Penerapan model power teaching dan cooperative script untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia dalam meringkas isi wacana cerita kelas V SDN Ketawanggede I Kota Malang / Mertha Tyananda Putri

Main Author: Mertha Tyananda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/106465/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpowerteachingmodelcooperativescriptketerampilanmenulisBahasaIdoesiameringkasisiwacana.BerdasarkanfaktayangditemukanpenelititerdapatpermasalahanyangterjadidikelasVSDNKetawanggedeIKotaMalangdalamketerampilanmenulispadamatapelajaranBahasaIndonesiakhususyadalammerigkasisiwacana.BerdasarkanhasilwawacarayangdilakukanolehpenelitidengangurukelasVdiSDNKetawanggedeIKotaMalangmenjelaskanbahwapelaksanaanpembelajaranmasihmengandalkangurusepenuhnyaataumasihteachercentered.Gurulebihseringmeggunakanceramahpenugasanyangdilakukansecaraindividusehinggasiswamerasacepatbosandalampembelajaran.Tujuandaripenelitianiniyaitu(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpowerteachingdancooperativescriptpadamatapelajaranBahasaIndonesiasiswakelasVdalammeringkasisiwacanacerita(2)medeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulisBahasaIndonesiadalammeringkasisiwacanaceritakelasVSDNKetawanggedeIKotaMalang.PenelitianinimenggunakandesainPTKyangterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusmempunyai4tahapanyaitu(1)perencanaan(2)tindakandanpengamatan(3)refleksidan(4)perbaikanrencana.PelaksanaansiklusIIsamadengansiklusIyangterdiriatas4(empat)tahapan.Hasilpenelitianyangtelahdilakukanolehpenelitididapatkanhasilyaitu(1)Denganmenggunakanlangkah-langkahmodelpowerteachingdancooperativescriptketerampilanmenulissiswamenjadimeningkat.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatandalamketerampilanmenulisdalammeringkasisiwacanaceritayangmanapadasiklusIsiswahanyamenuliskankembaliceritasedangkanpadasiklusIIsiswatelahmeringkasisiwacanadenganmenggunakanbahasamerekasendiridenganmempertimbangkanejaandanisidariwacanaceritatersebut(2)peningkatanhasilbelajardalamketerampilanmenuliskhususnyameringkasisiPenerapanmodelcooperativescriptdanpowerteachingpadapembelajaranBahasaIndonesiakelasVASDNKetawanggedeIterbuktimeningkatkanketerampilanmenulissiswa.Kelebihandarikeduamodeltersebutyaitumodelpowerteachingdancooperativescriptmembangunkomunikasiantarsiswasehinggaantusiasmedankonsentrasidapatdibangundenganmenggunakanmodelini.Kelemahandarikeduamodeltersebutyaituberpotensikelasmenadigaduhdanmemancingsiswauntukbermain-main.BerdasarkanpenelitianinidisarankanbagigurudiharapkandapatmenciptakansuatuinovasidalampembelajaransepertipenggunaanmodelpembelajarandanmengkombinasikannyadenganbeberapametodepembelajaranyangcocokdalampembelajaranBahasaIndonesia.