Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video Opera Van Java untuk siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Diwek Kabupaten Jombang / Nana Fibri Yani
Main Author: | Yani, Nana Fibri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/107383/ |
Daftar Isi:
- YaniNanaFibri.2013.PeningkatanKemampuanMenulisKreatifNaskahDramadenganMediaVideoOperaVanJava.SkripsiJurusanSastraIndonesia.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.YuniPratiwiM.Pd.(2)IndraSuherjantoS.PdM.Sn.KatakunciPembelajaranmenulisMenuliskreatifnaskahdramaMediavideoOperaVanJavaDalamkegiatanpembelajaranBahasaIndonesiaketerampilanmenulismempunyaiperananpentingkarenamenulismerupakanusahauntukmenuangkanidepikiranperasaandankemauandenganwahanabahasatulis.Penggunaanmediayangtepatdalampembelajaranmerupakanhalyangharusdipertimbangkanolehpengajaragartujuanpembelajaranmenulisdapattercapaisecaraoptimal.BerdasarkanhasilpengamatandiketahuipembelajaranmenulissiswakelasVIII-FSMPNegeri1DiwekJombangperluditingkatkan.Kemampuanmenulissiswamasihrendahdanbelummencapainilaistandaryangditetapkansekolahtersebutterutamapadakemampuanmenulisnaskahdrama.Berdasarkanalasan-alasantersebutpenelitianinibertujuanmeningkatkanprosesdanhasilmenulisnaskahdramapadasiswakelasVIII-FSMPNegeriIDiwekJombangdenganmenggunakanmediavideoOperaVanJava.VideoOperaVanJavadigemarimasyarakattermasuksiswa-siswiSMP.OperaVanJavamemilikipesandidaktisdandisajikandalambentukkomedi.VideoOperaVanJavadapatdisaksikanmasyarakatmelaluisalahsatustasiuntelevisiyangternamakarenatidakadaunsurpornografidandalamvideoOperaVanJavaterdapatunsur-unsurintrinsikdramayangdapatmenjadisumberinspirasidalampembelajaranmenulisnaskahdrama.PenggunaanmediavideoOperaVanJavadiharapkandapatmenambahminatsemangatdanmotivasisiswadalambelajarsiswatentangmenulisnaskahdramasehinggapembelajaranmenulisdapatdilaksanakansebagaimanamestinya.Manfaatpenelitianiniadalahmembantusiswadalammengatasikesulitanpembelajarankhususnyamenulisnaskahdramamemotivasisiswauntukbelajardanmelatihsiswamelakukanmenulissecaraefektif.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Tiapsiklusterdiriatastahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandenganobservasidanpenugasan.Alatpengambilandatayangdigunakanberupalembarpenugasanlembarobservasidanpedomanwawancara.Analisisdatayangdilakukansecarakuantitatifdankualitatif.MediaOperaVanJavadapatmeningkatkanprosespembelajaranhaliniterlihatdariantusiasdanmotivasisiswadalampembelajaransiklusIdansiklusIImeningkatsiswaaktifbertanyadanmenjawabpertanyaaniklimkerjasamayangbaikkeefisienanwaktudankreativitassertaimanjinasisiswaberkembangdenganbaik.MediaOperaVanJavadapatmeningkatkanhasilmenuliskreatifnaskahdramasiswakelasVIII-FSMPNegeri1DiwekJombang.SetelahdiberitindakandenganmenggunakanmediavideoOperaVanJavapadasiklusIrata-ratakemampuansiswadalammenulisnaskahdramamengalamipeningkatan.ReratasiswakelasVIII-Fpadaprasiklussebesar655.Setelahdiberitindakanmengalamipeningkatanskormenjadi722danpadasiklusIImengalamipeningkatankembalihinggamencapaiskor852.KesimpulanyangdiperolehdalampenelitianinidiantaranyaadalahkemampuanmenulisnaskahdramasiswakelasVIII-FSMPNegeri1DiwekJombangbisaditingkatkandenganmediavideoOperaVanJavasehinggaKKMbisatercapai.MengingatmanfaatyangdapatdiperolehsiswamakadisarankankepadaguruuntukmenggunakanmediavideoOperaVanJavasebagaimediadalampembelajaranmenuliskreatifnaskahdramakarenadapatmeningkatkanmemotivasisiswasehinggahasilbelajardapattercapaisecaraoptimal.KepadapenelitiyangakandatangdiharapkanuntukmenelititentangpeningkatanpembelajarandengankompetensidasarlainnyadenganmenggunakanmediavideoOperaVanJava.