Penerapan model power teaching dan cooperative script untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia dalam meringkas isi wacana cerita kelas V SDN Ketawanggede I Kota Malang / Mertha Tyananda Putri
Main Author: | Mertha Tyananda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/106465/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpowerteachingmodelcooperativescriptketerampilanmenulisBahasaIdoesiameringkasisiwacana.BerdasarkanfaktayangditemukanpenelititerdapatpermasalahanyangterjadidikelasVSDNKetawanggedeIKotaMalangdalamketerampilanmenulispadamatapelajaranBahasaIndonesiakhususyadalammerigkasisiwacana.BerdasarkanhasilwawacarayangdilakukanolehpenelitidengangurukelasVdiSDNKetawanggedeIKotaMalangmenjelaskanbahwapelaksanaanpembelajaranmasihmengandalkangurusepenuhnyaataumasihteachercentered.Gurulebihseringmeggunakanceramahpenugasanyangdilakukansecaraindividusehinggasiswamerasacepatbosandalampembelajaran.Tujuandaripenelitianiniyaitu(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpowerteachingdancooperativescriptpadamatapelajaranBahasaIndonesiasiswakelasVdalammeringkasisiwacanacerita(2)medeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulisBahasaIndonesiadalammeringkasisiwacanaceritakelasVSDNKetawanggedeIKotaMalang.PenelitianinimenggunakandesainPTKyangterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusmempunyai4tahapanyaitu(1)perencanaan(2)tindakandanpengamatan(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.PelaksanaansiklusIIsamadengansiklusIyangterdiriatas4(empat)tahapan.Hasilpenelitianyangtelahdilakukanolehpenelitididapatkanhasilyaitu(1)Denganmenggunakanlangkah-langkahmodelpowerteachingdancooperativescriptketerampilanmenulissiswamenjadimeningkat.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatandalamketerampilanmenulisdalammeringkasisiwacanaceritayangmanapadasiklusIsiswahanyamenuliskankembaliceritasedangkanpadasiklusIIsiswatelahmeringkasisiwacanadenganmenggunakanbahasamerekasendiridenganmempertimbangkanejaandanisidariwacanaceritatersebut(2)peningkatanhasilbelajardalamketerampilanmenuliskhususnyameringkasisiPenerapanmodelcooperativescriptdanpowerteachingpadapembelajaranBahasaIndonesiakelasVASDNKetawanggedeIterbuktimeningkatkanketerampilanmenulissiswa.Kelebihandarikeduamodeltersebutyaitumodelpowerteachingdancooperativescriptmembangunkomunikasiantarsiswasehinggaantusiasmedankonsentrasidapatdibangundenganmenggunakanmodelini.Kelemahandarikeduamodeltersebutyaituberpotensikelasmenadigaduhdanmemancingsiswauntukbermain-main.BerdasarkanpenelitianinidisarankanbagigurudiharapkandapatmenciptakansuatuinovasidalampembelajaransepertipenggunaanmodelpembelajarandanmengkombinasikannyadenganbeberapametodepembelajaranyangcocokdalampembelajaranBahasaIndonesia.