Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video Opera Van Java untuk siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang / Nana Fibri Yani

Main Author: Yani, Nana Fibri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/107383/
Daftar Isi:
  • YaniNanaFibri.2013.PeningkatanKemampuanMenulisKreatifNaskahDramadenganMediaVideoOperaVanJava.SkripsiJurusanSastraIndonesia.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.YuniPratiwiM.Pd.(2)IndraSuherjantoS.PdM.Sn.KatakunciPembelajaranmenulisMenuliskreatifnaskahdramaMediavideoOperaVanJavaDalamkegiatanpembelajaranBahasaIndonesiaketerampilanmenulismempunyaiperananpentingkarenamenulismerupakanusahauntukmenuangkanidepikiranperasaandankemauandenganwahanabahasatulis.Penggunaanmediayangtepatdalampembelajaranmerupakanhalyangharusdipertimbangkanolehpengajaragartujuanpembelajaranmenulisdapattercapaisecaraoptimal.BerdasarkanhasilpengamatandiketahuipembelajaranmenulissiswakelasVIII-FSMPNegeri1DiwekJombangperluditingkatkan.Kemampuanmenulissiswamasihrendahdanbelummencapainilaistandaryangditetapkansekolahtersebutterutamapadakemampuanmenulisnaskahdrama.Berdasarkanalasan-alasantersebutpenelitianinibertujuanmeningkatkanprosesdanhasilmenulisnaskahdramapadasiswakelasVIII-FSMPNegeriIDiwekJombangdenganmenggunakanmediavideoOperaVanJava.VideoOperaVanJavadigemarimasyarakattermasuksiswa-siswiSMP.OperaVanJavamemilikipesandidaktisdandisajikandalambentukkomedi.VideoOperaVanJavadapatdisaksikanmasyarakatmelaluisalahsatustasiuntelevisiyangternamakarenatidakadaunsurpornografidandalamvideoOperaVanJavaterdapatunsur-unsurintrinsikdramayangdapatmenjadisumberinspirasidalampembelajaranmenulisnaskahdrama.PenggunaanmediavideoOperaVanJavadiharapkandapatmenambahminatsemangatdanmotivasisiswadalambelajarsiswatentangmenulisnaskahdramasehinggapembelajaranmenulisdapatdilaksanakansebagaimanamestinya.Manfaatpenelitianiniadalahmembantusiswadalammengatasikesulitanpembelajarankhususnyamenulisnaskahdramamemotivasisiswauntukbelajardanmelatihsiswamelakukanmenulissecaraefektif.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Tiapsiklusterdiriatastahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandenganobservasidanpenugasan.Alatpengambilandatayangdigunakanberupalembarpenugasanlembarobservasidanpedomanwawancara.Analisisdatayangdilakukansecarakuantitatifdankualitatif.MediaOperaVanJavadapatmeningkatkanprosespembelajaranhaliniterlihatdariantusiasdanmotivasisiswadalampembelajaransiklusIdansiklusIImeningkatsiswaaktifbertanyadanmenjawabpertanyaaniklimkerjasamayangbaikkeefisienanwaktudankreativitassertaimanjinasisiswaberkembangdenganbaik.MediaOperaVanJavadapatmeningkatkanhasilmenuliskreatifnaskahdramasiswakelasVIII-FSMPNegeri1DiwekJombang.SetelahdiberitindakandenganmenggunakanmediavideoOperaVanJavapadasiklusIrata-ratakemampuansiswadalammenulisnaskahdramamengalamipeningkatan.ReratasiswakelasVIII-Fpadaprasiklussebesar655.Setelahdiberitindakanmengalamipeningkatanskormenjadi722danpadasiklusIImengalamipeningkatankembalihinggamencapaiskor852.KesimpulanyangdiperolehdalampenelitianinidiantaranyaadalahkemampuanmenulisnaskahdramasiswakelasVIII-FSMPNegeri1DiwekJombangbisaditingkatkandenganmediavideoOperaVanJavasehinggaKKMbisatercapai.MengingatmanfaatyangdapatdiperolehsiswamakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanmediavideoOperaVanJavasebagaimediadalampembelajaranmenuliskreatifnaskahdramakarenadapatmeningkatkanmemotivasisiswasehinggahasilbelajardapattercapaisecaraoptimal.KepadapenelitiyangakandatangdiharapkanuntukmenelititentangpeningkatanpembelajarandengankompetensidasarlainnyadenganmenggunakanmediavideoOperaVanJava.