Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama siswa kelas IX SMP dengan pemanfaatan peristiwa faktual berita sebagai sumber ide / Irma Hardani

Main Author: Hardani, Irma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/107360/
Daftar Isi:
  • KataKuncibahanajarnaskahdramaperistiwafaktualberitaPembelajaranmenulissastrakhususnyamenulisnaskahdramaadalahsalahkegiatanyangbertujuanmelatihsiswauntukmenuangkanidepikirangagasandanperasaanyangdiwujudkandalamsebuahtulisanyaitunaskahdrama.Salahsatufaktoryangmenjadihambatandalampembelajaranmenulisdramaadalahkarenakurangtersedianyabahanajaryangmendukungprosespembelajaran.Berdasarkananalisiskebutuhandiketahuibahwafaktoryangmenghambatpembelajaranmenulisnaskahdramaadalahbelumtersedianyabahanajaryangmendukungprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanmengembangkanbahanajarmenulisnaskahdramadenganpemanfaatkanperistiwafaktualberitasebagaisumberideyangmemenuhisyaratisisistematikapenyajianbahasadantampilan.Ujicobabahanajardilakukansebanyakempatkaliyaituujiahlipembelajaranpenulisannaskahdramapenulisanbahanajarpraktisidansiswauntukmenghasilkanprodukyanglayak.Datapenelitianberupadataverballisanyaituhasilwawancarakomentarsertasarandariujiahlisedangkanverbaltulisberupahasilanalisiskurikulumanalisiskebutuhandanstudipenelitianterdahulu.Masukan-masukandisikapisebagaidatauntukmenghasilkanbahanyangberterima.Penelitianpengembanganinimenghasilkanlangkah-langkahpemanfaatanperitiwafaktualberitasebagaisumberideyaitu(1)mengidentifikasiunsurwhat(2)mengidentifikasiunsurwho(3)mengidentifikasiunsurwhendanwhere(4)mengidentifikasiunsur.Setelahmengidentifikasiunsurtahapselanjutnyaadalahmenganalisissetiapunsurdalamberitamenjadikerangkanaskahdramayaitu(1)menganalisisunsurwhatdikembangkanmenjaditema(2)menganalisisunsurwhodikembangkanmenjaditokohdanperwatakan(3)menganalisisunsurwhendanwheredikembangkanmenjadilatar(4)menganalisisunsurwhydanhowdikembangkanmenjadialur(5)berlatihmembuatdialogberdasarkanberitayangsudahdikembangkanhingga(6)membuatnaskahdramadenganmemanfaatkanperistiwafaktualberitasebagaisumberide.Berdasarkanhasilanalisiskeempattahapujicobayangtelahdilakukanmenunujukkanbahwaprodukbahanajaryangdikembangkansecarakeseluruhantelahlayakdiimplementasikandalampembelajaran.Beberapaaspekdariisisistematikapenyajianbahasadantampilandalambahanajarmasihharusdirevisiuntukkesempurnaanprodukbahanajar.Siswadangurudapatmemanfaatkanprodukhasilpengembanganinidalamkegiatanpembelajarandisekolah.ProdukpengembangandapatdisebarluaskandalamforumMGMPdandapatdimuatdalamjurnalpenelitian.