Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama siswa kelas IX SMP dengan pemanfaatan peristiwa faktual berita sebagai sumber ide / Irma Hardani
Main Author: | Hardani, Irma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/107360/ |
Daftar Isi:
- KataKuncibahanajarnaskahdramaperistiwafaktualberitaPembelajaranmenulissastrakhususnyamenulisnaskahdramaadalahsalahkegiatanyangbertujuanmelatihsiswauntukmenuangkanidepikirangagasandanperasaanyangdiwujudkandalamsebuahtulisanyaitunaskahdrama.Salahsatufaktoryangmenjadihambatandalampembelajaranmenulisdramaadalahkarenakurangtersedianyabahanajaryangmendukungprosespembelajaran.Berdasarkananalisiskebutuhandiketahuibahwafaktoryangmenghambatpembelajaranmenulisnaskahdramaadalahbelumtersedianyabahanajaryangmendukungprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanmengembangkanbahanajarmenulisnaskahdramadenganpemanfaatkanperistiwafaktualberitasebagaisumberideyangmemenuhisyaratisisistematikapenyajianbahasadantampilan.Ujicobabahanajardilakukansebanyakempatkaliyaituujiahlipembelajaranpenulisannaskahdramapenulisanbahanajarpraktisidansiswauntukmenghasilkanprodukyanglayak.Datapenelitianberupadataverballisanyaituhasilwawancarakomentarsertasarandariujiahlisedangkanverbaltulisberupahasilanalisiskurikulumanalisiskebutuhandanstudipenelitianterdahulu.Masukan-masukandisikapisebagaidatauntukmenghasilkanbahanyangberterima.Penelitianpengembanganinimenghasilkanlangkah-langkahpemanfaatanperitiwafaktualberitasebagaisumberideyaitu(1)mengidentifikasiunsurwhat(2)mengidentifikasiunsurwho(3)mengidentifikasiunsurwhendanwhere(4)mengidentifikasiunsur.Setelahmengidentifikasiunsurtahapselanjutnyaadalahmenganalisissetiapunsurdalamberitamenjadikerangkanaskahdramayaitu(1)menganalisisunsurwhatdikembangkanmenjaditema(2)menganalisisunsurwhodikembangkanmenjaditokohdanperwatakan(3)menganalisisunsurwhendanwheredikembangkanmenjadilatar(4)menganalisisunsurwhydanhowdikembangkanmenjadialur(5)berlatihmembuatdialogberdasarkanberitayangsudahdikembangkanhingga(6)membuatnaskahdramadenganmemanfaatkanperistiwafaktualberitasebagaisumberide.Berdasarkanhasilanalisiskeempattahapujicobayangtelahdilakukanmenunujukkanbahwaprodukbahanajaryangdikembangkansecarakeseluruhantelahlayakdiimplementasikandalampembelajaran.Beberapaaspekdariisisistematikapenyajianbahasadantampilandalambahanajarmasihharusdirevisiuntukkesempurnaanprodukbahanajar.Siswadangurudapatmemanfaatkanprodukhasilpengembanganinidalamkegiatanpembelajarandisekolah.ProdukpengembangandapatdisebarluaskandalamforumMGMPdandapatdimuatdalamjurnalpenelitian.