdiyah, Nur Halimatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/10742/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSadiyahNurHalimatus.2018.KomentarGuruTertulispadaTulisanSiswaIntensiGurudanPersepsiSiswa.SkripsiSastraInggrisFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AndiMuhtarM.A.(II)Dr.EkaningDewantiLaksmiM.Pd.M.A.KatakuncitulisansiswakomentargurutertulisintensigurupersepsisiswaKomentargurutertulisselamainitelahmenjadibagianpentingdalampembelajaranmenulisterutamamenulisdalambahasaasing.KetikaseorangguruBahasaInggrislebihmementingkanprosesdalamkegiatanmenulismakamemerhatikantahapan-tahapandalammenulissebuahtekssangatdiperlukan.Dapatdikatakanbahwatahappenyuntinganlayakdiulang-ulangketikaseseorangmenulisdalambahasaasing.Sehubungandenganhalitukomentartertulisdarigurumemegangperananpentingdalammembantusiswameningkatkankualitastulisanmereka.BerkaitandenganpentingnyakomentartertulisdarigurupenelitianinibertujuanuntukmenjawabrumusanmasalahAdakahkesesuaianantaraintensigurudalammemberikankomentartertulispadatulisansiswadenganpersepsisiswaterhadapkomentargurutertulistersebut.Untukmenjawabrumusanmasalahtersebutmetodepenelitiandeskriptifdinilaipalingsesuaiuntukdigunakandalampelaksanaanpenelitianini.PenelitianinidilaksanakandiSMAN1Lawang.DenganmelibatkanseorangguruBahasaInggrisdan64siswadariXIMIA1danXIIIS4penelitimengumpulkandatamelaluikuisionerdanwawancara.GuruBahasaInggristersebutdiwawancaraiuntukmengumpulkaninformasitentangintensibeliaudalammemberikankomentartertulispadatulisansiswa.Sedangkanparasiswadimintauntukmeresponkuisioneruntukmengetahuipersepsimerekaterhadapkomentartertulisdariguruyangmerekadapatkanpadatulisanmereka.Enamsiswakemudiandiwawancaraiuntukmendapatkaninformasiyanglebihdetaildanmendalamtentangpersepsisiwaterhadapkomentartertulisdarigurupadatulisansiswa.Datayangdidapatdarikuisionerdanwawancaradigabungkandandiperlakukansebagaidatakualitatif.Setelahanalisisdataselesaidilakukanditemukanbahwagurumemilikitujuanuntukmemotivasisiswamelaluimemberikankomentartertulispadatulisansiswa.Fokusutamabeliauadalahpadaaspekisi.Lebihlanjutbeliaulebihmemilihmemberikankomentartertulisdalambentuktidaklangsung.Dalammelakukantindaklanjutsetelahmemberikankomentartertulisbeliautidakmemintasiswauntukmemerbaikitulisanmerekaberdasarkankomentartersebut.Secarakeseluruhanbeliauberharapbahwaparasiswamemerhatikankomentartertulisyangbeliauberikanpadatulisanmerekadandapatmemahaminya.Penelitianinijugamenghasilkantemuantentangpersepsisiswa.Parasiswaberpikirbahwatujuanutamadarikomentargurutertulisadalahuntukmembantumerekamemerbaikitulisanmereka.Merekaberanggapanbahwakomentartertulistersebutpentingdanbermanfaatterutamadalamaspektatabahasa.Secarakeseluruhanparasiswamemerhatikankomentargurutertulissecaraumumdanmemahamikomentartertulistersebut.Denganmembandingkanpersepsisiswadenganintensigurumakadapatditemukanapakahterdapatkesesuaiandiantarakeduanyaatautidak.Selainituhalinidilakukanuntukmengetahuiapakahintensigurutercapai.Ternyatasebagiandaridaripersepsisiswasesuaidenganintensigurusedangkansebagiansisanyatidak.Perspesisiswaditemukansesuaidenganintensigurudalamhalperhatiandanpemahamansiswaterhadapkomentargurutertulismanfaatkomentargurutertulispentingnyakomentargurutertulisdantujuanjangkapanjangdarikomentargurutertulistersebut.Disisilainpersepsisiswatidaksesuaidenganintensigurudalamhaltujuanutamadarikomentargurutertulisfocusyangpalingpentingdalamkomentargurutertulisbentukkomentartertulisyanglebihdisukaisertatindaklanjutyangdiharapkan.Darikesimpulandapatdisarankansupayagurumengumpulkanlebihbanyakinformasitentangpersepsisiswaterhadapkomentartertulisdariguruuntukmeningkatkankualitaskomentartertulisdariguru.Parasiswasebaiknyamencobauntukmemahamidanmenggunakankomentartertulisdarigurudengansebaik-baiknya.Yangterakhirpeneliti-penelitiselanjutnyadiharapkandapatmenelitilebihlanjutlebihbanyakaspekmengenaikomentartertulisdarigurusepertikeefektikfannyadanvariasinya.